UANG BUKAN MODAL UTAMA MEMBANGUN BISNIS

Modal Bisnis
Permasalahan mendasar bagi seseorang yang ingin memulai sebuah usaha atau bisnis adalah uang atau dalam hal ini Modal. Apakah teman-teman sependapat dengan pernyataan tersebut?
Tidak bisa dielak kalau Modal memang menjadi kebutuhan utama dalam bisnis dan harus dipenuhi pada saat seseorang ingin memulai usaha baru. Begitu pun halnya dengan usaha yang sudah berjalan, Modal juga tetap menjadi kendala berikutnya bagi perusahaan yang ingin berkembang.
Walhasil, biasanya Business Owner yang masih terjebak dengan uang, mereka akan buntu dalam Ide, Kreatifitas dan Usaha yang mereka jalankan mungkin begitu-begitu saja, alias stagnan. Tentu ini bukanlah sebuah pilihan yang Anda inginkan, bukan?
Berpikir bahwa uang sebagai langkah satu-satunya untuk membuat bisnis sukses tentu bukanlah hal yang benar. Kenyataannya, modal memulai usaha tidak hanya uang semata, ada hal lain yang tidak kalah penting daripada sekedar uang, seperti Ide, Networking, Keahlian berkomunikasi, Marketing atau Niat, semangat serta hal-hal lain yang tidak membutuhkan uang. Beberapa hal ini mungkin banyak yang sudah tahu tetapi jarang dimanfaatkan secara baik dan benar.
Bisnis dengan Modal Minimalis
Seorang klien pernah bercerita kepada saya bahwa sebelum mempunyai toko butik sendiri, ia tidak mempunyai pandangan untuk membuka toko, karena ia sadar bahwa modal untuk membuka toko tidak sedikit dan ia tidak mampu. Awalnya, dia hanya pergi ke beberapa penjual pakaian dan ia bekerjasama dengan beberapa toko untuk menjualkan baju-baju mereka.
Sebelumnya banyak pedagang yang tidak mau menerima tawarannya. Namun, setelah keliling kesana-kemari, akhirnya ada beberapa pedagang yang mengizinkan ia menjualkan pakaiannya. Ia meminta foto-foto baju yang akan dijual. Kemudian dengan uang pinjaman sekitar Rp 500.000, ia mencoba menawarkan pakaian tersebut di beberapa situs internet. Oh iya, klien saya ini tinggalnya di Jakarta.
Melalui Modal uang yang terbilang minimalis, ternyata banyak orang yang berminat untuk membeli pakaian yang dipasarkan bahkan banyak orang ingin menjadi agen dari produk baju tersebut. Seleranya terhadap style baju bisa dibilang cukup bagus dan ia bisa mendesign beberapa model pakaian kekinian. Dari keahlian tersebut ia mencoba untuk memutar otak, akhirnya ia menemukan ide untuk membuat penawaran ke beberapa klien, agar bisa menjadi seorang agen maka pesanan minimal harus sekian juta.
Modal Bisnis1
Singkat cerita, dari ide kreatif yang ia berikan ternyata mampu membawanya menuju tangga karir sebagai seorang pengusaha sukses. Pertanyaan terbesarnya adalah, apakah klien saya ini mempunyai masalah dengan uang? Apakah klien saya ini berhenti begitu saja setelah tidak punya uang?
Hal tersebut justru tidak dilakukannya. Dia mencoba untuk menjualkan baju yang diambil dari beberapa pedagang melalui beberapa situs internet dan kemudian mengumpulkan beberapa agen untuk memesan dalam jumlah yang banyak. Nah, setelah itu barulah dia membeli dan mengirimkan pesanan tersebut ke alamat pembeli melalui jasa pengiriman barang.
Itulah sepenggal cerita dari klien saya saat 5 tahun yang lalu. Dari cerita yang saya sampaikan di atas, kesuksesan seseorang bukan berawal dari uang. Semua diawali dari niat dan kemauan yang keras dan setelah itu langsung ditindaklanjuti dan ditambahkan resep penjualannya.
3 Modal Bisnis Selain Uang
Nah, sekarang apa Modal Utama selain uang untuk membangun sebuah Bisnis?
1. Networking
Mempunyai networking atau relasi yang baik dengan orang lain tentu merupakan sebuah aset berharga dalam bisnis. Kenapa saya katakan networking sebagai aset? Sudahkah Anda sadar bahwa prinsip dalam networking adalah “apa yang bisa saya bantu?” Tentu melalui prinsip ini, networking akan menjadikan bisnis Anda terbantu.
Exchanging business cards at conference
Mungkin beberapa orang di luar sana masih menyepelekan hal ini. Namun pada kenyataannya bahwa networking lebih penting daripada sekedar uang. Dalam hal ini adalah networking yang baik dengan orang-orang yang sudah kita kenal, baik itu rekan bisnis, distributor atau bisa jadi customer sendiri.
Selain hal itu, melakukan networking harus bisa membangun kepercayaan kepada orang lain, karena ingat tanpa ada kepercayaan tidak ada deal dalam bisnis. Kata kunci membangun kepercayaan adalah reputasi. Sejauh mana kita mempunyai reputasi yang baik dengan orang lain, sejauh itulah kepercayaan dapat dibangun.
2. Marketing
Marketing menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan dalam membangun sebuah bisnis. Marketing merupakan sesuatu yang harus ada dan ia juga sebagai teknik atau cara untuk menghasilkan uang. Bayangkan, sebuah bisnis pasti bisa berkembang dengan cepat apabila pemasarannya bisa berjalan dengan baik dan benar.
Dengan marketing yang baik, Anda akan mampu menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain atau mendapatkan customer yang berlimpah.
3. Keahlian Mengambil Peluang
Keahlian dalam mengambil sebuah peluang juga merupakan modal penting dalam bisnis selain uang. Dengan keahlian membaca peluang maka hal tersebut akan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi, Anda pun dapat melakukan segmentasi pasar atau perluasan usaha Anda dengan tepat sasaran.
Oleh karena itu, penting sekali untuk bertanya kepada diri sendiri apakah kita memiliki minat, bakat dan keunggulan mengambil peluang yang menjadi dasar dari sebuah bisnis yang menguntungkan? Dan kemudian bertanya lagi pada diri sendiri, “Apa sih yang bisa saya lakukan, kemampuan apa yang saya punya dan pada saat saya melakukan hal tersebut apakah orang lain akan bersedia membayar produk atau jasa yang saya berikan?”
Ingat, uang memang bukanlah modal utama dalam membangun bisnis tetapi banyak hal selain hal tersebut. Sebagai seorang business owner, Anda harus mempunyai networking yang bagus, mempunyai marketing yang bisa diandalkan dan kemampuan membaca peluang secara cerdik. Yakinlah bahwa dengan hal itu semua akan menjadikan sebuah usaha atau bisnis Anda bisa berhasil dan sukses.
Ketiga hal ini memiliki hubungan satu sama lain. Sehingga apabila ketiga hal ini sudah Anda miliki, maka uang akan datang dengan sendirinya dan tentu bisnis atau usaha yang Anda bangun akan lebih cepat berkembang.
Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *