Dua Rahasia Bisnis Kelas Dunia

/, Coaching/Dua Rahasia Bisnis Kelas Dunia

Dua Rahasia Bisnis Kelas Dunia

Pada artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana membangun kekuatan untuk membangun bisnis kelas dunia. Banyak pengusaha saat ini mengalami problem, biasanya problem mereka adalah bukan hanya menjual, tapi bagaimana membangun sebuah bisnis.

Problem tersebut biasanya  terjadi akibat persaingan bisnis, karena penjualan turun secara signifikan, karena pasarnya yang tidak pasti.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti yang diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari yang sebelumnya hanya sebesar 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah pendudukan Indonesia yang saat ini sebanyak 225 juta jiwa.

Kondisi pengusaha di Indonesia saat ini masih agak sedikit  jauh tertinggal, berbeda dengan kondisi pengusaha-pengusaha diluar negeri sana.

Jumlah pengusaha di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan pengusaha di Malaysia yang jumlahnya sebesar 6% dari total penduduknya. Rasio wirausaha di bawah negara te‎tangga kita. Singapura 7 persen, Malaysia 6 persen, Thailand 5 persen.

Baca Juga : TCI Gelar Workshop Transformasi Bisnis 2019

Di Indonesia dari 250 juta penduduk, yang benar-benar menjadi seorang enterprenuer itu paling dibawah 4 persen dan kalau hal ini terus menerus terjadi, berarti akan mempengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satu jalan untuk dapat mempercepat kemajuan ekonomi negara adalah meningkatkan jumlah pengusahanya. Saat ini jumlah pengusaha Indonesia masih di bawah dari total penduduk.

Wanted

Pertanyaanya  adalah apa penyebabnya? jika ada orang yang berhasil membangun sebuah bisnis dan ada orang yang gagal apa kira-kira penyebabnya? Di artikel ini kita akan membahas 2 point yang sifatnya sangat-sangat penting dan perlu kita catat bersama-sama.

Jadi, pertanyaan saya adalah kalau ada orang punya masalah (tentunya semua orang punya masalah) dan biasanya masalah ini, ada yang sifatnya umum ada yang sifatnya khusus. Tapi  pertanyaanya adalah apa rahasia?  Atau apa yang dilakukan oleh pengusaha yang sukses untuk menjadi bisnis kelas dunia?

Baca Juga : Peer to Peer Lending Merugikan?

Ternyata ada dua point penting yang harus anda kuasai, point yang pertama adalah anda harus bebas dari rutinitas harian, bisnis kelas dunia adalah memiliki sistem agar bisa terbebas dari kegiatan yang sifatnya terlalu detail atau terlalu operasional.

Banyak pengusaha diluar sana masih sibuk dengan rutinitas masih sibuk dengan hal-hal kecil tidak bisa membagi waktu. Waktunya  tidak produktif, kalau hal ini terus-menerus terjadi kita terlalu sibuk dengan operasional, maka tentu waktu Anda dipastikan akan habis.

Itu artinya anda tidak akan mempunyai waktu untuk memikirkan strategi-strategi bisnis,  yang akan membuat bisnis anda menjadi bisnis kelas dunia. Pelaku bisnis yang ingin meningkatkan statusnya dari karyawan di bisnisnya sendiri ke level berikutnya mesti menjadwalkan waktu untuk berpikir dan mengukur kapasitasnya sendiri. Kalangan pelaku bisnis yang sungguh-sungguh terbuka untuk maju lantas akan mengikuti workshop bisnis, pilihan utama mereka umumnya memilih program business coaching.

sistemasi bisnis

Kita  akan membahas point yang kedua kalau anda sudah terbebas dari rutinitas. Anda  punya sistem yang kuat, kira-kira apa yang anda harus lakukan berikutnya? point yang kedua dalam sistem, dalam membangun bisnis adalah anda perlu membangun team yang bisa diandalkan, bisnis yang baik, didukung oleh orang-orang yang berkumpul dari berbagai latar belakang, berbagai sumber daya, orang-orang ini bisa diandalkan dan memiliki kemampuan untuk membantu bisnis anda.

Baca Juga : 5 Niat Dalam Bisnis

Mengapa membangun team itu penting? Dalam bekerja disuatu perusahaan tentunya memerlukan sinergi setiap tim antar divisi  atau departemen agar dapat mencapai target keseluruhan. Disamping itu, pada tingkat individual, kerjasama juga penting sebagai wadah untuk memperdalam keahlian interpersonal dan intrapersonal, atau bagaimana mengenal atau berinteraksi dengan sesama kolega atau dengan atasan.

Membangun kerjasama dalam tim yang solid dan efektif memang merupakan sebuah tantangan tersendiri. Kesimpulannya adalah bahwa maju dan tidaknya bisnis Anda tergantung dengan kerjasama tim yang Anda miliki. Dan bagaimana Anda membangun tim tersebut agar menjadi tim yang solid dan memiliki tujuan yang sama.

team

Kunci sukses sebuah kerja tim adalah evaluasi. Dari evaluasi ini bisa dilihat mana yang sudah berjalan sesuai rencana, mana yang harus mendapat suntikan motivasi, atau kekurangan apa yang harus diperbaiki. Evaluasi bukan bertujuan mencari kesalahan.

Tapi lebih memberi arahan dan masukan agar proses kerja selalu bisa berada di jalur yang direncanakan. Kalaupun ada perubahan, itu merupakan hasil yang sudah disepakati bersama. Dengan evaluasi, tingkat kesuksesan kerja tim bisa dipantau dan diawasi dengan baik.

Membangun team yang menghantarkan bisnis anda pada tujuan bisnis yang anda tetapkan, anda bisa bayangkan, kalau kita tidak  punya team yang bisa membuat bisnis anda sukses. Team yang tidak bisa diandalkan bagimana bisnis anda bisa berkembang? bagaimana anda akan menjual produk dan jasa anda? bagaimana anda bisa sukses? Padahal bisa dikatakan produk yang kita jual bagus, tidak bagusnya  bergantung dari kemampuan team kita dalam menjelaskan dalam menjual? Dalam hal bisa diandalkan atau tidak, yang mengakibatkan produk anda akhirnya bisa menjadi sia-sia.

Ini  akan sangat-sangat di sayangkan, untuk itu sebagai pengerak bisnis, anda harus bisa mengevaluasi bisnis, evaluasi waktu dan evaluasi manusia. Bagaimana anda menghabiskan waktu? bagaimana anda bisa mengembangkan sumber daya manusia?  Kalau anda ingin belajar lebih banyak anda bisa ikut workshop atau saya punya buku, atau e-book gratis, autopilot bisnis, silahkan anda bisa pelajari lebih lanjut dan bisa langsung download kalau anda ingin benar-benar belajar tentang how to become world class business dengan baca-bacaan yang mengedukasi. Thank  you so much.

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan.

By |2019-02-20T15:36:34+00:00February 20th, 2019|Business News, Coaching|0 Comments