CARA MENGATASI STRESS DALAM BISNIS

//CARA MENGATASI STRESS DALAM BISNIS

CARA MENGATASI STRESS DALAM BISNIS

Stress merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Stress terjadi ketika tuntutan lebih besar dari pada kemampuan, tuntutan atau tekanan tersebut bisa disebabkan dari dalam diri atau luar. Banyak orang salah persepsi tentang stress, sehingga mereka meresponnya menjadi sesuatu hal yang negatif. Misalnya pada saat stress saya jadi makan berlebihan atau karena stress jadi kehilangan nafsu makan.

Bisa juga karena stress akhirnya jadi marah-marah, menangis bahkan ada yang mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang. Padahal tidak semua stress itu buruk, tetapi ada juga stress yang baik. Ada 2 kategori stress yaitu good stress dan bad stress. Bad stress itu yang kita kenal sebagai suatu masalah kesehatan yang harus kita hindari, stress ini tidak terkontrol karena memberi tekanan berlebih di kejiwaan seseorang. Good stress ini membantu tubuh agar siap menghadapi bahaya, bersifat jangka pendek dan tidak terlalu membebani pikiran. Contohnya terjebak macet, gelisah karena ingin presentasi.

  1. Pertama tekanan darah anda akan meningkat sehingga denyut nadi anda akan meningkat 
  2. Pernafasan anda akan jauh lebih cepat 
  3. Sistem pencernaan melambat mengakibatkan kekebalan tubuh anda menurun
  4. Otot anda menjadi tegang dan biasanya kewaspadaan anda menjadi lebih tinggi  
  5. Adrenalin anda menjadi lebih naik efeknya jadi susah tidur

Stress bisa dialami oleh siapapun termasuk para pelaku bisnis. Seorang pelaku bisnis tentunya dihadapkan dengan berbagai macam persoalan. Mungkin bagi pebisnis yang sudah berpengalaman itu hal yang biasa tapi untuk pemula stress itu bisa berakibat fatal pada bisnisnya. Supaya tidak stress dalam bekerja, harus ada cara atau teknik agar bisa menyiapkan diri dalam menghadapi stress. Berikut beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk membuat hidup anda bebas dari stress, yaitu :

BACA JUGA :7 MENTAL YANG PASTI MEMBUAT ANDA MENDERITA

1. Olahraga

“ Didalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat “ peribahasa ini sangat cocok sebagai kiasan. Olahraga selain baik untuk kesehatan tubuh juga baik untuk kesehatan jiwa. Olahraga bisa membantu anda untuk membuat pernafasan anda lebih lega. Hal itu dikarenakan rongga dada anda menjadi lebih besar maka udara yang masuk akan lebih banyak. Pikiran anda juga akan lebih jernih. Olahraga juga bisa melepaskan hormon Endorphin dan Serotonin, yaitu hormon yang berkaitan dengan rasa senang. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Jadi lakukan olahraga kegemaran anda supaya tidak stress dalam bekerja ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

2. Hindari Alkohol

Beberapa orang yang sedih, stress dan tidak memiliki siapapun untuk mengadukan masalah biasanya akan berpikir untuk meminum alkohol menjadi jalan terbaik. Tapi sadarkah anda dengan meminum alkohol stress anda akan hilang hanya sesaat dan akan muncul kembali bahkan lebih besar dari semula. Akan jauh lebih baik jika anda melakukan hal-hal yang positif guna melupakan masalah yang berat. Hindari minum-minuman yang menghilangkan kesadaran anda atau mengurangi kesadaran anda. lebih baik anda melakukan lebih banyak aktifitas atau makan makanan yang meningkatkan kesadaran.

3. Perbanyak Konsumsi Nutrisi

Stress sering kali dikaitkan dengan berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan, seperti darah tinggi, depresi, sampai gangguan jantung. Kondisi semacam ini bisa terjadi pada orang-orang yang tidak bisa mengontrol dan mengatasi stress dengan baik. Salah satu metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress adalah melalui pola asupan makanan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik. 

Nutrisi pada makanan anda itu sangat penting, jangan sampai anda lelah kemudian anda kekurangan vitamin atau daya tahan tubuh. Contohnya makanan yang mengundung nutrisi dan mencegah stress yaitu Madu, coklat, kacang, dan lain-lain. Makanan yang sehat itu penting sekali untuk membuat daya tahan tubuh anda kuat. Sehingga saat anda menghadapi masalah, psikis anda bisa lebih tenang dalam menghadapinya.

4. Tentukan Prioritas

Pada hakikatnya orang atau manusia adalah makhuk yang pasti menginginkan dan membutuhkan sesuatu. Kebutuhan manusia sangatlah beragam dan sifatnya tidak terbatas, namun alat untuk memenuhi kebutuhan itu terbatas. Jadi orang harus memutuskan atau menentukan sebuah pilihan yang sesuai dengan kebutuhan hidup. Begitu pula pada saat anda mengalami stress, anda harus bisa memilih hal-hal apa yang harus anda prioritaskan terlebih dahulu.

Karena kalau anda tidak memprioritaskan kebutuhan anda akan membuat anda tidak bisa lebih sukses. dalam menentukan prioritas ini bertujuan supaya anda bisa tenang, bisa menyelesaikan masalah satu demi satu. Mungkin anda memprioritaskan hal-hal yang penting dulu atau hal yang mudah dulu, dari semua pilihan anda setelah itu selesai anda bisa menjalankan yang lain.

5. Time Management

Di era kompetisi bisnis yang semakin dinamis dan penuh tantangan, tidak semua orang mampu menyelaraskan diri dalam kehidupan yang penuh rutinitas tinggi. Anda di tuntut untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan tepat waktu. Bagi anda yang tidak mampu mengatasinya maka akan berada pada situasi tertekan dan mengkibatkan stress. Anda harus bisa mengatasi kejenuhan rutinitas, anda harus pandai mengatur aktifitas agar tidak membosankan dan bisa menciptakan nuansa baru. Maka dibutuhkan Time Management untuk membantu anda mengelola prioritas anda menjadi lebih terukur. Time Management juga penting untuk menciptakan sinergi antara perencanaan dengan hasil.

6. Nafas

Untuk hal ini bisa dipelajari Ade Rai yang mengatakan “apapun yang anda lakukan sebetulnya ada hal penting yang kita tidak pernah sadari yaitu nafas”. Ketika anda bernafas sadarkah anda, apakah sedang mengambil nafas labih panjang atau mengambil nafas lebih pendek? Bila anda yang mengambil nafas lebih panjang maka akan lebih memiliki ketenangan dalam berpikir. Kalau nafas anda pendek maka pikiran anda pun akan pendek. Jadi tarik nafas panjang itu akan menenangkan anda dari stress.

TONTON VIDEO INI : 10 CARA MENGATASI STRESS DALAM BISNIS

7. Cari Temen Curhat

Disaat orang sedang stress maka suasana hatinya sedang buruk, dan biasanya akan mencari teman untuk bisa curhat. Contohnya saya sering sekali punya klien datang lalu kemudian ngobrol atau curhat, mereka tidak mau di coaching, mereka hanya mau ngobrol. Biasanya hal ini terjadi pada perempuan, seperti yang dikatakan Daniel Goelman dalam bukunya Social Intelligence bahwa dibawah stress otak perempuan mengeluarkan oksitosin lebih banyak dari pada pria.

Ternyata obrolan atau curhat itu bisa membuat orang keluar unek-unek, membuat pikirannya lebih jernih dan akhirnya bebannya bisa lebih terangkat. Ada sisi positifnya pada saat teman anda curhat biasanya akan muncul ide-ide baru sehingga akhirnya bisa mengatur prioritas, bisa membuat time management dan bisa melakukan perencanaan yang lebih baik lagi.

8. Kenali Tanda-Tanda Penyebab Stress

Kita sering kali dan setiap hari menghadapi stress, sebagai bagian dalam hidup stress merupakan hal yang rumit dan kompleks. Sebenarnya stress akan lebih mudah diatasi kalau anda mengenali tanda penyebab stress tersebut. Yang menyebabkan anda stress atau tanda-tanda anda sedang stress harus bisa dibedakan. Apakah anda sedang stress  atau anda sedang excited? Contohnya ada orang mau naik panggung tubuhnya gemeteran, dadanya dag dig dug lalu kemudian orang itu mengatakan “saya stress nih”. Ada juga pemain band yang mengatakan “aduh gue stress nih bisa nggak yah?” sambil tangannya berkeringat, “gue excited nih, gue happy nih, gue seneng banget”.  adi apa bedanya antara stress dengan excited? tanda-tandanya sama jangan-jangan anda sedang excited bukan sedang stress.

9. Mengenali Sumber Stress

Sumber stress dapat berubah-ubah, sejalan dengan perkembangan manusia. Kondisi stress juga dapat terjadi disepanjang kehidupan manusia. Sumber stress ini bisa berbentuk fisik seperti polusi udara dan juga berkaitan dengan lingkungan sosial. Ada orang yang sumber stressnya adalah karena pekerjaan, ada yang bersumber dari rumah atau juga sumber stressnya adalah jalan raya dan sumber stressnya adalah diri sendiri. Anda harus kenali sumber stressnya agar lebih cepat ditangani.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : MENTALITAS SEORANG LEADER

10. Mengenali Distresser

Distres adalah rasa sakit atau penderitaan yang mempengaruhi tubuh, bagian tubuh dan pikiran. Kalau Distresser ini merupakan teknik atau cara untuk meringankan stress. Contohnya pada saat anda stress, pernah tidak anda melakukan sesuatu yang membuat lebih ringan stressnya yang tadinya ternyata berat kalau saya melakukan hal ini saya jadi tenang.

Nah kenali teknik distresser anda atau cara mencairkan stress anda sehingga anda bisa memiliki yang namanya amunisi pada saat anda stress. Untuk melengkapi cara mengatasi stress tersebut jangan lupa membangun yang namanya network atau support system dari keluarga, teman, coach, mentor, consultant yang bisa mendukung anda dengan cara yang lebih positif.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-12-20T12:14:59+07:00December 20th, 2019|Coaching|0 Comments