Cara berpikir sehat dalam bisnis

//Cara berpikir sehat dalam bisnis

Cara berpikir sehat dalam bisnis

Clear thinking pada bisnis itu sangat-sangat penting, clear thinking membantu kita memutuskan untuk lebih jernih, clear thinking ini memberikan kita juga sebuah pandangan lebih jauh dari apa yang kita lihat di depan mata itu yang kita sebut visioner. Orang-orang yang visioner adalah  yang memiliki (clear thinking) cara berpikir yang jerih.

Seorang leader yang visioner biasanya cenderung berpikir kreatif demi masa depan perusahaan yang ia pimpin. Kemampuan ini tentu saja didapatkan melalui berbagai proses pembelajaran dan juga pengalaman, baik itu secara pendidikan formal maupun informal.

Baca Juga : Waspada! 4 Keyakinan ini bisa Menghambat Kesuksesan Bisnis Anda

clear-thinking

Memiliki prediksi tidak hanya berdasarkan logika dan rasio dari berbagai data tetapi juga memiliki “intuisi” dari inner sense yang menuntut kepada keputusan yang cepat dalam kondisi tertentu.

Ada seorang Business Owner melihat ada seorang anak muda yang lusuh tidak memiliki apa-apa, tidak terlihat hebat tapi biasa saja. Tapi kemudian diajak kerja sama, dibina, dibangun, diajak untuk berbisnis, didik lalu kemudian mulai keluar sinar-sinarnya, mulai keluar energinya dari anak muda tersebut.

Dengarkan dan Download : Mencintai Pekerjaan

Dan yang menarik adalah makin banyak orang yang berpikir kok kamu bisa melihat anak muda itu punya “potensi” atau tidaknya. Kemampuan seperti Itu dilahirkan dari clear thinking jadi cara berpikir yang sangat susah diajarkan.

Untuk bisnis kita boleh belajar keuangan, kita boleh belajar marketing, kita bisa belajar produksi tapi kita bisa salah atau gagal kalau tidak mempunyai kemampuan clear thinking. Saya akan berbagi Strategi untuk dilakukan supaya Anda bisa punya kemampuan clear thinking.

Clear thinking ini tidak bisa di ajari karena kita yang harus punya kesadaran diri sendiri tapi kita bisa membawa diri kita untuk memiliki kemampuan clear thinking yang lebih lagi. Mari kita lanjut ke strategy clear thinking. Saya mengajak Anda untuk berpikir besar untuk merangsang kemampuan clear thinking.

Kita harus berpikir besar apa yang dimaksud berpikir besar. Artinya Anda harus punya visi besar. Visi besar adalah  harapan atau attention Anda. Berpikir besar itu seperti ini Anda harus memiliki self confident atau rasa percaya diri bahwa masalah yang Anda hadapi lebih kecil dari kemampuan.  Ada 3 tips untuk merangsang Anda untuk berpikir besar:

1. Anda lebih besar dari masalah Anda

Tips  yang pertama yaitu Anda harus lebih besar dari masalah itu. Anda  harus merasa semua problem yang Anda alami  lebih kecil dari kapasitas Anda. Contohnya: saya punya masalah penjualan kalau Anda merasa masalah penjualan itu lebih besar dari kapasitas Anda, Anda merasa drop dan itu yang disebut berpikir kecil.

Kalau Anda merasa bahwa kapasitas Anda lebih besar dari masalah penjualan Anda kalau belum ketemu solusinya ada akan cari sampai ketemu.

problems

2. Setiap masalah sudah ada solusinya

Tips yang kedua Anda harus yakin solusinya sudah ada diluar sana. Untuk berpikir besar adalah bahwa apapun masalahnya pasti ada solusinya dan di luar sana tidak ada masalah yang tidak ada solusi setuju atau tidak? Tidak ada masalah yang tidak ada solusi, semua masalah pasti ada solusinya kalaupun anda belum tahu solusinya orang lain pasti sudah tahu solusinya.

Jika jalan yang satu buntu untuk menemukan solusi, cari jalan keluar dari arah lain. Semakin banyak kita cari jalan keluar dari berbagai sudut pandang maka akan semakin mudah pula bagi kita untuk menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan perkara.

Ada kalanya kita tidak mampu untuk menyelesaikan masalah kita sendirian, untuk itu kita perlu bantuan orang lain untuk meringankan beban kita dan membantu kita untuk menemukan solusinya. Karena setiap orang memiliki cara berpikir yang unik dan berbeda, maka siapa tahu orang yang kita minta pendapat bisa memberikan solusinya untuk masalah kita.

Kika kita kurang paham tentang masalah yang ada, tanyakan dan diskusikan dengan orang yang ahli dibidangnya agar kita bisa mendapatkan pemahaman yang benar dan bisa segera menyelesaikannya.

Baca Juga : 6 Rahasia Membangun Teamwork yang Disegani Kompetitor

every-problem

3. Masalah akan membuat Anda lebih besar (hebat)

Tips  yang ketiga Anda harus confident dan yakin apapun masalahnya tujuan besar dari masalah terjadi untuk membuat Anda lebih besar. That’s  berpikir besar jadi tujuan masalah adalah semakin membuat Anda lebih besar (hebat) lagi bukan membuat Anda menjadi lebih kecil. Anda memiliki confident untuk mengatasi masalah. Anda akan berhenti sampai ketemu the right solution tanamkan itu dalam pikiran Anda.

Alihkan perhatian Anda kepada penyelesaian masalah untuk mengurangi kecenderungan emosi-emosi yang tidak produktif seperti rasa bersalah dan kegelisahan, yang dapat menghambat kemampuan dan kapabilitas penyelesaian masalah Anda.

Mungkin pernah suatu ketika merasa bahwa Anda kurang mampu menyelesaikan tugas sehingga timbul rasa kurang percaya diri serta membuat kamu merasa tidak memiliki kapasitas di problem solver. Hal ini banyak sekali dialami, bahkan menjadi tantangan tersendiri dalam diri setiap karyawan.

self-confidence

Kalau  kebanyakan orang diluar sana jika mempunyai masalah lalu menciut dan merasa masalah itu lebih besar dari mereka hal ini salah, ketika merasa kecil dari masalah anda, itu yang akan membuat pikiran Anda terganggu dan tidak bisa jernih yang akhirnya mencoba membuat hal-hal yang sifatnya tidak logis, tidak realistis dan terburu-buru.

Dengarkan dan Download : Menjadi Pemenang disaat Sulit

Clear  thinking akan membuat bisnis Anda menjadi luar biasa. Selalu ingat 3 tips agar bisa berpikir besar kalau Anda mengadapi masalah. Semoga bermanfaat.

 

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan. 

By |2019-07-01T17:31:34+07:00April 12th, 2019|Leadership|0 Comments