Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

//Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Ibu rumah tangga bisa sukses dengan bisnis sampingan. Meskipun menjadi ibu rumah tangga, tak menjadi halangan bagi sosok Farida Retno untuk berbisnis. Berkat media internet, Farida akhirnya bisa menjalankan bisnisnya dari rumah. Kabarnya, ia sukses berjualan busana muslim via Facebook dengan omset 50 jutaan perbulan.

Internet telah mengubah industri dan cara berbisnis. Dengan Facebook, seorang ibu rumah tangga bisa mendapat penghasilan puluhan juta rupiah perbulan. Tanpa harus keluar rumah, menghadapi kemacetan, meninggalkan anak demi sesuap nasi.

Solopos menulis kisa ibu Retno, warga Dusun Sumberejo, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, Gunungkidul ini telah memiliki total 7 orang karyawan yang diperkerjakan dalam bisnis onlinenya. Bisnisnya adalah baju muslim yang dijual lewat online. Target pasarnya pun luas, bukan hanya Indonesia tapi juga mancanegara seperti Kanada, Suriname, Taiwan, Thailand, Filipina dan Hong Kong.

Farida adalah seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua anak. Lulusan SMK di Wonosari. Namun berkat kerja keras dan kreatifitasnya, bisa membuatnya sukses.

 

Anda pun bisa

Usaha sampingan merupakan salah satu usaha yang bisa memberikan hasil tambahan penghasilan setiap hari dan bisa dilaksanakan ketika ada waktu yang senggang.

Khususnya bagi para ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang dan bisa melaksanakan usaha sampingan. Selain mengurus keluarga dan anak, usaha sampingan ibu rumah tangga juga memberikan solusi untuk mengurus kebutuhan rumah tangga.

Berikut ini beberapa usaha sampingan ibu rumah tangga yang efektif dan memiliki penghasilan yang menjanjikan, antara lain:

1.  Usaha aksesoris

Jenis aksesoris seperti kalung, gelang sangat cocok untuk digunakan sebagai pelengkap dalam berpenampilan dan berbusana. Bisa melatih ketekunan dan kreatifitas dengan membuat berbagai macam aksesoris untuk dijualbelikan. Tidak perlu untuk dipaksakan ketika melakukan usaha ini, sebisanya sehingga tidak meninggalkan kewajiban  sebagai ibu rumah tangga. Bisa membuat ketika waktu senggang dengan harga yang terjangkau.

Amalia Thessen menjadi pengusaha muda sukses lewat usaha toko unik atau disingkat Tonik yang ia dirikan saat baru berusia 21 tahun. Wanita berdarah Belanda ini berhasil meraup omset lebih dari 200 juta rupiah per bulannya dengan menjual aksesoris unik seperti kalung, gelang, dan pin. Dengan modal sebesar 15 juta rupiah, Amalia sering mengikuti bazar to bazar di berbagai acara untuk memasarkan produk-produk aksesori hasil karyanya

2. Usaha pulsa elektrik

Usaha satu ini memiliki keuntungan cukup menjanjikan dan bisa dilaksanakan mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga. Sistem kerjanya sangat mudah dengan modal yang terjangkau. Walaupun terbilang memiliki untung yang kecil namun jika ditelateni maka hasilnya memberikan keuntungan yang besar.

3. Usaha tani

Usaha tani tidak harus di ladang atau di sawah. Bisa membuka kebun di sekitar atau halaman rumah dengan menjual hasil panen yang menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat dilakukan. Berkebun dalam hal ini tidak perlu dilaksanakan setiap hari. Bisa setiap pagi dan sore hari asal tekun dan rajin merawatnya.

4. Usaha ternak

Usaha ternak dengan memelihara beberapa hewan ternak seperti ayam, itik dan bebek. Usaha ini sama persis dengan usaha berkebun, tidak perlu mengurusi hewan ternak setiap hari. Kuncinya hanya rutin dan rajin dalam memberikan makan dan minum serta membersihkan kandanganya. Jika ayam atau bebek bertelur bisa menjualnya di pasar atau toko dan mendapatkan keuntungan.

5. Usaha daging dan sayur

Usaha jual daging atau sayur kecil-kecilan juga bisa menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang cocok, tidak perlu khawatir waktu yang tersita. Bisa membuka warung setiap pagi karena banyak ibu-ibu yang pergi membeli masakan di pagi hari. Bisa menjual jenis daging dan sayur yang beragam. Misalnya seperti ikan, ayam, kankung, bayam, buncis dan masih banyak yang lainnya.

6. Usaha jual kue

Bagi yang memiliki keahlian membuat kue, bisa dijadikan suatu usaha dengan membuta kue dengan kreasi sendiri. Bisa dilakukan ketika waktu luang yaitu ketika sore atau siang hari. Bisa menjual kuenya di toko atau langsung dijual di depan rumah.

7. Menjadi penulis

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, bisa menjadi salah satu jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan ketika waktu senggang. Bisa membuat artikel, cerpen, puisi atau mengisi blog. Lalu bisa mempromosikan lewat internet atau bisa dimuat di media koran atau majalah. Bisa juga menulis novel langsung diajukan ke penerbit.

Itulah beberepa usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dilaksanakan ketika ada waktu luang dan tidak akan mengganggu kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Memiliki manfaat yang banyak dan beragam serta menambah penghasilan dan pengalaman dalam bekerja. Bagi ibu rumah tangga yang masih nganggur, segera realisasikan contoh usaha sampingan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Tidak ada yang mustahil jika Anda terus berusaha. Usaha sampingan tersedia untuk siapapun, termasuk ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle

By |2018-10-03T14:58:37+00:00September 25th, 2018|Uncategorized|0 Comments

About the Author:

Translate »