JUAL RENDANG OMSET 3 MILYAR SEBULAN DENGAN KARYAWAN 8 ORANG

//JUAL RENDANG OMSET 3 MILYAR SEBULAN DENGAN KARYAWAN 8 ORANG

JUAL RENDANG OMSET 3 MILYAR SEBULAN DENGAN KARYAWAN 8 ORANG

Katuju adalah sebuah startup yang mengembangkan kuliner traditional kemudian  aktivitas di Sumatera Barat dari awal sampai sekarang dan tertarik sekali untuk mengembangkan kuliner dari Sumatera Barat yang bukan sekedar enak dari segi produk tapi juga memiliki value dan nilai.

BACA JUGA :  CARA MEMBUAT GOAL SISTEM

Membuat Kami putra Sumatera Barat bangga mengangkat itu semua jadi kolaborasi antara ini budaya, ini history ini bisa dijadikan bisnis.

Dulu awal-awalnya bisnis ini sebetulnya cukup sensitif ya karena untuk mengelola kuliner Sumatera Barat yang maju itu sebetulnya Ibu-ibu dan umurnya itu diatas 35 tahun dan Saya dapat chalengge dan teman-teman dapat chalengge bagaimana sih kuliner sumatera barat traditional  ini kan bisa di kemas sebetulnya, sehingga punya nilai dan layak untuk berkompetisi diluar sana gitu. Akhirnya chalenggee tersebut Kita jawab, dengan mulai meriset jadi masakan sumatera barat ini kan banyak orang bisa masak banyak orang bisa bikin tapi salah satu kelemahannya adalah mengenai standarize bagaimana menstandarkan sehingga rasa selain itu enak bisa juga dijaga kontiunitasnya dan bisa juga menyesuaikan dengan selera pasar.

Sekarang Katuju adalah new commerce di bidang kuliner sumatera barat, total usianya ketemu dengan Top Coach Indonesia pada saat katuju masih berusia 1 tahun saat masih babak belur dengan suka dukanya akhirnya dari TCI Kita dapat inspirasi baru sehingga Kita lebih peduli pada Bagaimana Kita men scale up bisnis Kita. Kita berjuang habis-habisan pada titik yang kita mampu dan Kita bisa.

DENGARKAN DAN DOWNLOAD : 5 Rahasia Kelola Waktu

Salah satu konsen katuju sekarang adalah katuju bisa memproduksi secara massal jadi salah satunya katuju bisa membuat secara massal standart terukur sehingga produksi banyak itu bisa Kita lakukan dengan jumlah karyawan sedikit. dengan lebih sedikit, jadi kalau dulu kan masak itu 1:1 misalkan 1 panci 1 wajan orang kalau sekarang bisa dengan sistem dengan bisnis yang lebih tersistemasi terstandart bisa dikatakan outopilot karena ade sendiri bukan tukang masaknya.

Kita sudah punya sistem dan Kita juga sudah punya namanya yang kita adopsi dari restoran  modern adalah kalau Ibu rumah tangga Kita atau pelaku UMKM yang masih baru mulai ataupun sudah sama tapi mereka belum memakai itu sering ngerasai rasanya berubah ubah. Kelebihannya di Kita kita pakai standart gramasi jadi semua bahan Kita SPS, Standarat Purchase semua bahan yang kita pakai itu seragam kita masak 10kg, 100kg, 500kg, 1 ton bahkan 10ton rasanya sama karena Kita memakai bahan-bahan yang sudah ter certified gitu dan Kita juga taat pada aturan pemerintah yang harus di terbitkan izin MD dari balai POM kita harus urus hal tersebut, SNI SKP juga dari kementrian kelautan Kita urus terkait dari olahan ikan dan HACCP, HACCP itu adalah syarat untuk eksport.

Kendala terbesar ketika mengembangkan bisnis ini Saya backgroundnya bukan di dunia kuliner ataupun dunia bisnis Saya jurusan fisika dulu di kampus hal yang paling menjadi chalengge adalah bagaimana bisnis ini kan beda dengan dunia profesional dengan dunia kerja aplagi dengan dunia sains tapi ada beberapa yang bisa Kita pakain, tantangan pertamanya adalah kami tumbuh begitu cepat, kami muncul orang lokal belum tau katuju ini apa, siapa sih, sementara orang kompetitor Kita itu sudah bangun brandnya dari 14 tahun yang lalu sehingga mereka memang famous, ketika kita ada pameran dijakarta yang mereka sebut itu adalah brand kompetitor, kadang mereka berpikir ini apaan karena kemasan Kita berbeda dengan kemasan yang lain malah mereka pikir ini kopi padahal Kita jualnnya rendang halangan seperti itulah yang Kita harus jawab dengan KIta harus belajar kita belajar kita tekuni bahwa dari kelemahan kita jadi kekuatan Kita.

Kami Brand katuju baru muncul 20 bulan 20 bulan umur kita tapi Kita ,memamng lebih fokus menjual diluar Sumatea Barat karena apa? karena karakter selera sumatera barat dengan luar sumatera barat itu cukup berbeda. Susah bagi Kita untuk mengejar selera peoplenya orang sumatera barat ketimbang selera customer kita diluar sana sehingga Kita keluarkan produk pamungkas kita itu adalah rendang dengan taste dengan rendang nusantara sehingga orang jawa bisa makan, tidak terlalu pedas juga dagingnya tidak terlalu hitam nggak terlalu keras itu Dia.

Jadi Pada saat Saya mengcoach startup adalah nomor satu yang harus Kita bongkar adalah kamu mau bidik siapa? kalau Kita mau jualan ke orang-orang sumatera barat buat apa menggarami lautan betul sekali, buat apa menggarami lautan Kita mau menjual misalnya menjual rendang dimana di rumah sendiri masak rendang lebih enak. lebih enak daripada rendang kita nah ternyata saat kita melakukan riset kemudian yang pemakan rendang orang yang bisa makan rendang adalah orang-orang yang berada di luar negeri ya atau orang-orang yang ada di luar jadi taste apapun akan di terima dan mereka bisa membeli dengan jumlah besar untuk di food stock karena rendang tahannya lama dipanasin kalau dia mau makan dimasakin.

Hal-hal penting pada saat mengembangkan start up ini jadi sekarang ada  8 orang tapi Kita bisa datangkan namanya itu daily worker itu bisa ada 10, 20, 30,40 tergantung kebutuhan, sekarang ordernya nggak retail kan ini ordernya bukan retail.

Baru-baru ini Kita baru dapat beberapa kontrak ya yang pertama itu dapat kontrak dari salah satu hotel arab saudi, jadi kalau biasanya Kita menjalankan door to door, door to door juga bukan rumah ke rumah tapi ke travel-travel umroh untuk jamaah-jamaah mereka sekarang kita rubah metodenya ke hotel-hotel jadi sekarang salah satu buyer yang kita kejar itu adalah Arab Saudi karena tempat berkumpulnya orang Indonesia terbanyak adalah Arab Saudi nah salah satu tempat itu adalah hotel.

BACA JUGA :  4 TAHAP MEMBANGUN SISTEM MARKETING DALAM BISNIS ANDA

Hotel tersebut akan sangat ramai pada saat Ibadah Haji kemudian pada bulan-bulan berikutnya adalah Ibadah umroh nah setiap jamaah yang memiliki kendala tentang taste, karena sebagian besar tukang masak atau koki di hotel Arab Saudi adalah bukan orang Indonesia, atau pun orang daerah timur sana sehingga tastenya kurang dapat, jadi pernah dapat kontrak itu di angka 10  kalau Kita konferensi kepada omset ke end user karena Kita juga ada pembagian sturucture cost jadi mungkin bisa di angka 3 milyar lah perbulan karena Kita bersistem tadi efektif karena sistemnya adalah mess production dan kemasannya juga bisa tahan lama disitulah Saya merasa sangat bermanfaatada di kuliah fisika dulu, jadi metode pengawetan bertingkat dan bertahap untuk metode tertentudi packing dan ininya berbeda, itulah yang bisa kita terapkan kalau di eksport Kita harus tahan 2 tahun otomatis Kita bisa pakai mesin A.  Kalau untuk di dalam negeri aja orang order di surabaya itu 1,5 bulan biasa aja, costnya juga tidak terlalu tinggi.

Dari pendampingan Top Coach Indonesia ini Manfaat besar dari pendampingan ini adalah Saya  merasa berada dalam jalan yang tepat dengan sekian banyak halangan dan hambatan selama ini kita tetap tahan karena Kita tahu Kita sudah dalam jalan yang tepat hanya saja proses itu yang harus kita nikmati, apakah harus memiliki banyak hutang, gitu ya harus juga mengalami kerugian, harus kena bad customer itu semua Kita lewati nah paling berkesan adalah ketika terus terang saja dalam proses pendampingan tidak menyenangkan karena banyak sekali tugas tetapi ini yang membuat kami seperti obat ya obat itu tidak ada yang manis jarang banget manis kalau ada itu obat palsu ya kalau disini Kita memang dipaksa, dipaksanya bukan untuk hal yang negatif tapi dibatu juga untuk sukses sukses juga buat Kita sendiri kan? nggak ngerjain PR kena denda gitu nggak performance juga kena sentilan  tapi dengan itu semua kami bisa melewati badai ini, dan badai ini rasa-rasanya kalau nggak ketemu bimbingan dari Bank Indonesia dan Top Coach Indonesia kami sudah tiarap tapi karena dibantu dan dibimbing juga teman-teman support satu sama yang lain di WUBI ini Kita saling menguatkan menyemangati.

DENGARKAN DAN DOWNLOAD : 7 Trik Melipat Gandakan Profit

Tips untuk pemula menjadi pengusaha itu ternyata enak ketika dilihat. Ketika kita lihat orang memiliki usaha, wah enak nggak terikat jam kerja, nggak harus datang pagi ke kantor selalu gitu. Hal-hal yang Kita lupakan adalah kita harus 24 jam in business, jadi kalau cari aman, nggak kayaknya tapi kalau sesuatu yang akan dijadikan aktualisasi pertama yang Anda harus tahu,keinginan, tau dulu pengen jadi apa, seperti apa, sepertinya keinginan itu juga dibarengi dengan komitmen. Untuk dibina juga salah satunya dimarahi, kadang dimentahkan sudah capek bikin proposal dan rencana kerja panjang sampai di meja di delete tapi yang penting dapat 3M sebulan mudah-mudah survive mudah-mudahan semua bertahan lebih baik lagi, business plan di jalankan dan kedepannya startup katuju ini bisa sukses. Terimakasih coach salam semoga katuju semakin dahsyat dan sukses.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan

By |2019-08-29T10:23:24+07:00August 29th, 2019|Coaching|0 Comments