Gara-gara 5 hal ini, bikin rencana bisnis buyar

//Gara-gara 5 hal ini, bikin rencana bisnis buyar

Gara-gara 5 hal ini, bikin rencana bisnis buyar

Pada artikel ini, Saya ingin sharing satu hal yang menarik untuk bisnis yaitu planning. Ada pepatah yang mengatakan if you fail to plan you are planning to fail, kalau Anda gagal membuat rencana, Anda sedang merencanakan kegagalan Anda sendiri. Ada 5 kesalahan yang biasanya dilakukan oleh banyak pengusaha dalam melakukan planning.

1. Kesalahan yang pertama yang sering dilakukan pebisnis

Kesalahan yang pertama pada saat membuat planning sering kali banyak memiliki mentalitas over optimis, bermental optimis itu bagus, optimis adalah sifat yang penuh dengan pikiran positif dan keyakinan pada diri sendiri. Orang yang memiliki sifat optimis biasanya penuh percaya diri dan berani mengambil keputusan. Meskipun tahu akan banyak rintangan di depan, orang optimis akan tetap mencoba maju. Dan seandainya dia gagal, orang optimis nggak akan kecewa dan bersedih terlalu lama. Karena mereka yakin akan bisa berhasil kalau mau terus berusaha. Sifat optimis inilah yang harus ada dalam diri kita setiap kali ingin melakukan sesuatu. punya pikiran optimis itu penting, tetapi over optimis itu akan menjadi masalah, efek dari over optimis adalah biasanya kita mencoba melakukan investasi yang kebanyakkan, karena kita merasa dan berharap bahwa tahun depan akan menjadi lebih baik. Anda berani investasi, Anda berani keluar uang, tanpa melakukan yang namanya riset dan perhitungan yang matang.

optimics

2. Kesalahan kedua yang sering dilakukan pebisnis

Kesalahan yang kedua fokus pada bisnis, bukan fokus pada pelanggan. Membuat  rencana harus fokus pada customer, sementara diluar sana banyak pengusaha fokus kepada bisnis. Saya  mau lakukan apa, saya mau nambah karyawan berapa, saya ingin memiliki investasi berapa banyak, saya mau punya berapa banyak customer, tapi kita lupa merencanakan produk apa yang dibutuhkan konsumen. Strategi  apa yang membuat customer lebih setia? bagaimana melatih karyawan kita agar karyawan kita bisa membuat customer merasa nyaman? Ini semua harus masuk ke dalam bisnis plan kita.

focus-on

3. Kesalahan ketiga yang sering dilakukan oleh pebisnis

Kesalahan yang ketiga tidak memasukkan pengembangan karyawan didalam business plan, jadi didalam business plan hanya ada marketing, keuangan, operasional. Tapi tidak ada yang namanya personal development plan, untuk karyawan personal development plan, karyawan itu menjadi kritis disetiap tahun, ada satu research yang menunjukkan bahwa, makin tinggi trainning expenditer karyawan  terhadap karyawan semakin banyak karyawan yang di training semakin bagus performance perusahaan tersebut. Pengembangan karyawan dirasa semakin penting manfaatnya karena tuntutan pekerjaan atau jabatan, sebagai akibat kemajuan teknologi dan semakin ketatnya persaingan diantara perusahaan yang sejenis. Setiap personil perusahaaan dituntut agar dapat bekerja efektif, efesien, kualitas dan kuantitas pekerjaannya baik sehingga daya saing perusahaan semakin besar. Pengembangan ini dilakukan untuk tujuan non-karier maupun karir bagi para karyawan (baru atau lama) melalui latihan dan pendidikan. Pengembangan karyawan saat ini dianggap sebagai kunci untuk mencapai produktivitas tinggi, hubungan yang lebih baik antar karyawan dengan karyawan, maupun karyawan dengan atasan, serta profitabilitas yang lebih besar untuk setiap perusahaan.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pengembangan karyawan? Membuat karyawan lebih kompeten karena mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan sikap yang baru. Membuat karyawan menjadi lebih berkomitmen pada pekerjaan dan perusahaan. Menciptakan rasa saling percaya dan menghormati antar karyawan, karyawan-atasan dan antar divisi. Mendorong kemampuan problem solving. Meningkatkan kerja sama tim. Membantu menciptakan budaya efisiensi dalam perusahaan.

people-development

4. Kesalahan keempat yang sering dilakukan pebisnis

Kesalahan yang keempat tidak melakukan research. Tidak  melakukan research ini biasanya terjadi, karena fokus pada masa depan, research itu terjadi dimasa sekarang, bukan dimasa lalu. Anda bisa memikirkan masa lalu tetapi Anda perlu fokus pada masa yang sekarang. Karena the best research ketemu dengan customer langsung, ketemu dengan supplier langsung, ketemu dengan karyawan Anda langsung, research menemukan kebutuhan dan keinginan costumer, apa hal-hal yang sangat diperhatikan oleh customer terhadap produk atau jasa kita. Dengan melakukan research, anda bisa memetakan perubahan tren atau perubah pola perilaku customer anda, misalkan dengan kondisi sekarang pelanggan cepat sekali berpunding kepada kompetitor, jika anta tidak bisa mendengarkan kebutuhan pelanggan(costumer) anda. Kegagalan sebenarnya adalah jika kita meluncurkan sebuah product dan tidak berjalan dengan baik, juga ketika kita tidak bergerak maju dengan membuatnya menjadi lebih baik. Anda mungkin telah membuat pilihan yang tepat dengan menggunakan informasi tertentu namun ketika anda memiliki lebih banyak informasi anda dapat membuat keputusan yang lebih baik. Dengan melakukan research, anda memiliki opsi informasi tambahan.

market-research

5. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis

Kesalahan yang kelima (terakhir) adalah ketika membuat planning Anda lebih fokus kepada menghindari masalah, karena ingin menutupi kelemahan. Jadi  misalnya contohnya begini, oke kita punya problem dengan internet marketing tapi ternyata kita tidak fokus memperbaiki internet marketing malah fokus mencari hal-hal yang tidak membutuhkan internet marketing. Jadi  saya ingin mengembangkan bisnis, saya ingin menambah jumlah karyawan, karena banyak karyawan yang tidak kompeten, maka seharusnya Anda selesaikan masalah karyawan yang tidak kompeten, agar Anda tidak perlu menambah karyawan Anda. Kalau  misalnya  punya masalah dengan deadstock, maka harusnya selesaikan problem deadstocknya, bukan beli gudang baru. Nah, banyak business owner diluar sana, jika stock barang banyak, jadi saya beli gudang baru, itu bukan solusi. Itu bukan sesuatu solusi yang long term.

problem

Jadi 5 kesalahan ini, kalau Anda perhatikan baik-baik dan kalau Anda bisa hindari Anda bisa memiliki planning yang lebih terstruktur untuk menghadapi awal tahun. Thank You So Much.

 

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam pencerahan

By |2019-03-14T16:10:17+00:00March 12th, 2019|Uncategorized|0 Comments
Translate »