MAU PILIH INVESTASI ATAU ASURANSI?

//MAU PILIH INVESTASI ATAU ASURANSI?

MAU PILIH INVESTASI ATAU ASURANSI?

Investasi dan Asuransi merupakan dua produk keuangan yang banyak dicari dan digemari masyarakat saat ini. Kenapa investasi dan asuransi menjadi begitu penting sehingga wajib dimiliki? Untuk mendapatkan jaminan masa depan idealnya memang harus memiliki investasi dan asuransi. 

Mari kita definisikan dahulu arti kata investasi dan asuransi. Menurut Sunariyah (ahli ekonomi) Investasi adalah penanaman modal untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki dan juga biasanya berjangka waktu lama dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan dimasa-masa yang akan datang. Sekarang kita artikan Asuransinya yah, ada beberapa pendapat para ahli tentang asuransi. Salah satunya Prof. Mark R. Green, beliau mengatakan Asuransi adalah suatu lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi suatu resiko dengan jalan mengkombinasikan dalam suatu pengelolaan sejumlah objek yang cukup besar jumlahnya, yang sehingga kerugian tersebut secara menyeluruh bisa diramalkan dalam batas-batas tertentu.

Dari pengertian diatas maka bisa dijelaskan fungsi dari kedua hal tersebut yaitu, asuransi memiliki fungsi untuk perlindungan terhadap seseorang dalam hal financial dari resiko yang datang tiba-tiba. Sementara fungsi investasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dimasa datang agar daya beli yang dimiliki oleh seseorang tidak habis terkuras oleh inflasi.

Jadi keduanya sangat penting untuk dimiliki, tapi yang jadi masalah adalah keterbatasan dana yang saat ini di miliki. Apakah bisa mencakup keduanya atau tidak? Kalau diminta memilih anda mau pilih yang mana? Sebelum memilih alangkah lebih baik dicari tau dulu perbedaan dari keduanya.

BACA JUGA :INVESTASI VS JUDI

Banyak orang yang salah kaprah dalam melihat perbedaan keduanya, anda harus investasi atau beli asuransi? Anda harus tahu bahwa investasi bukan asuransi tapi asuransi adalah investasi. Kenapa demikian? karena ada perbedaan yang mendasar antara asuransi dengan investasi. Ada 5 hal yang membedakan asuransi dan investasi, yaitu :

1. Cari Profit atau Perlindungan

Menentukan keputusan dalam sebuah investasi atau membeli asuransi, selain membutuhkan pertimbangan juga dibutuhkan ketegasan dari tujuan yang diharapkan. Ternyata tujuan investasi dan asuransi berbeda. Ada beberapa tujuan investasi, jika di simpulkan maka tujuan investasi adalah agar anda bisa mengumpulkan sesuatu dimasa mendatang dan mendapatkan profit atau keuntungan yang sesuai dengan target tertentu. 

Sementara tujuan membeli asuransi adalah memberikan jaminan perlindungan kesehatan apabila terjadi resiko-resiko kerugian dalam jumlah yang sesuai dengan preminya. Jenis asuransi ada beberapa, seperti asuransi kesehatan, jiwa dan pendidikan. Contoh dari tujuan membeli asuransi kesehatan yaitu pada saat sakit ada yang menanggung biaya perawatan dirumah sakit namun jika anda tidak sakit maka manfaat asuransi tidak bisa dirasakan. 

Jenis investasi ada 2 macam real asset dan financial asset, real asset berupa emas, tanah, rumah, mobil dan lain-lain. Financial asset berupa surat atau dokumen penting. Contoh tujuan investasi emas yaitu saat anda tiba-tiba membutuhkan uang dalam tempo yang cepat maka anda bisa menjual emas tersebut. Jadi anda harus tahu terlebih dulu sebelum memilih asuransi atau investasi.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : MENINGKATKAN KUALITAS KEUANGAN

2. Hasil Pasti atau Fluktuasi

Perbedaan antara investasi dengan asuransi bisa terlihat dari hasil yang didapatkan. Hasil investasi merupakan penghasilan (gain) atau kerugian (loss) karena turunnya nilai investasi pada suatu periode tertentu. Hasil pada investasi bisa dirasakan setelah aset yang dimiliki berkembang nilainya, misalnya anda membeli sebuah rumah maka dalam kurun waktu tertentu nilainya akan naik dari harga saat anda beli. 

Atau contoh lain saat anda invest emas hari ini membeli dengan harga 700.000, esok hari harga emas akan naik atau turun belum pasti. Ternyata esok harganya menjadi 690.000, Jadi investasi itu hasilnya tidak pasti karna hasilnya bisa naik bisa turun. 

Nah kalau anda membeli asuransi maka hasilnya berupa perlindungan dari resiko tertentu, contohnya banyak orang baik yang muda atau pun yang tua memiliki pola hidup yang tidak sehat. Sering makan diluar, tidak olahraga maka mengakibatkan kesehatan pun terganggu. Resiko terkena penyakit tertentu atau kritis itu sangat memungkinkan, lalu siapa yang harus menanggung biayanya? Tentunya kalau anda punya asuransi maka hal itu bisa teratasi karena mendapat jaminan sesuai dengan kontrak dan preminya. Asuransi akan membayar sejumlah uang sesuai premi anda, sesuai preminya dan sesuai uang pertanggungan yang anda bayar.  Jadi jelas yah hasil dari memiliki asuransi akan mendapatkan perlindungan dari sebuah resiko dan hasil serta nilainya pasti.

3. Resiko Kehilangan atau Kepastian Pendapatan

Seperti yang disampaikan diatas bahwa investasi memiliki resiko kerugian, karena naik turunnya bisnis tidak ada yang bisa menjamin begitupun dengan naik atau turun nilai investasi aset anda. ketidakpastian resiko ini harus dijadikan pertimbangan jika anda memilih investasi. Untuk asuransi resikonya lebih jelas, misalnya anda tidak terkena resiko seperti sakit atau meninggal dunia maka anda tidak bisa mendapatkan penggantian. Tapi kalau anda kena resiko sakit atau cacat maka anda bisa mendapatkan penggantian.

Jadi jelas yah perbedaannya, kalau anda memilih investasi, ada resiko kerugian tapi tetap bisa menghasilkan dengan menjual aset. Tapi kalau asuransi tidak bisa seperti itu, anda terkena resiko terlebih dahulu lalu bisa klaim. Walaupun anda membayar premi setiap bulan tapi tidak pernah masuk rumah sakit, maka uang premi itu tidak bisa diklaim. Banyak orang bilang kalau seperti itu maka rugi kalau membeli asuransi, tapi apakah anda ingin sakit? Jangan yah, lebih baik sehat tetapi andai kata terjadi sakit maka ada yang menanggung yaitu asuransi.

4. Ketersediaan Dana

Perbedaan yang selanjutnya adalah dari nilai dananya, kalau anda memilih investasi maka nilai dananya bebas. Artinya kalau hari ini tidak ada uang jadi tidak bisa invest, jika esok ada uang maka anda invest atau menabung dan itu tidak masalah.

Namun untuk asuransi sudah ada kontrak setiap bulan atau pertahun. Anda harus bayar senilai kontrak pertahun atau perbulan dalam kurun waktu yang ditentukan. Misalnya anda membeli asuransi pendidikan dalam waktu 10 tahun kedepan, anda harus membayarkan sampai tuntas nanti setelah 10 tahun tidak perlu membayarkan lagi. Dan biasanya pada tahun ke 20 itu ada nilai tunainya yang bisa digunakan untuk anak-anak anda. asuransi harus terus selalu di top up setiap tahun atau 2 tahun, kenapa? Karena untuk meningkatkan manfaat pada layanan kesehatannya.

5. Kalau Mau Semua Bagaimana?

Asuransi dan investasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, bagaimana kalau ingin punya dua-duanya? Anda bisa punya investasi dan juga membeli asuransi. Untuk memenuhi keinginan tersebut, saat ini sudah ada perlindungan atau asuransi yang memiliki nilai investasi juga namanya Unit Link.

Unit Link adalah produk asuransi yang memiliki manfaat proteksi dan investasi. Proteksi yang didapatkan berupa berupa perlindungan terhadap nilai ekonomi seseorang jika meninggal dunia. Sedangkan manfaat investasi yang ditawarkan berkaitan erat dengan pasar modal. Pembagian premi Unit Link itu bisa 50% asuransi dan investasi 50%. Untuk manfaat asuransi kalau anda sakit maka akan dicover atau ditanggung tapi kalau anda tidak sakit maka uang investasi anda akan cair. Pertanyaannya apakah Unit Link rekomended? Semua pilihan dari anda sendiri. Anda harus mengetahui sisi resiko pada Unit Link ini, kalau anda tidak memahami betul lebih baik jangan.

TONTON VIDEO INI : INVESTASI YANG LEBIH MENGUNTUNGKAN? EMAS VS PROPERTI

Nah setelah tahu perbedaannya, silahkan anda memilih apakah mau investasi atau asuransi? Saran saya kalau anda ingin membeli sebuah produk-produk asuransi sebaiknya cari agent asuransi atau pergi ke perusahaan-perusahaan insurance yang bisa memberikan keterangan penjelasan yang lebih konkrit. Sedangkan untuk investasi anda harus cari instrumen investasi yang cocok dengan karakter anda, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-12-30T09:58:49+07:00December 30th, 2019|Cashflow|0 Comments