Penjualan Anda Akan Sukses dengan 3 Sistem ini

//Penjualan Anda Akan Sukses dengan 3 Sistem ini

Penjualan Anda Akan Sukses dengan 3 Sistem ini

Ada 3 sistem yang wajib Anda desain oke, sampai di Semarang saya mengcoach salah satu perusahaan perbankan dan juga perusahaan furniture, ketika Saya mengcoach, ketika saya melatih mereka dalam menjual, disana ada pertanyaan, pertanyaan mengenai antara kita memiliki kemampuan menjual, dengan kemampuan mengelola penjualan, sales management adalah menciptakan sebuah sistem, setiap orang yang ada di group tersebut produktif bisa menjual, mana yang penting ? yang penting dua-duanya ada 3 sistem yang wajib anda desain.

Yang pertama adalah script atau sistem untuk berkomunikasi, script adalah sebuah sistem untuk memperlancar komunikasi, bayangkan waktu saya di airlines, waktu saya di biro perjalanan setiap percakapan itu ada scriptnya, untuk terima telepon, untuk transfer telepon ada scriptnya untuk memastikan customer ini happy atau tidak.

Lalu ada scriptnya untuk menjawab complain, ada scriptnya kita bisa menjamin komunikasi itu benar, jadi itu sistem yang pertama.

sales-script
Yang kedua adalah sistem closing. Nah, banyak sekali orang untuk dapetin produk tapi tidak punya sistem closing. Percuma, buat apa kita jualan kalau tidak bisa closing, buat apa kita jualan kalau kita tidak memiliki tools. Untuk memastikan kalau karyawan kita keluar itu harus bawa pulang itu closing.

Jadi kalau saya tanya kepada karyawan yang jualan, kamu hari ini kemana? saya mau ke prospek pak, Mau ngapain? kata saya, niatnya persentasi ya pulang persentasi. Kalau  saya tanya kamu hari ini mau kemana? saya mau ke PT X pak, saya mau ke prospek ngapain? saya mau nawarin produk Pak.

Kira-kira kalau niatnya keluar nawarin produk, pulangnya bawa apa? ya bawa penawaran produk. Tapi kalau niatnya saya mau closing 10 pak, dan tidak punya sistem untuk mengclosing. Maka closing teknik anda akan lama atau team anda akan lambat sekali dalam melakukan yang namanya closing.

always-be-closing

Yang ketiga yang harus anda desain adalah sistem negosiasi jadi,  Satu sistem komunikasi, dua sistem closing, tiga sistem negosisasi. Kenapa  sistem negosiasi? karena banyak orang tidak tahu cara negosiasi. Negosiasi is a system, closing is a system.

Kenapa ada orang seperti Joe Girard punya kemampuan untuk berjualan berulang-ulang, bayangkan mereka mendapatkan hasil penjualan mobil, kalau orang jualan mobil 4 per bulan, kalau Joe Girard jualannya 6 perhari, selama 12 tahun berturut-turut. kenapa? kok terduplikasi seperti itu? kenapa? karena dia menerapkan sebuah sistem.

negotitaion

Contoh  sistem yang di desain oleh Joe Girard adalah never lost cotumer, nggak pernah kehilangan customer, nah… karena Joe Girard ketika dia mendapatkan prospek dia selalu menjaga hubungan baik dengan prospek setiap bulan, semua prospek bukan customer tapi semua prospek akan dapat kartu ucapan dari Joe Girard setiap bulan, bulan januari apa? Happy New Year, bulan Februari dapat apa? Happy valentine, bulan maret dapat apa? Bulan april dapat apa? happy paskah begitu ya dan seterusnya, bulan maret happy summer, happy holiday setiap bulan selama 12 bulan.

Anda akan dapat kartu ucapan dari Joe Girard, jadi anda bisa bayangkan kalau itu adalah sebuah on off stategy, on off strategic artinya hari ini saya buat, besok tidak dibuat, lusa tidak  dibuat, tidak akan menjadi sebuah sistem.

Tapi  kalau dijalankkan terus-menerus bayangkan kalau 1 bulan dia bisa mengirimkan puluhan ribu kartu ucapan kepada prospek, so that’s a system, tapi sistem untuk apa? Sistem yang memastikan bahwa orang yang setiap bertemu dengan Joe Girard tidak pernah lupa dengan Joe Girardt itu adalah yang membuat mereka memiliki kemampuan untuk menjual sangat-sangat banyak.

Yang kedua apa yang dilakukan oleh Joe Girard ini sangat menarik Joe Girard kalau di era Joe Girard rokok itu termasuk barang mewah dan hampir semua orang merokok, jadi ada orang ditanya setiap kali datang ditanya hanya dua, rokok dan minumnya apa, pak rokok apa pak?

saya rokoknya gudang garam saya rokoknya dji samsu saya rokoknya gudang garam filter, magnum dan seterusnya zamannya Joe Girard seperti itu dia sudah siapkan semua merk rokok, punya stock semua merk rokok, kalau ada prospek yang datang, nanya-nanya mobil ditanya bapak rokoknya apa?

kan biasanya begitu ya untuk membangun relationship ow saya rokoknya gudang garam, dikasih gudang garam gitu, itu zaman dulu, yang kedua yang ditanya bapak suka minum apa? mau minum coca cola, mau minum wiskie, mau minum berben, mau minum vodka, mau minum apa? amerika ya kita bicara di Amerika, dia siapkan minuman yang disukai oleh customer, dan itu adalah sistem it’s all about sistem, it’s all about membuat orang benar-benar bisa menjalankan itu dan menduplikasi strategi itu.

Joe-girrd
Jadi anda bisa bayangkan kalau orang datang kemudian ditawarkan rokok kesukaannya,  kemudian ditawarkan minuman kesukaannya relasi itu atau sistem komunikasi itu sangat-sangat enak ya ketiga adalah ketika orang itu pulang mereka boleh bawa pulang rokoknya beli nggak beli silahkan bawa pulang rokoknya. Mungkin keliatannyan bagi banyak orang atau teman-teman Joe Girard pada saat itu ngapain lu buang-buang duit, orang nggak beli ini kok dikasih rokok, orang nggak beli kok dikasih, kok dikasih sesuatu hadiah gitu, tapi Joe Girard tidak melihat dari sisi biayanya.

Hari itu dia melihat itu sebagai sebuah investasi. Nah, teman-teman di workshop-workshop saya sering kali saya menyampaikan hal-hal yang tidak ada didalam tidak normal, atau tidak umum, kalau anda bikin script cara umum atau cara saya beda total cara untuk membuat negosiastion system, cara orang lain dengan cara saya agak beda total misalnya closing, cara orang lain dengan cara saya beda total banyak diluar sana kalau closing itu udah akhir-akhir baru closing.

Karena  sebetulnya orang berpikir bahwa closing itu adalah paling akhir tapi sebetulnya adalah closing dari itu dari awal dari. Awal  anda harus bisa menciptakan sebuah urut-urutan supaya pada saat anda minta penjualan, anda minta kartu kredit, anda minta penawaran, minta mereka melakukan pembayaran atau closing. itu nggak kaget lagi begitu, ada hal-hal yang tidak conventional saat saya melakukan selling, dan ini saya yang ajarkan di workshop-workshop saya.

Salah  satunya workshopnya adalah workshop sales mastery yang akan memberikan anda 4 sistem pertama adalah sistem untuk mendatangkan customer, yang kedua adalah sistem untuk berkomunikasi dengan customer, yang ketiga sistem untuk mengclosing customer, dan yang keempat adalah sistem agar tim anda bisa negosiasi lebih efektif. thank you so much.

 

Jadi anda bisa bayangkan kalau orang datang kemudian ditawarkan rokok kesukaannya,  kemudian ditawarkan minuman kesukaannya relasi itu atau sistem komunikasi itu sangat-sangat enak ya ketiga adalah ketika orang itu pulang mereka boleh bawa pulang rokoknya beli nggak beli silahkan bawa pulang rokoknya.

Mungkin keliatannyan bagi banyak orang atau teman-teman Joe Girard pada saat itu ngapain lu buang-buang duit, orang nggak beli ini kok dikasih rokok, orang nggak beli kok dikasih, kok dikasih sesuatu hadiah gitu, tapi Joe Girard tidak melihat dari sisi biayanya. Hari itu dia melihat itu sebagai sebuah investasi.

Nah, teman-teman di workshop-workshop saya sering kali saya menyampaikan hal-hal yang tidak ada didalam tidak normal, atau tidak umum, kalau anda bikin script cara umum atau cara saya beda total cara untuk membuat negosiastion system, cara orang lain dengan cara saya agak beda total misalnya closing, cara orang lain dengan cara saya beda total banyak diluar sana kalau closing itu udah akhir-akhir baru closing.

Karena  sebetulnya orang berpikir bahwa closing itu adalah paling akhir tapi sebetulnya adalah closing dari itu dari awal dari. Awal  anda harus bisa menciptakan sebuah urut-urutan supaya pada saat anda minta penjualan, anda minta kartu kredit, anda minta penawaran, minta mereka melakukan pembayaran atau closing. itu nggak kaget lagi begitu, ada hal-hal yang tidak conventional saat saya melakukan selling, dan ini saya yang ajarkan di workshop-workshop saya.

Salah  satunya workshopnya adalah workshop sales mastery yang akan memberikan anda 4 sistem pertama adalah sistem untuk mendatangkan customer, yang kedua adalah sistem untuk berkomunikasi dengan customer, yang ketiga sistem untuk mengclosing customer, dan yang keempat adalah sistem agar tim anda bisa negosiasi lebih efektif. thank you so much.

 

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan

 

 

By |2019-03-06T11:55:44+00:00March 6th, 2019|Marketing|0 Comments
Translate »