LEADER HARUS MEMOTIVASI TEAM

//LEADER HARUS MEMOTIVASI TEAM

LEADER HARUS MEMOTIVASI TEAM

Sepertinya akan sulit untuk memotivasi diri sendiri, orang lain dapat memotivasi bahkan lebih keras. Bagaimana Anda menginspirasi orang untuk bekerja bersama menuju tujuan tertentu? Tim Motivasi di tempat kerja merupakan tugas penting – tugas ini jatuh di pundak pemimpin tim.

Banyak pemimpin tim mengajukan pertanyaan – bagaimana cara mendapatkan hasil maksimal dari tim ini? Memotivasi karyawan untuk memberikan kinerja terbaik mereka dimulai dari metode dasar tim dan kinerja tim kerja.

Baca Juga : 6 ALASAN ANDA HARUS MEMILIKI TEAM YANG HEBAT

Berikut adalah beberapa poin cara untuk memotivasi team:

1. Mengapa memotivasi sebuah tim?

Apakah Anda pernah bertanya pada diri sendiri pertanyaan sederhana mengapa? Sebagai contoh:
• Mengapa Anda selalu fokus pada motivasi?
• Mengapa Anda ingin mengarahkan motivasi tim? Untuk apa alasan Anda ingin merangsang motivasi dalam kerja sama tim?
• Mengapa mereka “perlu” Anda untuk mendapatkan motivasi ekstra? Apakah mereka benar-benar harus termotivasi? Apakah itu perlu?

2. Tentukan anggota tim Anda

Tak usah dikatakan bahwa memilih campuran bakat yang tepat , keahlian dan pemimpin tim akan memastikan bahwa pekerjaan yang mereka lakukan mengarah ke keberhasilan. Dan campuran yang tepat dari orang-orang untuk setiap tim kerja tertentu adalah bagian paling penting dari proses. Oleh karena itu, siapa yang merupakan anggota tim Anda? Dengan siapa Anda akan pertempuran?

3. Apa yang memotivasi anggota tim?

Cari tahu apa yang memotivasi anggota tim Anda. Apa yang membawa masing-masing dan setiap dari mereka ke tingkat kinerja tertinggi?
Tanyakan kepada mereka – Apa yang mereka ingin capai di tempat kerja? Tanyakan kepada mereka secara teratur dan setelah Anda memahami kebutuhan profesional mereka dan tujuan Anda berada di jalur yang benar untuk mengetahui apa yang bisa memotivasi mereka.
Jika Anda memahami karyawan Anda, mereka akan lebih tertarik dalam memahami apa yang Anda inginkan dari mereka.

Dengarkan dan Download : Bagaimana Memilih Orang Yang Tepat Dalam Membangun Bisnis Anda

4. Tentukan tujuan dan tantangan

Tetapkan tujuan yang ingin dicapai dengan mereka. Berbagi visi Anda dengan anggota tim dalam rangka mendorong motivasi awal kerja sama tim:
• Apa tujuan tim & tantangan – jangka pendek dan tujuan jangka panjang?
• Mengapa tujuan-tujuan dan tujuan tidak lain?
• Bagaimana Anda ingin mencapai tujuan ini?
Fokus pada spesifik, tujuan yang wajar dan dapat dicapai. Beri mereka alasan untuk mendiskusikan tantangan dan sementara mereka Anda mungkin bahkan membiarkan mereka menetapkan tujuan bagi diri mereka sendiri.

5. Bagaimana mendelegasikan pekerjaan – menjelaskan ekspektasi

Anda, sebagai pemimpin tim, harus mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat. Misalnya – jika Anda menetapkan kegiatan ini keras atau tidak menarik bagi seorang pemimpin dalam tim Anda, jangan berharap untuk yang terbaik. Bagaimana Anda berharap dia untuk melihat sehingga bekerja memimpin dia untuk setiap pertumbuhan profesional yang signifikan? Pada saatnya, ia mulai menolak tugas.

Motivasi kerja tim dimulai dari hal-hal kecil.
Ketika Anda menghidupkan bekerja ke beberapa anggota tim Anda, Anda masih mempertahankan tingkat tertentu tanggung jawab. Menetapkan harapan yang jelas dan tanggung jawab untuk masing-masing anggota tim Anda. Jika hal-hal yang tidak dipahami dengan jelas, mereka tidak sadar mungkin kehilangan target, dan kemudian gagal karena tidak melakukan apa yang mereka tidak pernah benar-benar mengerti.

6. Bagaimana memotivasi tim Anda dengan insentif dan pengakuan?

Memberikan umpan balik positif bagi kerja sama tim yang baik.
Jika Anda tidak memberikan pengakuan atas pekerjaan yang dilakukan oleh anggota tim Anda, skenario mungkin adalah bahwa waktu berikutnya mereka tidak akan melakukan pekerjaan mereka seperti yang diharapkan. Mengapa? Karena jika kinerja yang baik mereka tidak dihargai, mereka akan berpikir, “Mengapa repot-repot? Tidak ada yang menghargai. ”

Namun, jangan membatasi diri Anda hanya untuk umpan balik positif . Jika mereka gagal untuk mencapai sesuatu, lakukan sebuah pembelajaran untuk memahami sebuah prosedur.
Sedangkan untuk insentif, perasaan bahwa Anda adalah memilik insentif . Ingat bahwa karyawan lain dan tim di perusahaan menonton kinerja tim Anda dan orang-orang ingin belajar dari /  keberhasilan team Anda.

7. Dan – Lepaskan

Sementara Anda sebagai pemimpin tim harus menjelaskan harapan, pelatih dan aktivitas memantau, jangan berharap tim menerima tugas untuk melaksanakannya persis seperti yang Anda inginkan. Teamwork motivasi tidak dapat dicapai dengan kekerasan. Anda harus membiarkan pergi, memungkinkan mereka hak untuk melakukan pekerjaan dengan kemampuan mereka sendiri dan gaya. Anda tidak harus mengontrol setiap tugas dan setiap dari mereka – mereka pasti akan keberatan. Biarkan mereka menyuntikkan keunikan mereka dan bahkan menghargai keunikan mereka. Biarkan mereka tumbuh di kerja tim dan tugas dan Anda akan menemukan bahwa mereka melakukan pekerjaan, bahkan lebih baik daripada yang Anda bayangkan.

Apakah  anda sebagai leader sudah memotivasi team anda? Leader memang memiliki banyak tanggung jawab terhadap bisnis dan team nya , jika anda tidak memiliki team yang solid maka bisnis anda tidak akan berjalan dengan lancar , bagaimana cara  Anda sukses dan team bisa termotivasi dengan enam hal yang pertama adalah positifity, segala sesuatu yang positif akan membuat orang termotivasi kalau Anda inget guru Anda, teman Anda, rekan kerja Anda, atasan Anda, mantan Atasan Anda siapa orang-orang yang membuat Anda termotivasi umumnya mereka-mereka yang bisa membangun perasaan positif. Pusing yah udah banyak yang ngefollow up  tau sendiri target banyak  tapi masih di reject, ada juga yang alasan nya tiba-tiba di cancel,  apa gue yang marketnya bermasalah atau gimana jadi stres.  Kemudian teman kita yang satu menyemangati dan memberi  kita motivasi bahwa kita bisa melakukannya dengan baik , karena sebelumnya teman kita sudah mengalaminya terlebih dahulu.

Baca Juga : 6 RAHASIA MEMBANGUN TEAMWORK YANG DISEGANI KOMPETITOR

Kedua adalah merasa enjoy dalam melakukan aktifitas, enjoyment adalah aktivitas yang Anda nikmati, aktivitas yang membuat Anda senang aktivitas yang membuat Anda happy. Kadang-kadang melakukan segala sesuatu hanya karena terpaksa akan membuat aktivitas tersebut menjadi alat untuk memotivasi, sebaliknya hal-hal yang Anda suka  aktifitas yang membuat Anda bergairah itu akan menjadi alat motivasi, so enjoyment adalah hal yang penting untuk membangun motivasi.

Ketiga dalam membangun motivasi  setiap orang akan suka merasa dirinya penting, feeling important untuk Anda ketika membutuhkan ide, mintalah pandangan pendapat dari  team Anda, contoh Top coach Indonesia akan buka satu restoran yang memang tidak ada kaitan dengan bisnis kita, gimana pendapat kalian para team? ketika team Anda memberikan masukkan lalu Anda mendengarkan masukkan mereka team Anda akan merasa penting dan dibutuhkan .

Dengarkan dan Download :Mencintai Pekerjaan

Keempat ternyata  sukses membuat orang termotivasi kalau Anda memilik target yang tinggi sekali maka orang itu akan termotivasi  kalau mampu, yang menarik adalah  ada banyak orang-orang  sudah dikasih target tinggi dikasih reward yang besar tapi karena tidak punya kemampuan malah membuat mereka down atau drop, coba cek ke team Anda apakah mereka suka mendapatkan target tinggi dengan reward besar atau mereka lebih suka targetnya lebih masuk akal meskipun rewardnya kecil

Kelima adalah personal benefit,  orang yang melakukan sesuatu lalu mendapatkan manfaat untuk pribadi biasanya jauh lebih termotivasi ada cara yang penting untuk di kembangkan oleh Anda sebagai seorang leader pertama tanyakan kepada karyawan Anda apa manfaat yang didapat dariaktivitas tertentu misalnya ada karyawan yang tidak suka melakukan sesuatu, pak saya tidak suka melakukan event, Saya tidak  suka pak dinas keluar kota, saya tidak suka satu tim dengan dia Pak lalu pada saat mereka sudah melakukan hal tersebut dan mau menjalankan meskipun mereka tidak suka,  Anda gali apa manfaat yang Anda dapat dari aktifitas tadi kalau Anda bisa membangun dan menemukan manfaat biasanya itu adalah benih-benih untuk memotivasi mereka selanjutnya terakhir adalah clarity, clarity adalah kejelasan dalam sebuah pekerjaan kalau orang punya target   jelas, pikirannya jelas, arahnya jelas,  goal yang jelas hal ini membuat orang-orang akan merasa termotivasi, Jadi semua nya memiliki tujuan yang jelas.

Jadi  itu tadi ada 6 point yang bisa Anda lakukan untuk membuat team Anda lebih termotivasi

 

Tom MC Ifle

Salam pencerahan.

By |2019-07-18T11:44:40+07:00July 18th, 2019|Team Building|0 Comments