Menjadi Pengusaha Sukses – 7 Cara Belajar Efektif

Menjadi pengusaha sukses adalah salah satu hal yang paling sering dikonsultasikan ke saya selama ini.  Banyak cara menjadi pengusaha sukses, namun jika ada yang lebih cepat dan mudah, buat apa Anda tempuh jalan yang lebih sulit? Saya mengalami transformasi yang luar biasa di tahun 1998, bertepatan dengan perubahan iklim politik bangsa ini. Saya mencari jawaban “mengapa kondisi politik  kita seperti ini?” “Siapa yang bertanggung jawab?” “Kapan saya bisa menikmati masa-masa yang indah seperti dulu lagi?”

Jawabannya sangat klise, bahkan sampai membuat saya frustrasi sendiri. Apakah anda mengalami hal yang sama ketika mengalami goncangan hidup? Mendapat tantangan dan problem di bisnis? Kita mencari ‘jawaban’, betul tidak?

Dalam proses pencarian ternyata saya menemukan jawaban atas semua pertanyaan saya. Jawabannya tersimpan di dalam pertanyaan itu sendiri. Dengan kata lain, jawaban adalah hasil dari sebuah pertanyaan. Jika pertanyaan saya lemah atau tidak berkualitas, jawaban yang muncul juga tidak berkualitas.

Transformasi terjadi ketika saya mengajukan pertanyaan yang berbeda seperti di bawah ini:

Coba rasakan perbedaannya, saya akan mengajukan dua pertanyaan yang berbeda dari kondisi yang sama:

Pertanyaan pertama : Mengapa nasib saya buruk?
Pertanyaan kedua: Apa yang dapat saya lakukan untuk mengubah nasib saya?
Apakah anda merasa dua pertanyaan berbeda menghasilkan jawaban berbeda? Sudah pasti!

Pertanyaan yang mengubah nasib

  • “Apa yang bisa saya lakukan saat ini yang merupakan perubahan kecil yang membawa sebuah perubahan besar dimasa mendatang?”
  • “Pengetahuan seperti apa yang harus saya miliki agar saya bisa bertindak lebih efektif?”
  • “Siapa orang yang tepat yang bisa memberikan solusi agar saya bisa keluar dari kemelut ini?”
  • “Dimanakah orang tersebut berada?”
  • “Berapa investasi yang siap saya tukarkan dengan pengetahuan tersebut?”

Akibat pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, saya mengambil keputusan untuk adalah belajar dari yang terbaik. Belajar dari guru-guru terbaik. Memodel orang terkenal, mengikuti jejak para pemimpin yang terbukti berhasil membawa diri mereka keluar dari krisis.

Ini adalah SELF COACH, anda bisa melatih diri anda dengan menggunakan pertanyaan berkualitas untuk bisnis anda. Anda lahir luar biasa, namun dididik menjadi orang biasa-biasa. Latih diri anda untuk mengembalikan potensi diri anda yang hilang. Anda dapat menjadi pengusaha sukses, sama atau lebih dari pengusah sukses yang Anda kenal.

Untuk mendapatkan kembali Anda yang luar biasa, saya akan memberikan anda tugas. Karena jika Anda bisa menjawab untuk bisnis anda sendiri, anda akan mengalami perubahan bisnis yang drastis dan menyenangkan.

7 Cara Belajar Yang Terbukti Efektif:

  1. Saya yakin dan percaya bahwa anda mengharapkan bisa mendapat pengetahuan lebih dari majalah ini. Berikut adalah short-cut cara belajar dengan cepat, mudah, menyenangkan. Lebih menyenangkan lagi karena seraya anda melakukan tips dan trik yang akan saya ajarkan, PROFIT anda akan meningkat secara drastis!
  2. The fastest way to understand, is to teach what you have understood. Cara tercepat belajar adalah dengan mengajarkan apa yang anda tahu kepada sebanyak mungkin orang. Ceritakan isi majalah ini, manfaat majalah ini, tambahkan dengan ide-ide baru dari anda hingga anda memperkaya pengetahuan anda.
  3. Terima tanpa menghakimi. Jangan menghakimi siapapun, termasuk diri anda sendiri! Jangan menghakimi apa yang anda baca. Terlalu banyak orang yang mencaci maki diri sendiri karena merasa tidak berhasil. Tidak ada benar atau salah, yang ada hanya pelajaran dari setiap kalimat yang anda baca. Jadi, selama anda membaca buku ini coret kara SUDAH TAHU, ganti dengan kata INGIN TAHU! Begitu anda mengatakan SUDAH TAHU Otak anda menutup saluran kreatif yang memancing ide brilian.
  4. Practice does not make it perfect. PERFECT practice makes PERFECT.  Praktekkan apa yang anda tahu. Jangan mengulang kesalahan, untuk itu catat, ukur, analisa dan ambil hikmah dari setiap kegagalan anda.
  5. Nasib anda ditangan anda! Anda bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi pada diri anda, bukan orang lain. Anda juga bertanggung jawab untuk memahami isi buku ini. Jika ada hal yang kurang anda pahami, saya bersedia membantu anda menjawab pertanyaan apapun yang ingin anda ketahui. Anda boleh mengirimkan ke email pribadi saya di [email protected]
  6. Rencana anda tidak pernah salah, kesalahan terjadi pada eksekusi! Jangan salahkan rencana ketika terjadi hal yang tidak sesuai harapan. Kebanyakan orang mengubah rencana karena dirasa tidak sesuai, faktanya adalah kesalahan dalam eksekusi rencana tersebut yang menyebabkan kegagalan. Perbaiki cara anda meng-eksekusi rencana. Pengetahuan anda berbanding lurus dengan jumlah kesadaran anda atas kesalahan yang anda lakukan.
  7. Commit to have FUN! Fun tidak mudah, jangan terlalu serius, nikmati proses pembelajaran ini, jika anda tidak bisa menikmati, jadilah anak umur lima tahun dan ber-acting lah seperti mereka. Setiap ada kesempatan, berikan pujian untuk diri anda sendiri. Senyum, busungkan dada, tarik napas panjang dan tertawalah, mumpung gratis!

Menjadi pengusaha sukes kini bukan misteri lagi untuk Anda. Commit to Succeed! Tidak ada kambing hitam yang sukses, pecundang yang berhasil, atau pelari dengan urutan nomor akhir yang mendapat hadiah utama. Ingat ini, perbedaan seorang pemenang dan bukan pemenang adalah komitmen untuk menang sebelum bertanding. Tentukan goal, ide apa yang ingin anda dapatkan setiap kali anda membaca majalah ini.

“ Winner is just a dreamer…. who choose not to quit!”
– Tom MC Ifle

Klik Disini Untuk Mengikuti Workshop “Business Mastery”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>