5 STRATEGI PERUSAHAAN RAKSASA SAAT MEMBUTUHKAN BUSINESS COACH

//5 STRATEGI PERUSAHAAN RAKSASA SAAT MEMBUTUHKAN BUSINESS COACH

5 STRATEGI PERUSAHAAN RAKSASA SAAT MEMBUTUHKAN BUSINESS COACH

Begitu banyak peluang bagi orang yang mau berusaha. Karena sistematis pintu rezeki

sudah diatur oleh Allah SWT, dan ini telah disampaikan dalam Al-Qur’an Surat Al-Lail ayat 4 (QS. 92:4) yang berbunyi :

“Sungguh, usahamu memang beraneka macam”

yang menunjukkan betapa banyak peluang usaha yang bisa kita upayakan; bahkan kalau mungkin kita usahakan. Salah satunya adalah menjadi seorang business coach. Karena begitu banyak pula perusahaan yang berkembang dan membutuhkan business coach.

Pengertian dari Profesi Business Coach

Business coach adalah sebuah profesi yang tidak bisa dikatakan baru, karena sebetulnya telah ada sejak dulu. Bahkan mungkin, Anda pernah mengetahuinya loh, hanya kurang paham dengan penyebutan istilah tersebut. Di mana keahlian dari seorang business coach sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan tertentu yang mengandalkan ketrampilan atau skill karyawannya. Rata-rata orang yang menjadi seorang business coach adalah seorang profesional dan kompeten dalam bidangnya.

Skill Business Coaching (reference:International Coach Federation)

 

Jadi, pengertian dari business coach itu sendiri adalah tenaga pelatih bisnis. Keahlian seorang pelatih bisnis adalah membuka potensi seseorang. Caranya adalah dengan mengeliminasi faktor-faktor emosional yang menjadi hambatan. 88% hambatan muncul akibat emosi negatif seperti takut, malu, khawatir, tidak percaya diri dan trauma masa lalu. Lenyapnya emosi negatif akan membantu business owner mencapai peluang bisnis lebih besar lagi.

Namun ada business coach memiliki satu jenis ilmu atau ketrampilan yang khusus (ahli atau profesional), namun ada juga yang memiliki beberapa pengetahuan dan ketrampilan sekaligus. Misalnya business coach yang memiliki practical business pasti menguasai ilmu bisnis berdasarkan pengalaman. Atau pelatih olah raga nomor satu dunia pasti pernah memiliki pengalaman spesifik.

Saya pernah mendengar Top number 1 business coach in the world Tony Robbins Mengatakan

“A master was once a disaster”

Bahkan seorang pelatih bisnis terbaik dunia mengakui siapapun yang menjadi master pasti pernah mengalami kondisi terburuk dalam hidupnya. Itulah yang disebut pengalaman.

Seorang business coach yang memiliki multi talent biasanya yang paling banyak dicari dan dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan bonafid. Saya mengetahui ini dari usaha menginterview pengusaha yang memutuskan untuk memiliki pelatih bisnis. Dari obrolan ringan dengan seorang sekretaris sebuah perusahaan yang tengah bersinar di Indonesia Tengah. Ditengarai, bahwa ternyata perusahaan-perusahaan bonafid tersebut merasa membutuhkan business coach dengan tujuan makin mendongkrak kinerja dan ketrampilan SDM (sumber daya manusia)-nya.

Hal tersebut dapat di tingkatkan atau di dongkrak dengan Coaching for Performance diterapkan dalam perusahaan untuk meningkatkan performansi karyawan

Saat ini cara kedualah yang paling jarang ditempuh oleh seorang business coach. Mereka cenderung menunggu orderan atau kontrak tertentu yang diatur oleh lembaga atau business coach association yang menaunginya.

Angka penghasilan perusahaan yang membangun
perusahaan dengan coaching(reference:International Coach Federation)

 

Menurut International Coaches Federation (ICF) jumlah certified coach secara global berpenghasilan USD 2.355 juta setahun.

Namun cara apapun yang ditempuh oleh seorang business coach dalam mengamalkan ilmunya untuk disampaikan kembali kepada siapapun yang membutuhkan, namun jelas bahwa eksistensi dari seorang business coach benar-benar riil, dan banyak perusahaan yang membutuhkan business coach.

Keuntungan Memakai Business Coach

Ada titik tertentu pada sebuah perusahaan yang mau tidak mau harus mulai memikirkan kemungkinan untuk mempekerjakan seorang busniness coach. Anda tentu akan setuju dengan pendapat saya, kalau sudah mengetahui penjelasan saya lebih lanjut.

Jika Anda ingin belajar lebih banyak cara untuk memulai sebuah bisnis maka Anda dapat mendengarkan sebuah audio cara untuk memulai sebuah bisnis dapat di download disini

Semakin besar perusahaan maka semakin banyak memiliki karyawan sesuai dengan kebutuhan dari tiap-tiap divisi yang bergerak dalam mempertahankan kredibilitas perusahaan. Namun ada kalanya, karyawan yang dimiliki memiliki aneka ragam masalah. Dari karyawan yang telah sepuh dan memasuki masa pensiun, karyawan yang mengalami accident hingga terpaksa berhenti bekerja, dan karyawan-karyawan yang resign dan sebagainya.

Ada juga beberapa alasan karyawan untuk meninggalkan perusahaan salah satu alasannya adalah sifat dari seorang atasan ada 10 Sifat Atasan yang Paling Disukai Karyawan hal ini yang harus di ketahui oleh atasan agar karyawan bertahan lama di perusahaan.

Dari banyaknya karyawan yang berkurang tersebut, bisa jadi beberapa di antaranya adalah orang-orang yang menduduki posisi penting, atau paling tidak job description yang dimilikinya adalah tugas-tugas penting yang hanya sedikit orang saja yang dapat melakukannya. Nah, lalu? Perusahaan sedikit banyak pasti akan terguncang bukan? Saya yakin itu. Nah, kemudian bagaimana cara seorang General Manager (GM) mempertahankan kinerja dan pergerakan perusahaan terus berjalan? Apakah harus merekrut karyawan baru? agar kita tidak salah pilih orang untuk perusahaan.

Kapan Anda membutuhkan business coach

Merekrut karyawan baru dengan keahlian khusus jaman sekarang, tidak murahMemperoleh karyawan sekualitas orang lama memang sangat mungkin, tapi dengan kebijakan kompensasi yang sama dengan karyawan Anda yang pamit mundur itu, pasti susah.

Dalam memulai sebuah bisnis kita harus tahu Cara Merekrut Karyawan Terbaik Dalam Bisnis agar dalam bisnis kita tidak salah untuk memilih karyawan terbaik.

Setidaknya kalau Anda hanya harus menggaji dua kali lipat dari gaji karyawan lama Anda, itu berarti Anda masih beruntung. Namun, tidak semudah itu. Seorang karyawan yang memiliki keahlian khusus pasti tidak cukup hanya dengan gaji bulanan saja, namun pasti Anda harus memenuhi hak-hak tunjangan karyawan yang berbagai macam jenisnya.

Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi, kalau ternyata pada akhirnya perusahaan ternyata lebih membutuhkan business coach daripada merekrut karyawan baru. Seorang business coach mampu membimbing karyawan lama dengan berbagai ketrampilan yang dibutuhkan, dan cara ini juga bisa menjadi jalan keluar untuk lebih meningkatkan mutu SDM pada perusahaan-perusahaan tersebut.

Sebelumnya telah dijelaskan secara panjang-lebar tentang keutamaan apabila memanfaatkan jasa seorang business coach untuk mendongkrak peningkatan mutu SDM sebuah perusahaan. Semoga Anda masih bersemangat untuk mendengarkan penjelasan saya ini.

Sekarang kalau saya mengajak Anda menilik dari sisi perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa business coach, Anda akan makin memahami bagaimana seorang business coach berperan penting dalam mendidik karyawan sebuah perusahaan dengan ketrampilan-ketrampilan yang mendukung dan dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas-tugas karyawan sehari-hari.

Agar tidak salah dalam rekrut karyawan silahkan untuk mendengarkan audio kiat untuk memilih orang yang tepat download disini

Menurut ICF berdasarkan riset yang dilakukan tahun 2016, lebih dari 40% klien mendapat manfaat karena dapat meningkatkan skill komunikasi. Sementara lebih dari 30% mengalami peningkatakn signifikan dalam rasa percaya diri, produktifitas dan prestasi individual.

Persentase Skill Komunikasi Klien
dibantu oleh Business Coach(reference:International Coach Federation)

 

Dan pada akhirnya memilih untuk memanfaatkan tenaga pelatih bisnis atau business coach
jauh lebih menguntungkan dan lebih efektif bagi perusahaan, daripada merekrut tenaga
karyawan baru dengan tuntutan gaji yang lebih tinggi.

Adapun 5 hal yang harus dilakukan ketika Anda merasa membutuhkan business coach:

1. Memperkirakan berapa kebutuhan Anda terhadap seorang business coach, dan apa saja ketrampilan yang dibutuhkan dari pelatihan yang kelak akan diampu oleh seorang business coach kepada karyawan perusahaan Anda.


2. Mencari referensi tentang lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang supplier tenaga pelatih bisnis (business coach). Cari beberapa informasi tentang mereka, seperti: validitas lembaga tersebut, surat-surat izin lembaga. Kalau perlu Anda wajib menelusuri tentang perijinan mereka, apakah benar-benar resmi atau tidak.


3. Mencari informasi tentang tarif jasa dari seorang business coach sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan Anda. Ingat loh, Anda harus memiliki gambaran berapa budget untuk setiap tenaga seorang business coach dalam mentraining karyawan di perusahaan Anda.


4. Memperoleh garansi dari perusahaan-perusahaan business coach supplier bahwa pendidikan dan pelatihan serta pendampingan yang dilakukan oleh seorang business coach benar-benar dijamin sampai bisa dan terlatih.


5. Mengomunikasikan harapan Anda dengan business coach tentang nama brand yang ingin Anda bangun. Agar Anda dapat memperoleh coaching yang sesuai dengan keinginan Anda. Karena membangun brand itu adalah yang paling utama dalam membangun sebuah perusahaan.

Nah! Itulah beberapa hal yang ketika Anda alami, jangan ragu untuk mengontak seorang
business coach mandiri ataupun lembaga penyedia business coach atau tenaga pelatih bisnis
yang handal. Karena seperti yang saya bilang di awal tadi, apapun juga suatu saat Anda pasti
membutuhkan business coach dalam usaha atau bisnis Anda. Asalkan Anda tetap ingat pada 5
hal yang wajib dilakukan saat membutuhkan seorang coach tersebut.

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle

Master Business Coaching

Practical Business Coaching

Founder & CEO Top Coach Indonesia

Real Coach

By |2018-12-04T15:59:03+00:00November 14th, 2018|Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Translate »