Graphology adalah Ilmu yang Mempelajari Tulisan Tangan

Percaya atau tidak, bentuk huruf yang ditulis seseorang dengan tangannya mampu menunjukkan karakter orang tersebut. Graphology adalah ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan. Gaya tulisan seseorang mampu mengungkapkan emosi penulisnya. Sistem syaraf otak yang menggerakkan tangan untuk menulis dipengaruhi oleh keadaan psikologis penulisnya. Sehingga tulisan tangan mampu menunjukkan tentang kepribadian penulisnya.

Graphology biasa digunakan untuk merekrut karyawan baru. Berdasarkan tulisan tangan kita mampu mengetahui kepribadian para calon karyawan. Kemampuan graphology dalam mengungkapkan kepribadian seseorang, menetapkan graphology adalah salah satu cabang ilmu psikologi.

Tulisan tangan yang kita hasilkan itu merupakan hasil kerja otak. Cara kerja otak saat menulis dipengaruhi oleh kepribadian penulisnya. Tulisan mampu menunjukkan kepribadian kita mulai dari emosional, intelektual, energi, motivasi, kepercayaan, hingga hasrat seksual.

Sering kali kita membaca tulisan seseorang yang dimuat di akun sosialnya seperti blog, facebook, twitter, dan akun lainnya untuk mengetahui perasaannya saat itu. Hal itu tentu saja membuktikan bahwa melalui tulisan kita dapat membaca karakter seseorang. Tidak hanya tulisan yang dimuat di akun sosial, tulisan hasil karya seni tangan kita tentu saja juga dapat menunjukkan kepribadian kita.

Cara menganalisis kepribadian seseorang melalui tulisan tangannya, pertama dilihat dari gaya tulisannya secara umum. Setiap orang memiliki karakter tulisan yang unik seperti kepribadian masing-masing orang. Tekanan yang kuat pada tulisan menunjukkan penulis memilik emosi yang tinggi. Sebaliknya, tekanan yang ringan menunjukkan penulis memiliki jiwa yang tenang dan santai.

Ukuran tulisan mampu menunjukkan kepribadian seseorang dan tingkat konsentrasinya. Besarnya tulisan menunjukkan bahwa si penulis ingin selalu tampil di depan dan ingin selalu diperhatikan. Sementara ukuran tulisan yang kecil menunjukkan bahwa penulis memperhatikan hal-hal yang detail dan penulis lebih cenderung pendiam serta mandiri. Ukuran tulisan yang normal menunjukkan bahwa penulis memiliki pribadi yang mudah beradaptasi.

Kemiringan tulisan juga akan menunjukkan kepribadian seseorang. Tingkat kemiringan tulisan akan menunjukkan tingkat keemosionalan seseorang. Tulisan yang cenderung miring ke kanan menunjukkan bahwa penulis cenderung menggunakan emosional dalam menyelesaikan sesuatu, penulis juga suka bergaul. Tulisan yang miring ke kiri menunjukkan penulis bersifat tertutup. Sementara tulisan yang tegak menunjukkan penulis mampu mengontrol diri dan perasaannya, serta tidak suka diatur.

Besarnya spasi dalam menulis menunjukkan kenyamanan penulis dalam berkomunikasi. Spasi yang kecil menunjukkan bahwa penulis memiliki keinginan komunikasi yang tinggi. Spasi yang besar menunjukkan penulis lebih suka menyendiri dan tidak ingin terlalu dekat dengan orang.

Kepribadian juga dapat diuji dengan menulis di kertas tidak bergaris. Tulisan yang semakin naik menunjukkan bahwa penulis adalah seorang yang positif dan berkeinginan kuat, semakin menurun menunjukkan penulis seorang yang pesimis. Tulisan yang bergelombang (naik turun) menunjukkan bahwa mood penulis gampang berubah. Sementara tulisan yang lurus menunjukkan bahwa penulis mampu mengatur keemosionalannya.

Penggunaan huruf kapital akan mampu menggambarkan tingkat percaya diri penulis. Huruf kapital yang memiliki ukuran berbeda jauh dengn huruf kecilnya, menunjukkan penulis memiliki percaya diri yang tinggi, hingga terkadang dapat dikatakan angkuh. Sementara huruf kapital yang berukuran sama dengan huruf kecil, menunjukkan penulis memiliki tingkat percaya diri yang normal, dan terkadang ia akan lebih terlihat pemalu.

Bentuk huruf yang cenderung bulat atau melingkar akan menunjukkan penulis sebagai seorang yang alami dan easy going. Bentuk huruf yang tampak bersudut tajam menunjukkan penulis sebagai seorang yang agresif dan memiliki energi yang kuat. Sementara bentuk huruf yang bujur sangkar akan menunjukkan penulis adalah orang yang realistis dan praktek berdasarkan pengalamannya. Coretan tidak beraturan pada tulisan akan menunjukkan penulis sebagai orang yang artistik dan tidak punya standar.

Penggunaan huruf yang bersambung seluruhnya akan menunjukkan bahwa penulis adalah orang yang berjiwa sosial, suka berbicara dan bertemu banyak orang. Penulisan dengan huruf sebagian bersambung sebagian lepas menunjukkan sifat yang pemalu, idealis, dan susah membina hubungan. Sementara tulisan yang lepas seluruhnya menunjukkan orang yang berpikir dahulu sebelum bertindak, cerdas, dan seksama.

Jika Anda ingin mengetahui Business tools apa saja yang akan Anda gunakan untuk meningkatkan profit, sales, efisiensi, dan ekspansi dan lain-lain, Anda dapat klik link ini : http://topcoachindonesia.com/business-coaching/business-tools/

Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *