Blog

Home /Blog / Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar





Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

Bisnis dengan menggunakan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal menjadi incaran banyak orang. Karena kondisi masyarakat yang semakin peka teknologi. Batas wilayah sudah hampir tidak ada. Anda bisa memulai bisnis dan berinteraksi dengan orang asing di luar pulau bahkan diluar negeri jika Anda mau.

Bahkan ada bisnis yang awalnya hobi bisa mendatangkan keuntungan yang besar.  Kemajuan teknologi yang pesat, mempunyai dampak besar dalam pertumbuhan bisnis di kalangan masyarakat. Semakin tidak ada batas antar daerah atau wilayah, dan semakin mudahnya akses dalam pengiriman barang atau jasa, menjadikan ini salah satu kesempatan untuk membangun bisnis yang hanya butuh modal kecil.

Dari segi populasi, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah penduduk besar. Dengan besarnya populasi tentu ada celah kesempatan untuk membuat bisnis yang dapat meraup keuntungan besar. Tentu peningkatan populasi selaras dengan peningkatan jumlah permintaan akan barang atau jasa yang sejalan dengan derasnya informasi melalui internet.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi kurang lebih ada 57 juta UMKM pada tahun 2013. Ini membuktikan kalau Indonesia potensial untuk menjadi negara maju yang baru dari wilayah ASEAN. Mewujudkan bisnis dengan menggunakan modal kecil tentu dibutuhkan keberanian mengambil resiko untuk menjalani, serta berjuang meraih keberhasilan. Bisnis ini juga memerlukan waktu dalam mencapai level tertingginya. Ada beberapa cara atau strategi untuk memulai bisnis tanpa memerlukan modal besar, yaitu :

1)         Penyedia Jasa Online

Profesi penyedia jasa online merupakan salah satu usaha yang hanya memerlukan modal kecil. Kebanyakan pelaku newbie online memilih profesi ini, karena sumber daya yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis dan memilki koneksi internet. Pada dasarnya, bisnis ini mempunyai segmentasi pasar, tapi sebagian besar memilih profesi penulis konten web dan jasa SEO (Search Engine Optimization).

2)         Bisnis Les Private

Usaha les private merupakan bisnis yang memerlukan modal kecil atau tanpa modal besar, karena prinsip bisnis ini menekankan pentingnya marketing dan dapat membuat brand name menjadi buzz marketing di wilayah tempat beradanya tempat les private tersebut. Les private ini banyak dibutuhkan oleh siswa SD, SMP, dan SMA. Hasil pendapatan les private sangat menjanjikan dan melampaui ekspektasi jika mamajemennya berjalan dengan baik dan sistem marketingnya tepat, efektif, dan efisien.

3)         Bisnis Jual Barang Sistem Dropship

Menjual barang dengan sistem dropship atau reseller, tentunya mudah untuk menajalan bisnis ini tanpa adanya modal besar. Sistem ini, hanya berperan menyalurkan barang dari produsen ke pelanggan. Usaha ini dapat dilakukan secara online, dengan menjual barang dari supplier kepada pelanggan yang memesan melalui website atau blog pihak ketiga. Sehingga, bisnis jual barang sistem dropship masuk kategori dalam hal tanpa memerlukan modal besar. Pelaku dropship berperan untuk memperluas jaringan marketing dalam merebut pangsa pasar dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

4)         Menjadi Blogger

Profesi blogger semakin meningkat yang selaras dengan kemajuan teknologi bernama internet. Tidak dipungkiri bahwa profesi ini ternyata dapat mendatangkan banyak keuntungan. Hanya membuat blog saja sudah mendapat penghasilan rutin. Mencapai tingkat keberhasilan blogger, ada banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti trafik yang tinggi, space iklan, google adsense, serta program pay per lead. Perlu digaris bawahi, dalam perjalanan menggapai trafik tinggi, seorang blogger senantiasa mengisi konten blog dengan konten original dan berkualitas. Hal inilah, sekiranya blogger juga membutuhkan keahlian khusus lainnya, sebagai pebisnis online, webmaster, dan penulis konten web.

5)         Freelance Writer

Bisnis sebagai freelance writer dapat dilakukan hanya bermodalkan koneksi internet dan sebuah laptop. Pengerjaan profesi ini, perlu membaca banyak artikel yang di dapat dengan searaching internet atau buku. Tentu pemelihan sumber-sumber artikel dan buku harus disesuaikan dengan tema atau topik dari permintaan pelanggan. Biasanya pelanggan akan mentransfer komisi jika artikelnya sesuai dengan yang dipesan. Profesi freelance ini sangat menguntungkan dan mudah dilakukan, baik di rumah atau kos.

6)         Bisnis Pembayaran PPOB

Pelaku usaha pembayaran PPOB membutuhkan koneksi internet dan modal yang kecil. Karena hampir sebagian besar pembayaran dilakukan dengan sistem online. Pembayaran tagihan, seperti rekening listrik PLN, PDAM, Internet Speedy, TV Berlangganan, dan telepon. Usaha seperti ini ternyata juga mempunyai nilai ekonomi tinggi dan meningkatkan pendapatan. Bisnis ini juga dapat dijadikan sebagai usaha sampingan.

7)         Agen Properti

Bisnis agen properti ini menjadi salah satu cara untuk mencapai kesuksesan besar dalam bidang properti. Usaha ini juga hanya butuh modal kecil dan dapat dilakukan dengan produsen properti. Keahlian komunikasi, lobbying, dan networking menjadi senjata utama untuk meraup keberhasilan dalam menjalani profesi ini.

Sebagian besar pelaku agen properti dapat menjadi seorang milyarder baru hanya bremodalkan keahlian diri sendiri dan tanpa mengeluarkan modal besar. Perlu diingat, bahwa agen properti ini mempunyai potensi besar dalam hal komisi yang di dapatkan dari hasil kerja kerasnya. Sehingga, profesi agen properti peminatnya semakin meningkat.

Ke-7 bisnis di atas tentu masih memerlukan modal untuk marketing dalam hal promosi atau iklan. Tetapi bisnis ke-7 tersebut, hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar dalam pengembangannya, hingga mendapat banyak orderan atau pelanggan.

Hal terpenting, buatlah pendekatan dengan para pelanggan agar tertanam rasa saling percaya dan loyalitas. Jika pelanggan sudah merasa nyaman, tentu akan banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti orderan yang lebih banyak, pelanggan enggan pergi ke pihak lain, dan mendapat promosi cuma-cuma dari pelanggan yang mungkin menyebarkan ke teman-temannya.

Tidak ada alasan untuk tidak berbisnis, modal sudah bukan lagi halangan selama Anda bertekad, belajar, dan bertindak.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle