PELUANG BISNIS DI TAHUN 2020

//PELUANG BISNIS DI TAHUN 2020

PELUANG BISNIS DI TAHUN 2020

Peluang bisnis itu apa? Robbin and Coulter mengatakan peluang bisnis atau usaha  adalah suatu proses yang melibatkan individu atau kelompok menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan. Tahun 2020 peluang bisnis pastinya akan penuh tantangan bagi semua pengusaha, ide saja tidak cukup untuk bisa membangun dan mempertahankan bisnis tetapi kerja keras serta ketekunan yang bisa membawa kesuksesan.

Saat ini banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan apalagi zamannya sudah serba digital sehingga menjadi semakin mudah. Namun tidak semua peluang bisnis itu bisa bertahan apalagi berkembang, hal itu tergantung dari pengelolaannya. Bagi anda yang baru merintis sebuah bisnis, saya akan memberikan gambaran peluang bisnis yang logis kepada anda. Tapi sebelumnya anda harus mengetahui dahulu bagaimana cara memilih atau mengambil peluang bisnis ditahun 2020. Ada 2 kategori yang harus anda kuasai di tahun ini yaitu skill atau keterampilan dan modal.

BACA JUGA :5 LANGKAH PENTING AGAR BISNIS ANDA SUKSES

Pertanyaannya adalah jika anda tidak memiliki keterampilan dan modal, apakah masih bisa menjalankan bisnis? Untuk menjawab hal tersebut, akan saya beri gambaran didalam 4 kuadran agar bisa meraih potensi bisnis yang bisa anda jalankan. 4 kuadran tersebut adalah :

1. Modal Minim & Tidak Punya Skill

Pada kuadran pertama ini menggambarkan jika anda mempunyai modal yang sedikit atau bisa dikatakan tidak punya modal dan juga keterampilan tidak ada maka target atau goal yang harus didapatkan adalah Ilmu. Artinya anda harus mencari ilmu dari suatu usaha yang ingin dijalankan. 

Misalnya bisnis yang ingin dijalankan adalah menjadi reseller,  membangun Network (MLM), dan jualan asuransi. Menjadi reseller itu bisa dibilang bisnis yang mudah karena dengan modal pas-pasan atau relatif kecil namun bisa mendapatkan keuntungan yang besar, tapi bisnis ini akan terasa sulit kalau anda tidak bisa mempelajari ilmunya.

Begitu pula dengan Multi Level Marketing dan menjadi agent asuransi, anda membangun kerjasama secara agresif dengan bergabung menjadi Multi Level Marketing (MLM). Bisnis ini tidak membutuhkan modal dan keterampilan yang banyak, tapi anda harus bisa mempelajari ilmunya agar bisa menjalankan bisnis tersebut. Bisnis reseller, MLM atau agent asuransi bisa jadi referensi untuk dijalankan dan juga mengajarkan anda untuk memiliki banyak teman. Jadi anda bisa tetap memiliki bisnis yang sukses di tahun 2020 walaupun tidak punya modal dan keterampilan.

2. Modal Minim tapi Punya Skill

Kuadran yang kedua ini menggambarkan bagi anda yang mempunyai sedikit modal atau kecil tapi memiliki keterampilan, jadi target atau goal yang harus didapatkan adalah membuat orang mengenal anda dengan menciptakan Personal Branding.

Personal Branding adalah sebuah proses dalam membentuk, menarik dan memelihara persepsi masyarakat berkaitan dengan aspek-aspek yang dimiliki seseorang seperti keahlian, prestasi, kepribadian atau nilai-nilai yang dibangun secara sengaja atau tidak sengaja dengan tujuan menampilkan citra positif hingga dapat berlanjut pada kepercayaan dan loyalitas yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Dalam menciptakan Personal Branding yang kuat itu tidak mudah ada beberapa hal yang harus anda lakukan seperti menentukan arah serta tujuan yang jelas, bisa mendefinisikan diri anda dalam beberapa kata dan juga menggambarkan ciri khas anda.

Bisnis yang bisa dijalankan pada kuadran ini yaitu menjual jasa misalnya dibidang marketing seperti Digital Agencymemberi jasa SEO, Social Media Agency. Selain itu jika anda memiliki skill akademik atau keterampilan dibidang ilmu pengetahuan contohnya Dokter, Notaris dan lain-lain. Ketika anda menjadi Dokter Spesialis artinya anda punya skill yang tinggi walaupun anda bukan pemilik sebuah rumah sakit, namun tetap bisa menciptakan Personal Branding.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : CARA AGAR TAK KEHABISAN IDE BISNIS

3. Modal Besar tapi Tidak ada Skill

Pada kuadran ketiga ini adalah ketika anda mempunya modal besar tapi tidak memiliki keterampilan, maka target atau goal yang harus dicapai adalah membeli skill atau bisnis. Maksudnya anda membeli bisnis yang sudah berjalan, bukan yang dirintis sendiri. Contohnya membeli franchise, jual produk online dan partnership.

Kenapa membeli franchise? Karena banyaknya kesulitan dalam menjalankan bisnis dengan ide sendiri dan besarnya resiko menjadi salah satu alasan orang lebih memilih menjalani bisnis franchise.

Bisnis franchise atau lebih dikenal sebagai waralaba di Indonesia adalah salah satu bisnis dengan menggunakan nama dari brand yang sudah ada. Peluang bisnis franchise ditahun 2020 dapat dikatakan akan berkembang dengan pesat. Anda juga bisa menjual produk-produk online, anda memiliki modal yang bisa dialokasikan ke iklan sebanyak-banyaknya. Di tahun 2020 ini jenis produk yang akan laris adalah fashion, kecantikan, elektronik dan kuliner.

Dan yang paling efektif di kuadran ini adalah anda melakukan partnership. Berpartner dengan siapa saja untuk menggabungkan bisnis, karena dengan partnership anda bisa saling menutupi kekurangan, bukan hanya perihal bagi hasil tapi juga saling menjaga dari suatu hal yang berbahaya.

4. Modal Besar dan Punya Skill

Kuadran yang terakhir adalah disaat anda mempunyai modal besar dan juga skill yang hebat maka target atau goalnya ialah menciptakan the best deal atau penawaran terbaik. Dengan memiliki keduanya anda punya begitu banyak pilihan untuk memulai bisnis, dan harus lebih kritis lagi dalam mencari penawaran yang terbaik.

Bisnis yang bisa dijalankan adalah bermain saham. Diperkirakan tahun 2020 akan banyak sekali saham yang jatuh dan anda bisa mengambil kesempatan untuk membeli saham-saham tersebut. Kalau dari segi keuntungan dalam bermain saham ada 2 keuntungan yaitu keuntungan dari selisih harga jual beli saham dan keuntungan dari deviden perusahaan.

Bisnis lain ditahun 2020 disaat anda punya modal besar dan keterampilan adalah membuka lapangan pekerjaan atau membuat perusahaan baru. Selain bisa memberikan peluang kepada orang-orang, anda juga bisa mengaplikasikan ide kreatif yang selama ini belum terwujud. Peluang bisnis ditahun 2020 sangat menggiurkan bukan? Anda bisa memulai bisnis kapanpun tanpa dibatasi. Anda bisa menggunakan kemampuan dan modal untuk mengembangkan bisnis secara maksimal. Jadi tidak perlu khawatir lagi kalau anda tidak punya skill atau modal minim. Semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2020-01-31T10:22:41+07:00January 30th, 2020|Coaching|0 Comments