4 TIPS MEMBANGUN BISNIS KELAS DUNIA

Bisnis Kelas Dunia
Banyak pengusaha saat ini mengalami problem - Membangun Bisnis Kelas Dunia. Terjadinya hal tersebut kebanyakan disebabkan oleh persaingan bisnis yang semakin berat, turunnya penjualan secara signifikan dan pasar yang tidak pasti.
Kondisi pengusaha di Indonesia saat ini masih jauh berbeda dengan negara tetangga. Dari total 250 juta penduduk, Indonesia hanya mengalami pertumbuhan pengusaha sebesar 1.5 persen. Sangat jauh berbeda dengan Singapore yang nilai pertumbuhanya sebesar 7 persen. Apakah ini hal yang wajar? Tentu tidak.
Jika ada orang yang sudah berhasil membangun bisnisnya menjadi kelas dunia, lalu mengapa ada orang gagal membangun bisnis yang sama. Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai masalah, saya rasa semua orang juga mempunyai masalah.
Namun, pertanyaannya apa rahasia yang dilakukan seorang pengusaha untuk membangun bisnis kelas dunia?
1# Terbebas dengan Rutinitas Harian
Bebas Rutinitas1
Bisnis Kelas Dunia memiliki sistem yang dapat membuat Anda terbebas dari kegiatan sehari hari. Nah, kesalahan seorang pebisnis terkadang masih memusingkan dirinya terhadap rutinitas harian yang justru hanya akan membuatnya pusing dan tidak bisa produktif. Kok bisa seperti itu?
Sangat disayangkan, apabila Anda terlalu sibuk dengan operasional. Maka tentu waktu Anda dipastikan akan habis. Itu artinya Anda tidak akan ada waktu untuk memikirkan strategi bisnis dan dapat dipastikan hasil akhirnya, “BISNIS MENJADI KORBAN”
Ciri-ciri bisnis yang gagal biasanya memiliki masalah dengan waktu, bisnisnya mulai melambat. Kemudian target-target tidak tercapai. cash flow mulai tersendat-sendat. Hutang bank di mana-mana, biaya bunga sangat tinggi, timnya keluar masuk dan juga susah cari ide.
Sehingga, Anda harus menghindari kesalahan tersebut dengan menemukan leader-leader pengganti, yang pada akhirnya bisa menjalankan sistem operasional di bisnis Anda.
2# Tim yang Bisa Diandalkan
Group of business colleagues discussing at desk in office
Bisnis yang baik didukung oleh sekumpulan orang dengan berbagai pengetahuan dan sumber daya. Kumpulan orang ini harus bisa diandalkan dan memiliki kemampuan untuk mengantarkan Anda pada tujuan bisnis.
Bayangkan saja, Anda tidak memiliki tim yang bisa diandalkan, bagaimana Anda akan menjual produk atau jasa yang Anda tawarkan. Padahal bisa dikatakan produk yang Anda miliki adalah produk yang bagus, dibutuhkan oleh customer. Tapi karena Anda tidak memiliki tim yang bisa diandalkan. Produk Anda akhirnya sia-sia. Sayang bukan! Oleh karena itu dibutuhkan tim yang handal guna mewujudkannya.
Sebagai penggerak bisnis, Anda juga harus mengevaluasi tim bisnis dan memberikan motivasi untuk membangkitkan semangat mereka. Kalau TIDAK Anda HARUS buang waktu habis-habisan untuk mengawasi tim Anda. Menambah orang untuk mengawasi tim. Karena apabila Anda tidak melakukan hal tersebut, ini akan menjadi masalah yang sangat-sangat besar. WAKTU UNTUK MENGAWASI ADALAH HAL YANG SANGAT-SANGAT LUAR BIASA MAHAL!!
INGAT! Lebih baik mengedukasi tim untuk mandiri daripada menambah orang untuk mengawasi mereka dan akhirnya hanya menjadi tambahan biaya tanpa hasil.
3# Produk yang Mudah Dipahami
Calon Pelanggan
Keberhasilan pasar didapat oleh perusahaan yang paling cocok dengan persyaratan lingkungan saat ini, yaitu barang dan jasa yang siap dibeli orang. Berbagai individu, bisnis dan bahkan seluruh negara harus menemukan bagaimana mereka menghasilkan produk yang dapat dipasarkan. Sehingga dengan begitu Anda akan bisa memproduksi barang atau jasa secara massal.
Hal terpenting selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai Anda memiliki produk yang rumit. Karena pada akhirnya ketika salesman agak susah untuk menjelaskan pada customer. Ini justru akan menjadi masalah yang sangat besar.
Jangan sampai kejadian customer bilang “ini produk apa sih, kamu sudah jelasin saya hampir setengah jam. Tapi saya nggak ngerti maksudnya apa?”
Ini bahaya untuk masa depan bisnis Anda. Usahakan produk Anda, harus bisa sangat-sangat mudah untuk dijelaskan dan dipahami oleh customer. Bahkan Steve Job pernah bilang saat dia pertama kali ingin meluncurkan I phone “we will revolutionise the phone”.
Ini artinya setiap orang pasti sudah pasti tahu telepon itu seperti apa, fungsinya untuk apa. Tapi ini adalah sesuatu yang revolusioner. Berarti ekspektasi Anda sangat-sangat besar untuk Membuat Bisnis Anda Kelas Dunia lagi.
4# Manajemen yang Tersistemasi
Sistemasi Kelas Dunia1
Sistem manajemen yang baik tentu akan memajukan perusahaan. Meningkatkan daya saing, memperluas kerjasama, serta meningkatkan kepuasan klien atau pelanggan.
Sehingga dari sini, perlu Anda meninjau kembali sistem yang sudah berjalan. Apakah sistem yang dijalankan selama ini efektif atau malah cenderung tidak efektif. Jangan-jangan sistem tersebut sangat sulit untuk diterapkan oleh tim Anda.
Sehingga sangat diperlukan pencocokan jenis sistem manajemen seperti apa yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi perusahaan, serta kondisi kemampuan karyawan dalam menjalankan sistem tersebut.
Membangun Bisnis Kelas Dunia memang bukan perkara mudah. Ibarat sebuah permainan, banyak sekali peluang untuk kalah. Saat kalah, bukan hanya finansial saja yang merugi, tapi juga waktu dan mental.
Namun selama Anda tidak mengalami kesalahan-kesalahan yang disebutkan di atas, percayalah bisnis Anda masih berada di posisi aman dan mampu menjadi Bisnis Kelas Dunia.
Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *