CARA MENGGUNAKAN FORCE FIELD ANALYSIS UNTUK BISNIS MENJADI SEHAT

//CARA MENGGUNAKAN FORCE FIELD ANALYSIS UNTUK BISNIS MENJADI SEHAT

CARA MENGGUNAKAN FORCE FIELD ANALYSIS UNTUK BISNIS MENJADI SEHAT

Force Field Analysis merupakan pengembangan ilmu sosial yang bisa memberikan kerangka kerja untuk melihat faktor-faktor (kekuatan) sehingga mempengaruhi keadaan yang diawali oleh situasi sosial. Ini adalah sebuah teknik untuk membantu anda dalam mengambil sebuah keputusan yang positif pada bisnis.

Force Field Analysis ini di desain untuk mengetahui problem apakah yang akan terjadi jika anda melakukan suatu perubahan. Kurt Lewin mengatakan ini adalah sebuah alat teknis yang umum digunakan untuk memahami gerakan bila diperlukan perubahan baik pada lingkungan pribadi maupun perusahaan.

Prinsip yang dikembangkan oleh Kurt Lewin adalah kontribusi yang signifikan untuk bidang ilmu sosial, psikologi, komunikasi, pengembangan organisasi dan management. Perubahan biasanya diasumsikan oleh orang sebagai suatu masalah yang luar biasa karena memiliki tingkat kegagalan tingkat tinggi dan untuk perubahan itu sendiri diperlukan seseorang yang terampil, peka dan berjiwa pemimpin yang kuat.

Agar perubahan yang dilakukan ke arah yang positif diperlukan kekuatan penggerak untuk mengatasi penghalang sehingga terjadi keseimbangan. Tugas anda adalah membuat sebuah strategi untuk menganalisa Force Field ini. Anda harus bisa menganalisa mengapa terjadi? bagaimana kondisi ini agar bisa anda antisipasi? dan bisa membuat anda lebih positif. Bentuk Force Field Analysis ini seperti ada tekanan yang membuat anda dilema dan menuntut suatu perubahan.

Biasanya tekanan eksternal harus bisa di antisipasi dan juga di lawan oleh tekanan internal. Contoh tekanan eksternal adalah saat ini anda harus membuat yang namanya video marketing dan tekanan internalnya adalah anak buah anda atau team anda tidak kompeten. Efek dari kasus itu adalah market sudah menuntut bahwa video marketing itu penting sekali tapi ternyata internal anda tidak kompeten, ini yang disebut Force Field.

Adanya saling menekan sehingga akan mengalami problem seperti profit turun. Kenapa bisa terjadi seperti itu? karena anda tidak bisa menghadapi perubahan yang ada. contoh lain diluar sana sudah banyak kompetitor dan harus meningkatkan budget marketing tapi ternyata bisnis anda sudah punya banyak hutang.

Biaya anda sudah tinggi dan tidak punya budget lagi untuk marketing nah ini namanya Force Field. Agar bisa terbebas dari problem ini solusinya anda harus melakukan transformasi atau perubahan. Kasus diatas bisa kita pelajari bersama-sama agar bisa mengatasi Force Field tersebut. Jika anda tidak mau melakukan transformasi atau perubahan dan anda tidak mau bergerak maka akan terjadi Status Quo.

BACA JUGA :CARA BERPIKIR SEHAT DALAM BISNIS

Cara Pemilik usaha Agar Bisnisnya Sehat dan Maju

Tekanan yang makin hari makin besar dan juga memaksa anda untuk berubah sehingga muncul pertanyaan apa yang harus anda lakukan sebagai seorang bisnis owner? Yang harus dilakukan adalah :

     1. Upgrade Diri Sendiri

Salah satu hal yang bisa membawa anda pada kesuksesan adalah rasa tidak pernah puas terhadap kemampuan yang dimiliki. Seorang pebisnis juga demikian, banyak hal yang bisa di upgrade pada diri sendiri untuk mengasah kemampuan. Upgrade diri itu bisa diartikan memperluas pengetahuan dengan cara banyak membaca buku, mendengarkan audio book, dan juga nonton video motivasi sehingga bisa meng-upgrade pikiran-pikiran anda.

Selain itu anda juga bisa bertemu dengan mentor-mentor yang sudah berpengalaman atau ikutilah workshop seminar yang bisa membuat anda membuka pikiran agar menjadi sukses. Seperti diketahui buku adalah jembatan ilmu, dengan membaca anda akan banyak pengetahuan dan semakin berwawasan.

Nah dari wawasan dan pengetahuan itu maka anda akan meningkatkan kepercayaan diri. Tetapi perlu diingat juga untuk bisa menjadi sukses terkadang pebisnis juga mengalami kegagalan, nah hal itu juga bisa anda jadikan motivasi untuk meng-upgrade diri agar tidak terjadi kegagalan. Upgrade lah diri anda sehingga menciptakan kemampuan dan sukses.

TONTON VIDEO INI : CARA MENGGUNAKAN FORCE FIELD ANALYSIS UNTUK BISNIS

     2. Upgrade Team

Yang kedua adalah meng-upgrade tim anda. Sebelumnya mari artikan kata tim kerja terlebih dahulu, tim kerja adalah perkumpulan dua orang atau lebih yang berinteraksi untuk berbagi informasi dan membantu akan pembuatan keputusan diwilayah tanggung jawab masing-masing. Anda mengajarkan tim kerja untuk berkoordinasi dalam menghadapi Force Field sampai bisa berubah. Selain itu anda harus memberikan ilmu, teknik serta strategi baru dan juga tips-tips kerja yang lebih profesional.

Perusahaan yang memiliki tenaga kerja yang produktif, berkualitas dan efektif merupakan salah satu keunggulan dalam menghadapi persaingan bisnis.  Tim kerja yang berkualitas dapat dilihat pada saat menghadapi tantangan. Dengan meng-upgrade tim kerja anda maka membuat perusahaan lebih gesit, lebih flexibel dan lebih tanggap dalam menghadapi suatu tantangan atau masalah dan persaingan.

     3. Upgrade Sistem

Yang ketiga upgrade sistem kerja di perusahaan anda untuk menciptakan hasil yang lebih maksimal. Sistem ini merupakan susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Seperti yang didefinisikan oleh L James Havery, menurutnya Sistem merupakan sebuah prosedur yang rasional dan logis guna merancang sebuah rangkaian dari dari komponen yang berkaitan antara satu dengan komponen yang lainnya dan memiliki maksud dan fungsi sebagai sebuah kesatuan didalam usaha memperoleh sebuah tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Upgrade sistem ini contohnya pada teknologi yang digunakan pada perusahaan anda. Misalnya upgrade sistem teknologi yaitu upgrade sistem operasinya, upgrade hardware dari teknologinya, dan upgrade software serta aplikasinya. Jadi upgrade lah sistem anda agar menjadi lebih baik dan bisa meningkatkan produktifitas kerja.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : BAGAIMANA CARA MENGANALISA SITUASI

3 hal yang harus anda upgrade dalam Force Field Analysis ini sangat bagus kalau dilakukan bersama-sama dengan tim. Anda berbicara kepada tim apa sebetulnya yang jadi masalah dengan bisnis anda, kenapa bisnisnya tidak berkembang? Kenapa anda tidak bisa meningkatkan penjualan?

Pastikan tekanan dari luar yang menuntut anda itu apa? Dan tekanan dari dalam yang membuat anda tidak bisa berubah itu juga apa? Lalu anda lakukan 3 upgrade tersebut. Ini adalah salah satu management teknik yang paling terkenal dan 3 hal ini akan membantu bisnis anda menjadi lebih sehat, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-12-23T15:18:35+07:00December 23rd, 2019|Coaching|0 Comments