Blog

Home /Blog / TREND BISNIS 2016 PALING DIMINATI PEBISNIS PEMULA





TREND BISNIS 2016 PALING DIMINATI PEBISNIS PEMULA

Bidang bisnis mengikuti perkembangan jaman, jadi setiap tahunnya akan mengalami perubahan. Mempertahakan bisnis yang tengah Anda bangun agar tidak tergerus oleh trend baru ialah keharusan. Upayakan usaha tersebut justru dapat menjadi panutan bagi pebisnis lainnya. Sistem Bisnis 2016 berbasis teknologi canggih dan modern paling banyak diminati oleh pemula.

Hawa sukses yang terhembus melalui media menjadikan keinginan masyarakat untuk mengikuti jejak seniornya. Hal ini terbukti semakin bertambahnya jumlah orang yang membuka bisnis baru dibidang sejenis. Selera masyarakat umumnya musiman dan latah, artinya mereka hanya ingin terlihat sama dengan orang lain. Produk yang berhasil membaca keinginan pelanggan akan menjadi trend pada periode waktu tertentu.

Bertahannya massa ini tergantung pada kecedasan pemikiran pebisnis dan respon masyarakat. Penerimaan pelanggan positif ketika temuan produk belum pernah ada sebelumnya. Kreativitas pengusaha dalam mengembangakan hal tersebut harus tanpa batas. Lingkup Bisnis 2016 terbagi atas 2 jenis berdasarkan jumlahnya yang meningkat tajam di waktu singkat.

Waralaba

Waralaba (franchise) untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh perusahaan mesin jahit Singer di Amerika Serikat, pada tahun 1851. Lalu sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun 1950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format). Waralaba, di Amerika Serikat, sangat digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS.

Sistem bisnis waralaba ialah paket komplit yang khusus disediakan bagi Anda para pemula. Konsep, bagi hasil, peraturan kerjasama, bahan baku, cara pengolahan hingga promosi sudah menjadi tanggungjawab seseorang yang mewaralabakan bisnisnya. Anda sebagai pembeli waralaba akan mendapatkan fasilitas pelatihan sampai mahir menjalankan bisnis secara mandiri.

Ketetapan perolehan keuntungan berbeda, ada yang melakukan pembayaran hanya di awal kerjasama saja. Ada pula yang rutin menerima pendapatan dari prosentase yang telah ditentukan sebelumnya. Masing-masing aturan bisnis waralaba memiliki konsekuensi. Pilihlah yang menurut Anda menguntungkan kedua belah pihak.

Nama besar label pusat membuat bisnis ini akrab ditelinga pelanggan sehingga cepat berkembang. Segi negatifnya ialah kreatifitas pihak kedua terbatas karena hak paten usaha berada di tangan pihak pertama. Semua ini bukan menjadi persoalan jika Anda mampu menjual lebih dari target yang telah ditentukan. Salurkan gagasan Anda ke bisnis waralaba tanpa mengubah ketentuan pokok yang menyakut nama besar perusahaan pemilik.

Waralaba yang masih mejadi trend hingga tahun Bisnis 2016 ini ialah dibidang makanan.  Dari 250 perusahaan penerima Waralaba dimana hampir 70 persennya bergerak di bidang restoran siap saji. Banyaknya brand ternama yang melebarkan jaringan hingga ke pelosok desa merupakan tanda bahwa produknya kian diminati. Pemilik modal pun tertantang sehingga ikut berpatisipasi dalam kerjasama bisnis waralaba tersebut.

Kebutuhan akan pangan harus terpenuhi, prinsip itulah penyebab bertahannya bidang kuliner di setiap pergantian tahun. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu brand, bidik calon pelanggan di sekitar lokasi berdirinya usaha. Sesuaikan pilihan bisnis kuliner Anda dengan selera lidah masyarakat setempat.

Toko online

Jika Anda merupakan tipe seseorang yang ingin bebas berkreasi tanpa tekanan pihak lain, mulailah bisnis toko online. Pilihan ini dapat menekan banyak dana, yakni pengadaan toko secara fisik dan biaya promosi. Susun konsep beda daripada yang lain agar bisnis baru Anda dilihat oleh penghuni dunia maya. Gebarakan yang spektakuler harus dilakukan, mengingat banyaknya jumlah toko online yang telah berhasil berkembang.

Bagaimana tidak menjamur, Website gratis saja dengan mudah dapat ditemukan sebagai wadah penyalur ide brilian yang Anda miliki. Strategi jitu dapat membuat toko online Anda bisa memiliki banyak pelanggan dalam sekejap. Nah, buatlah tampilan web semenarik mungkin agar pelanggan nyaman ketika memilih-milih produk yang hendak dibeli. Sajikan gambar dengan beberapa sudut pandang. Tambahkan keterangan detail yang menerangkan tentang detail produk pada gambar tersebut.

Dua jalur usaha diatas cocok untuk pemula, kemudahan sistem dan manajemen membuatnya banyak dilirik sehingga menjadi trend Bisnis 2016. Besaran dana modal yang dimiliki mementukan pemilihan tersebut. Setiap individu mempunyai peluang yang sama untuk sukses tetapi dengan cara berbeda.

Waralaba menjamin keberhasilan penjualan produk secara cepat dengan konsekuensi modal awal relatif besar. Minimnya kemampuan kepemilikan biaya pembukaan usaha baru tidak menghalangi kesuksesan Anda. Bisnis murah, mudah dan menguntungkan ialah toko yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet (online).

Apakah mampu bersaing

Direktur Bina Usaha Dan Pelaku Industri Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Fetnayeti mengatakan, saat ini jumlah waralaba yang tercatat di Kemendag sebanyak 331 usaha waralaba. Dari jumlah itu, 293 waralaba merupakan waralaba asing. Artinya waralaba lokal [dalam negeri] baru 38 waralaba. Sumber solopos.

Inilah yang menjadi catatan pengusaha lokal. Persaingan global membuat kita harus lebih agresif membangun kualitas bisnis didukung sumberdaya manusia, teknologi, strategi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Apakah Anda siap wahai pengusaha UKM?

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle