Business Planing adalah Tonggak Awal Kesuksesan Bisnis

Sebelum menjalankan suatu bisnis, perlu dibuat business planing terlebih dahulu. Business planning adalah gambaran tertulis yang harus dibuat oleh setiap wirausahawan, mengenai rencana bisnis yang akan mereka jalankan. Adanya business planing, akan membantu Anda dalam mengambil langkah yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Business planning menunjukkan adanya keyakinan Anda dalam menjalankan suatu bisnis untuk mencapai kesuksesan. Pembuatan business planing dilakukan dalam jangka pendek dan jangka panjang sebagai patokan dalam mencapai target. Sehingga bisnis akan tetap berjalan dalam waktu yang relatif lama.

Pembuatan business planning adalah sebagai alat yang membantu dalam memberikan informasi kepada calon investor maupun pelanggan mengenai gambaran bisnis Anda. Business planning harus dibuat secara rinci dan jelas, agar calon investor dan pelanggan mengerti betul tentang tujuan bisnis Anda. Sehingga diharapkan akan membuat mereka untuk tertarik bergabung dengan bisnis Anda.

Rencana bisnis yang telah tercantum dalam business planing, akan membantu Anda dalam mengambil langkah yang tepat untuk bisnis yang Anda jalankan. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis, karena Anda mengetahui langkah dalam menghadapi setiap hambatan. Business planning ini juga akan mempermudah Anda dalam melakukan pengawasan terhadap proses operasional bisnis.

Isi dalam pembuatan dokumen business planning meliputi halaman judul. Anda harus menentukan judul yang tepat, agar mampu menarik calon investor. Selanjutnya, berisi juga tentang ringkasan latar belakang bisnis. Hal ini menggambarkan apa yang melatarbelakangi Anda dalam membuat bisnis ini. Kemudian, deskripsikan tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Deskripsikan secara jelas dan rinci, agar memudahkan calon investor untuk memahaminya.

Business planning juga berisi tentang deskripsi pasar yang akan dicapai. Hal itu menunjukkan bahwa Anda memahami betul mengenai target pasar yang menjadi tujuan bisnis. Deskripsi mengenai produk juga perlu dijelaskan. Hal ini merupakan bagian yang sangat penting, karena produk sebagai hasil dari bisnis Anda yang akan membuat bisnis Anda dikenal oleh konsumen.

Tuliskan juga mengenai susunan kepengurusan. Hal ini akan mempermudah untuk mengetahui pihak-pihak mana saja yang bertanggung jawab pada setiap kegiatan bisnis yang dilakukan. Selanjutnya, tuliskan gambaran keuangan dalam bisnis. Hal ini menunjukkan jumlah anggaran yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan bisnis. Berikan juga beberapa lampiran yang diperlukan untuk meyakinkan tercapainya business planning ini.

Sering kali business planning mengalami kegagalan. Penyebab kegagalan dalam business planning adalah penetapan tujuan yang kurang tepat. Kadang kala tujuan yang ditetapkan kurang masuk akan, sehingga mempersulit bisnis dalam mencapainya. Kegagalan juga sering dialami oleh pengusaha yang kurang berpengalaman dalam membuat business planning.

Ketidakmampuan pengusaha dalam memahami setiap ancaman yang ada dalam bisnisnya, juga sering kali menyebabkan kegagalan. Oleh sebab itu, dalam pembuatan business planing, pengusaha harus paham terhadap kelemahan bisnisnya dan juga ancaman-ancaman yang akan datang nantinya. Produk yang tidak sesuai dengan konsumen menjadi salah satu penyebab kegagalan juga. Oleh karena itu, dalam menghasilkan produk wajib mengetahui kondisi pasar terlebih dahulu.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan business planning adalah nama bisnis/ perusahaan yang akan dijalankan. Hal ini merupakan hal paling mendasar dan wajib untuk dipertimbangkan. Nama yang dicantumkan harus mudah dibaca, mudah diingat, dan mempunyai keterkaitan dengan produk yang dihasilkan. Penentuan lokasi juga harus diperhatikan, akan ini menyangkut kemudahan konsumen dalam mengakses produk kita.

Produk yang akan dihasilkan juga harus sangat diperhatikan. Selain minat pemilik usaha terhadap jenis produk, minat konsumen juga harus diperhatikan. Produk yang dihasilkan harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu Anda juga perlu menganalisa calon konsumen yang menjadi target bisnis Anda. Keadaan pasar juga harus dipahami, pesaing maupun hambatan yang akan terjadi.

Tentukan juga partner yang akan diajak untuk bekerja sama. Pilih orang-orang yang mampu dipercaya untuk menjalankan bisnis ini. Selanjutnya, menentukan jumlah modal dan fasilitas yang diperlukan. Anda juga harus memperhatikan cara penyebaran promosi dan menentukan strategi harga agar tidak kalah dipasaran.

Jika Anda ingin mengetahui Business tools apa saja yang akan Anda gunakan untuk meningkatkan profit, sales, efisiensi, dan ekspansi dan lain-lain, Anda dapat klik link ini : http://topcoachindonesia.com/business-coaching/business-tools/

Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *