FOTO MENU LANGSUNG DI PIDANA

//FOTO MENU LANGSUNG DI PIDANA

FOTO MENU LANGSUNG DI PIDANA

Pernahkah Anda mendengar karena foto menu Vlogger dan pasangannya di kenakan pidana?

Hari ini kita akan membahas kasus tersebut yang cukup menarik karena ada sebuah penerbangan nasional yang melaporkan youtuber akibat mengunggah kegiatan dia dalam pesawat.

Baca Juga : HUBUNGAN ROHANI DENGAN BISNIS

Pada tanggal 14 Juli , Saya melihat instagram Rius Vernandes, ceritanya Rius Vernandes adalah seorang vlogger yang  membahas review menu makanan di pesawat karena  beliau  sendiri punya restoran dan memiliki beberapa cabang restoran namanya Sec Bowl.

Hal yang menarik  adalah beliau selalu menampilkan video – video mereview pesawat, mereview airlines. Pada saat itu Rius mereview  menu makanan pesawat 1 hari dimana saat itu sedang naik pesawat  garuda lalu  kemudian si pramugari memberikan buku menu berupa tulisan tangan. Buku menu dalam tulisan  tangan itu ditampilkan di Instagram Storynya , so instagram storynya menampilkan informasi yang sifatnya realtime bahwa “ eh teman-teman ada menu yang dibagiin di business class garuda Sydney – Denpasar menunya masih  dalam proses percetakan.

Sementara Elwy pasangannya bilang “eh menunya memang tulisan tangan tapi Kita tidak merasa masalah kenapa karena pramugarinya sangat ramah dan Saya ternyata bangga juga karena penerbangan nasional, Kita pikir Kita bakal complain eh ternyata orangnya asyik”.

Ternyata unggahan ini menjadi problem karena beberapa moment  kemudian Garuda melaporkan Rius Vernandes dan melakukan pemanggilan kepada Rius Vernandes  untuk datang diperiksa alasannya yang menarik adalah dari instagram Rius Vernandes, “guys gw sama elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini kami dilaporkan atas dugaan melakukan tindakan pidana pencemaran nama baik gw yakin kalian tau kalau gw tidak ada maksud sama sekali mencemarkan nama baik siapapun, gw sangat minta support semuanya siapapun kalian semua punya suara terutama teman-teman influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw nggak mau di masa depan kita review sesuatu dengan apa adanya ketika kita memberikan kritisi yang membangun kita bisa dipidana”.

Dengarkan dan Download : Cara Branding dengan Murah

Ini merupakan salah satu problem besar kalau sampai hal ini dilanjutkan. Karena kebanyakan dari kita  mereview sebuah product kondisinya jujur, pendapat kita tetapi ketika ditanggapi sebagai sebuah pencemaran nama baik ini menjadi masalah. Teman-teman Saya ingin Anda melihat ini dari 3 perspektif yaitu :

1. Sisi Vlogger atau Youtuber

Karena penerbangan sebelumnya tidak memberi menu penerbangan lainnya menu tapi tulisan tangan, so pertanyaannya adalah apa yang akan Anda lakukan jika Anda adalah pengusaha atau pembisnis yang di review oleh youtuber yang memiliki subscriber 100.000 seperti Rius Vernandes?

Apa yang akan Anda lakukan kalau misalnya Casey Neistat yang mereview Anda Kalian mempolisikan youtuber Casey Neistat atau mungkin Anda akan mempolisikan PewDiePie karena beliau mereview sesuatu  lalu kemudian berharap bahwa dengan melakukan hal tersebut Anda akan mendapatkan simpati ini adalah pilihan yang pertama adalah mempolisikan youtuber dan masukkin youtuber karena mereview sebuah product dengan sejujur- jujurnya.

2. Sisi Garuda sebagai Manajemen

Pilihan yang kedua adalah Anda minta maaf mengatakan bahwa sorry karena kemarin Saya melakukan sebuah kesalahan atau mungkin karena menunya dalam proses percetakan pramugari kami ingin  mempermudah service dan pelayanan dan kami nmohon maaf atas tindakan itu dan memberikan  apresiasi kepada orang yang memberikan masukkan.

Baca Juga : 3 SISTEMASI BISNIS YANG PALING PENTING UNTUK MENDATANGKAN PROFIT

3. Sisi Pramugari yang Membuat Data Tersebut

Pilihan yang ketiga adalah menghukum  pramugari yang menulis karena bisa jadi ketika dia menulis menu tersebut itu tidak ada di SOP garuda, tidak ada di Standart Operating Prosedur kalau tidak ada menu silahkan tulis tangan.

Boleh 3 pilihan ini, pilihan satu Mempidanakan Youtuber, yang kedua minta maaf, pilihan yang ketiga menghukum pramugari.

Saya nggak tau mana yang baik, mana yang  benar tapi menurut saya  menurut pengalaman Saya berada dibidang Jasa Sejak 92 Saya pernah bekerja di airlines, Saya  pernah bekerja di airport, Saya pernah jadi customer service and protokol sebuah penerbangan. lalu kemudian Saya juga pernah Vice President atau Head of Division retail business development yang  jasa juga kalau sampai terjadi hal seperti ini customer is always right customer is king.

Customer  tidak pernah ada yang kita tuntut bahkan dipolisikan nggak akan pernah terjadi kalau sampai  customer dituntut sampai ke penjara, gara-gara complain wow wow wow gila itu so pertanyaan Saya adalah apakah strategy ini tepat? apakah strategy ini  mengangkat PRnya? garuda yang sangat luar biasa hari ini? atau apa saya tidak tau tapi Saya mau  dengar komen Anda, 3 pilihan mempolisikan youtuber minta maaf memberikan apresiasi atau yang ketiga adalah menghukum pramugarinya please comment dibawah ini let’s help.  Let’s help  Rius Vernandes untuk mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan.

By |2019-08-12T11:25:12+00:00August 12th, 2019|Team Building|0 Comments