Blog

Home /Blog / Waktunya Mengejar Impian Terbaik Anda





Waktunya Mengejar Impian Terbaik Anda

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki impian, termasuk Anda. Impian bisa berupa hal yang akan diraih di masa depan atau cita-cita akan jadi apa kita ditahun ini. Sehingga berdampak pada apa yang harus kita lakukan saat ini.

Bagi sebagian orang, impian atau mimpi ini harus dilakukan secara realistis, terukur dan harus sudah pernah ada orang yang sukses melakukannya. Tapi sayangnya justru ini akan jadi kelemahan yang membatasi kretivitas untuk menggapai mimpi itu. Bagaimana tidak, untuk menaruh mimpi kita harus menunggu orang lain sukses dulu di bidang yang akan kita raih.

Khususnya di bidang wirausaha Indonesia, Global Entrepreneurship Monitor (GEM) dan BPS membuktikan bahwa Indonesia hanya 1,65 persen pelaku wirausaha dari 50 juta jiwa. Jauh dibandingkan dengan Malaysia 5%, Singapura 7%, China dan Jepang masing masing mencapai 10%.

Kita banyak yang bermimpi besar tapi tidak bisa memulai dengan benar, bahkan hanya sibuk dengan mencari moment dan menunggu modal datang. Bukan menjemput bola.  Sebagai pebisnis handal, Anda harus menciptakan peluang baru dan menjemput bola sebesar apapun yang akan diraih pasti bisa diperoleh.

Nah, berikut ini berbagai rahasia yang bisa kita lakukan untuk mencapai impian sesulit apapun.

1. Pahami apa yang benar-benar Anda inginkan 

Mimpi itu harus diukur, sebesar apapun tidak jadi masalah. Yang jadi masalah adalah, jika mimpi itu tidak Anda pahami. Anda mimpi ingin kaya, tapi tidak jelas seberapa kaya?

Sudah mengukur dengan detail tapi tidak paham dengan mimpi Anda. Maksud mengenali mimpi adalah kenali setiap konsekwensi dari keinginan Anda. Anda ingin bisnis restoran, sudah siap kerja keras saat keluarga lain santai menikmati makan malam? Mau bisnis travel, sudah siap kerja keras saat orang lain liburan?

Nah, kenali dan pahami dengan mengerti secara spesifik apa yang akan anda raih di mimpi besar itu. Bandingkan dengan kondisi anda saat ini, baru boleh melakukan usaha keras dan cari tau apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Saat anda memahami dengan jelas, maka Anda bisa mengerti dengan pasti apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Itulah sikap pejuang sejati.

2. Tuliskan  

Dari sekian banyak orang yang bermimpi, hanya 3% yang menuliskan mimpi itu. Sedangkan 97% hanya meninggalkan di angan-angan saja. Itulah sebabnya mengapa menurut Rockeffeler (salah satu pengusaha terkaya abad ke-19) hanya ada 3% dari orang bermimpi yang bisa sukses.

Coba tuliskan dalam kertas dan tempel di dinding kamar anda, atau tuliskan di note ponsel Anda. Baca setiap hari dan tanamkan terus agar selalu berusaha meraihnya.

Ikrarkan, tulis dan wujudkan impian itu dengan usaha terbaik anda. Tidak akan bisa terwujud jika anda tidak bisa menuliskan impian itu.

3. Siapkan target  

Mimpi besar pasti tidak akan mudah diperoleh. Anda harus berani lebih maju dari yang lain, berusaha lebih keras dari yang lain dan menyiapkan target yang gila-gilaan. Level skala profesional Anda harus ditingkatkan lebih jauh lebih besar dari yang lainnya. Mulai dari hari ini, jangan menunggu esok tiba.

Strategi, rencana dan target jika dilakukan dengan matang pasti akan memberikan hasil terbaik. Impian tersulit apapun pasti bisa berhasil anda peroleh. Jika Anda berupaya meraih alam semesta, minimal Anda berada bersama bintang-bintang.

4. Atur waktu  

Sebagai manusia normal, kita pasti memiliki waktu dan tenaga yang terbatas. Tapi itu bukan alasan untuk membatasi mimpi. Pada dasarnya apapun bisa kita lakukan dengan effort ekstra dan membangun mimpi sedini mungkin.

Menunda hanya akan membuat peluang meraih mimpi semakin kecil dan memforsir tenaga untuk hal yang tidak penting hanya membuat kita lelah tanpa manfaat. Jadi berfikirlah dengan jernih untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menggunakan tenaga seefisien mungkin.

5. Mulai dari yang kecil

Anda tahu kenapa ada orang yang memiliki skill hebat luar biasa?, karena mereka melakukan bidang yang sama terus menerus. Jam terbang, membuat kemampuan mereka terasah dan terus menjadi profesional yang disegani.

Anda pun demikian, jangan pernah berganti-ganti mimpi. Tekuni satu mimpi, lakukan dari yang terkecil hingga terus menerus menjadi besar dan profesional. Lakukan hal kecil terus menerus hingga terjadi akselerasi dengan belajar terus menerus tanpa henti. Kejar ilmunya dan tekuni praktiknya. Di situlah Anda akan mendapati mimpi benar-benar bisa diraih dengan mudah.

6. Bijak dengan uang

Siapa bilang mimpi gak butuh dana?. Tentu saja butuh, Anda bermimpi menjadi pebisnis handal, tentu saja akan banyak habis modal dan dana kebangkrutan. Tapi jangan biarkan dana menjadi penghalang anda meraih mimpi. Ambisius boleh, tapi harus terukur. Hitung mana dana untuk pengembangan, mana untuk operasional dan mana yang harus saving untuk hidup hari ini.

7. Jangan menunda

Berawal dari kenekatan dari keputusan bulat, disitulah anda mendapati garis start mimpi akan segera dimulai. Cara ini yang paling susah dilakukan karena harus menanggung risiko yang tidak sedikit.

Ingat, untuk mendapatkan hasil terbaik tidak mungkin jika tidak ada yang dikorbankan. Entah itu modal, waktu, tenaga atau apapun yang bisa anda korbankan. Yang pasti, jangan menunda.

8. Konsistensi

Konsisten, pantang menyerah, terus belajar dari kesalahan dan melakukan inovasi adalah kunci meraih impian tersulit apapun. Jika Anda gagal dengan cara A, maka lakukan dengan cara B, jika masih gagal coba cara C, begitu pun seterusnya.

Konsisten dengan apa yang anda yakini dan dan berjuang tanpa kenal lelah akan mengantarkan anda pada kesuksesan yang jauh dari prediksi anda sebelumnya. Do the best..!!

Mimpi besar bisa berupa kesuksesan dalam bisnis, pendidikan, karier atau yang lainnya. Karena sesungguhnya setiap manusia tidak memiliki keterbatasan dalam bermimpi, semua bisa kita lakukan. Asalkan selalu fokus dan bekerja keras untuk menggapai mimpi itu dengan sekuat tenaga.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle