Jangan Salah Memutar Modal

//Jangan Salah Memutar Modal

Jangan Salah Memutar Modal

Meskipun ada istilah mental kaya dan mental miskin, faktanya yang ada adalah orang yang tahu cara memutar uang untuk bisnis dan menghasilkan serta orang yang terlalu boros dalam hal keuangan, malah menghabiskannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Orang yang bermental kaya cenderung pandai memutar uang untuk bisnis biasanya mudah sekali mendapatkan keuntungan. Mereka mudah sekali membaca peluang yang ada sehingga segera melakukan aksi dan mendapatkan apa yang mereka ingin dengan lebih mudah.

Baca Juga : 7 Jurus Menjadi Kaya

investme
Aset adalah segala sesuatu yang memiliki nilai uang dan nilai guna, dapat dalam jumlah besar maupun kecil dan terbagi menjadi dua macam yang terbagi berdasarkan liquiditasnya yaitu aset liquid dan tidak liquid. Aset liquid berarti aset yang mudah untuk diuangkan kembali, sebagai contoh uang tunai, emas atau aset investasi

Membaca peluang bisnis dengan baik agar tahu apa yang harus dilakukan untuk bisnis atau memulai bisnis. Lakukan pengamatan dengan baik agar tahu apa saja yang tengah menjadi trend di pasaran. jika Anda ingin memutar uang di bisnis pakaian, perhatikan trend yang sedang terjadi sehingga penjualan bisa ditingkatkan dan untung yang didapatkan bisa besar.

Dengarkan dan download : Profit atau Rugi

Kalau Anda mudah sekali membaca peluang dan juga memprediksi trend, kesempatan untuk mengambil untung dan memutar uang sebanyak-banyaknya akan mudah. Bahkan, kalau Anda sudah memiliki nama yang cukup baik, trend bisa diciptakan sendiri sehingga orang lain pun akan ikut dengan apa yang Anda lakukan.

analysis
Berapa banyak dari kita punya modal? 1 Milyar oke, lalu saya belikan inventori (stok barang) katakan beli inventori 1 Milyar betul ya, lalu Saya jual 1,5 M  ceritanya laku 100% profitnya berapa? 500 juta lalu yang 1 Milyar kemanakan? Wajib kembalikan ke modal.

Yang jadi masalah modal penjualan inventori 1,5 M beli Mercy 1,5 M beli properti 1,5 M lalu kemudian jago ya mengelola uang pinjaman bank untuk usaha adalah dengan memiliki komitmen dan disiplin untuk memusatkan antara dana pribadi dan uang usaha. Dengan melakukan pemisahan tersebut maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan kontrol arus pengeluaran dan pemasukan dari usaha yang Anda kelola.

Kalau bisnis di luar sana jadi bisnis yang sehat adalah 1.5 M ini setengah Milyarnya kembali ke modal jadi yang tadinya saya punya bisnis value valuenya 1 Milliar saya sudah punya value 50% daripada bisnis awal saya jadi kalau di tanya kalau saham saya 1 saham 1 rupiah  saham saya sudah bernilai 1.5 Rupiah ini yang namanya bisnis berkembang.

Jadi kalau ditanya yang berkembang itu dulu yang dipikir adalah jualannya bisnis saya berkembang kenapa? karena jualannya tambah banyak. Tidak, bisnis berkembang modalnya tambah besar tidak? atau Equity-nya tambah besar tidak? kalau pinjam uang bank terus berarti equity nya tidak besar meskipun ada leverage.

Nah, sekarang pertanyannya kalau kita punya hutang bank kalau kita punya utang berputar begini terus lalu kita punya surplus, cash flow punya surplus di cash flow lalu kita pinjam uang bank. Bank akan bilang Anda perlu uang berapa? bisa jadi 50% dari Anda 50% dari bank. Untuk modal kerjamu berapa? Saya tidak pernah pake uang bank untuk bisnis apapun, untuk koperasi, untuk radio, semuanya tidak ada yang pake uang bank, perusahaan percetakan, itu tidak ada yang pake uang bank sama sekali.

Baca Juga : Cara Menambah Aset

Lalu tahun ini kita memang punya plan untuk mengembangkan bisnis lebih agresif lalu saya berbicara dengan pihak BCA bagaimana caranya? Apakah BCA bisa membantu saya untuk pengembangan bisnis. Saya kasih tahu siklus bisnis kita, kalau kita keluar uang 1 milyar ini bisa jadi 1,5 milyar ini kalau pakai uang sendiri  tetapi saya mau pake uang saya untuk investasi yang lain,  tapi untuk bisnis ini saya mau pake hutang bank saja.

funding

Analis kredit punya kualifikasi khusus dalam menjalankan tugasnya. Untuk membantu kerja seorang analis dibekali dengan metode analisa kredit dalam bentuk format standar sistem yang harus dilengkapi  sehingga  cara kerja analis kredit bank menilai permohonan kredit bisa benar-benar terstruktur, jelas, dan obyektif.

Salah satu berkas yang penting untuk dianalisa adalah laporan keuangan bagi debitur perusahaan. Dokumen ini penting sebagai bukti konkret bagi analis untuk melakukan perhitungan secara terstruktur.  Laporan ini penting saat analis melakukan cross check terhadap kondisi keuangan perusahaan.

Dengarkan dan Download : Time is Money

Setelah semua berkas masuk dan apabila permohonan kredit dinilai layak, maka pihak bank akan melakukan pengumpulan data lapangan baik menyangkut data pribadi maupun reputasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis calon debitur.

kalkulator
Maka dilakukanlah assesment (penilaian) oleh BCA, lalu  BCA bilang apa? bapak kebanyakkan uang, bapak tidak butuh modal, kenapa? karena liquid sekali artinya apa? Bapak tidak butuh uang bank, ini benar-benar tidak butuh. Tentu saja pihak BCA memberi pinjaman,  siapa yang tidak mau jika bisnis anda liquid kalau perlu mereka invest di bisnis anda yang liquid. Semoga Bermanfaat.

 

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan.

By |2019-07-04T15:05:48+07:00April 1st, 2019|Finance|0 Comments