THE ARTS OF CLOSING

//THE ARTS OF CLOSING

THE ARTS OF CLOSING

Di video Saya sebelumnya Saya sudah membahas  8 usaha yang bisa membuat kekayaan luar biasa dalam bisnis Anda. Dan ternyata banyak pertanyaan dari teman- teman yang menanyakan tentang satu ilmu dari pembahasan video Saya tersebut yaitu tentang ilmu closing.

 

Mengenai hal tersebut , sekarang  Saya akan membahas tentang Ilmu Closing. Pasti pernah mendengar yang namanya  penjualan. Apa sih ilmu penjualan itu? Jadi ilmu penjualan adalah ilmu yang konsisten dimulai dari customer mencari produk Anda , mempelajari produk Anda lalu mencoba produk. Saat customer sudah mencoba produk dari kita , tugas kita sebagai sales adalah membuat orang tersebut closing atau membeli produk kita .

Baca Juga : 7 Langkah Sistemasi Penjualan

Disini akan Saya bahas bagaimana proses penjualan itu ? Di dalam penjualan ada dua proses yaitu proses menjual ke perusahaan dan kedua proses menjual ke retail atau ke konsumer langsung. Bagaimana cara untuk melakukan closing deal dengan para customer ?

Cara closing deal adalah membuat seseorang menukar sesuatu kepada kita misalkan seperti : “Anda ingin mendapatkan e-book gratis tukarkan email nya kepada Saya dan saya akan berikan e-book secara gratis”  itu adalah salah satu cara fase closing atau misalkan “ Anda ingin tidak mencoba produk Saya secara gratis nanti bantu Saya untuk memberikan nama referensi “ ini jg salah satu fase closing. Jadi banyak macam cara-cara untuk melakukan closing.

Dengarkan dan Download : Mengelola Salesman

Jadi closing adalah proses tukar menukar baik berupa informasi maupun uang , proses tukar menukar tersebut disebut closing  dengan tahapan demi tahapan yang akan membuat Anda dekat dengan closing real nya atau closing beneran yang akan terjadi setelah proses tawar menawar .

Setelah proses tawar menawar tersebut terjadi dan disaat Anda sudah menerima email , database atau nomor handphone konsumen Anda bisa langsung melakukan follow up.  Setelah orang tersebut sudah di follow up mereka  bisa berpikir dengan jernih untuk membeli produk Anda dan akhirnya menjadi customer setia.

Kemudian untuk membuat closing Anda sukses Saya ingin memberikan saran yaitu  Anda harus memiliki yang namanya closing rules, Apa itu closing rules? Misalkan dahulu Anda sangat mudah untuk mendapatkan deal dengan customer jika menggunakan brosur atau bertemu di cafe.

Setelah itu Anda harus berpikir dan mencari cara apa yang disukai customer dari pertemuan tadi di cafe atau saat memberikan brosur ketika Anda sudah mendapatkan ide nya jadikan itu closing rules Anda. Anda harus berpikir dimana letak closing tersebut sehingga Anda sudah tau apa kebiasaan customer Anda .

Baca Juga : 3 Cara Cepat Menambah Jumlah Pelanggan

Referensi Gambar : Act! 365

Kemudian bagaimana cara Anda memperkuat closing Anda ? disini Saya akan memberikan 5 step:

  1. Pastikan Anda berhubungan dengan decision maker , pastikan Anda bisa berhubungan dengan orang yang bisa mengambil keputusan , ada beberapa dari kita ketika bertemu dengan prospek itu tidak bisa mengambil keputusan .
  2. Jangan pernah memaksa tetapi mengedukasi , banyak salesman yang gagal dan customer tidak ingin di FU lagi kenapa? karena dikenal tukang maksa seharusnya kita memberi  edukasi  tunjukkan ketulusan Anda ingin membantu bukan mengambil uang customer
  3. Buat jembatan antara keinginan dengan kebutuhan, apasih yang dibutuhkan oleh customer ? yang dibutuhkan apa? yang diinginkan apa? Bagaimana Anda menjual kebutuhan dengan cara menggali keinginan ?
  4. Mengatasi keberatan , misalkan ada yang bertanya kok barang nya mahal ya Pak ? bagaimana Anda menjawab ? atau dengan pertanyaan nanti dulu ya Pak Saya bertanya dulu ke rekan Saya tertarik apa tidak dengan barang tersebut
  5. Ketika closing berikan kejutan , Jika di restoran saat customer meminta bill pastikan tidak hanya bill dikasih melainkan dengan voucher atau permen atau dikasih harga potongan jika sudah melakukan transaksi beberapa kali.

Dengarkan dan Download : Point penting dalam Berjualan

Jadi tunjukkan apresiasi Anda ke customer jika mereka benar benar melakukan closing yang deal .Itu adalah jawaban dari Saya untuk teman teman yang sudah menonton video  8 usaha yang bisa membuat kekayaan luar biasa dalam bisnis anda

Tom MC Ifle

Salam pencerahan !

By |2019-07-10T15:34:08+00:00July 5th, 2019|Selling|0 Comments
Translate »