Bitcoin Crash 2018

//Bitcoin Crash 2018

Bitcoin Crash 2018

Kehadiran cryptocurrency kini mulai merambah hingga ke seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Saat ini sudah ada sekitar lebih dari 800-an jenis cryptocurrency yang beredar.

Kehadiran mata uang digital ini perlahan disambut oleh para spekulan.

Salah satu jenis cryptocurrency yang paling banyak dikenal dan diminati saat ini adalah Bitcoin. Mata uang ini dikembangkan oleh orang Jepang bernama Satoshi Nakamoto pada 2009.

Sekarang, nilai kapitalisasi pasar Bitcoin mencapai sekitar Rp 3.357 triliun (per 4 Januari 2018).

Selain Bitcoin, cryptocurrency lain yang udah banyak diminati juga antara lain Ripple dengan kapitalisasi pasar Rp 1.879 triliun, Ethereum Rp 1.248 triliun, Cardano Rp 429 triliun, dan banyak lagi.

Lalu dari tim bitcoin Indonesia ini memberikan beberapa update tentang apa yang terjadi dengan bitcoin di Indonesia, dan ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk ke saya, tentang apakah? bitcoin akan crash di tahun 2018.

Sebelum kita bicara crash atau tidak crash, saya akan memberikan penjelasan apa itu mata uang, mata uang adalah alat tukar resmi mata uang adalah alat tukar resmi.

Yang menjadi masalah dengan bitcoin ketika Bitcoin dijadikan mata uang digital yang sifatnya adalah belum resmi di beberapa negara.

China pernah meresmikan, dan mengakui bitcoin sebagai alat transaksi, tetapi sekarang di pull out/ditutup.

Di Indonesia bitcoin.co.id masuk kemudian mulai mengedukasi pasar, kemudian banyak sekali orang yang sudah bertransaksi bitcoin.co.id, bahkan sudah ada banyak listing, currency line selain dari bitcoin, jadi bitcoin itu bukan satu satunya criptocurrency dia yang pertama atau bisa jadi dia adalah pendahulu yang juga mengunakan blockchain.

Baca Juga : 3 INVESTASI MISTERIUS YANG BIKIN ANDA KAYA ALA “LI KA-SHING”

Tetapi ada criptocurrency lain seperti Iota, ETH, Dogecoin, TEN dan lain-lain sebagainya. Mengapa sebuah currency bisa diakui? Anda bisa lihat uang yang andai pakai sekarang adalah sebuah kertas yang tidak ada nilainya kalau anda bicara uangnya, uangnya ini tidak ada nilainya, tapi kenapa bisa dipakai sebagai transaksi? Karena kita menaruh sebuah kepercayaan, sebuah kepercayaan kepada uang tersebut atau kepada central bank yaitu Bank Indonesia kalau di Amerika itu Federal Reserve atau The Fed. Percaya kepada Federal Reserve dan percaya dengan aturan main mereka sehingga kita mengunakan uang itu sebagai alat transaksi.

federal
Jadi kalau 1 Dollar sama dengan 1 dollar, kalau 1 Rupiah sama dengan 1 Rupiah, itu namanya trush kenapa kita bisa trush ? kenapa kita bisa percaya ? pertama karena stabilitas, yang kedua karena prediktabel,  stabil dan bisa diprediksi, pertanyaanya sekarang, apakah bitcoin stabil? apakah bitcoin bisa diprediksi? ini adalah sangat-sangat samar sekali, jadi belum ada meyakinkan bahwa bitcoin akan stabil satu minggu yang lalu hari ini satu bitcoin 239 Juta hari ini transaksi, tapi hari ini saya transaksi bitcoin saya dapat keuntungan, saya dapat margin keuntungan.

Saya tidak beli Bitcoin, tapi saya beli Bitcoin Cash. Bitcoin Cash baru muncul pada 1 Agustus 2017. Dan yang menarik dari Bitcoin Cash adalah proses kemunculannya.

Bitcoin Cash muncul setelah melalui proses hard fork pada jaringan Bitcoin. ini adalah fork-nya atau cabangnya, cabang dari bitcoin. Bitcoinnya masih sangat-sangat luar biasa, 1 bitcoin cashnya 1 bitcoin cash 23 juta delapan ratus.

Tadi saya beli 23.751.000 saya jual 23.899.000, jadi langsung untung. Pertanyaannya apakah bisa terjadi crash? mengapa terjadi crash ? kalau dalam dunia saham, crash bisa terjadi ketika ada yang namanya rush atau penjualan besar-besaran yang menjadi masalah adalah di bitcoin ini jika terjadi penjualan besar-besaran pasti akan terjadi crash atau jika negara di seluruh dunia.

Bitcoin

Mereka melarang transaksi money changer bitcoin, maka terjadilah bitcoin crash tapi sempat terjadi satu namanya pencurian, sempat terjadi 70 juta USD bitcoin lenyap ya, di amerika, baru aja terjadi hal ini sangat-sangat mengkhawatirkan banyak orang apa kesimpulan sharing kita hari ini, kesimpulan yang pertama adalah bitcoin masih sangat-sangat labil.

Dan belum benar-benar bisa menjadi alat tukar yang Stabil kalau anda mengharapkan ini menjadi alat tukar tetapi, jika anda melihat ini sebagai sebuah opportunity, investasi bitcoin masih punya perjalanan panjang 10 tahun kedepan masih punya perjalanan panjang,

Kenapa? karena jumlah orang yang mengerti dan memahami bitcoin masih terlalu sedikit yang kedua kenapa masih bisa bertahan 5 – 10 tahun kedepan sudah ada beberapa negara yang mengunakan bitcoin sebagai alat transaksi contohnya negara-negara seperti jepang.

Di jepang anda bisa beli kain dengan bitcoin, anda bisa beli es cream dengan bitcoin, anda bisa ke pasar, lalu anda tunjukkan scanner anda, barcode anda, bisa transaksi disana, di Amerika anda pergi ke new york anda mau bayar sekolah misalnya anda bayar TK bisa pake bitcoin.

Di  China yang menarik, china pernah memberikan peluang untuk bitcoin dan membuka bitcoin untuk bisa di transaksikan di china.

Tapi sekarang sudah ditutup, why? karena china akan membuka criptocurrency mereka sendiri.

Keputusannya ada di tangan anda, bitcoin tidak ada backup apa-apa, satu-satunya backup dari bitcoin adalah blockchainnya, yaitu buku cash digital mereka, atau digital ledger, digital ledger inilah yang membuat bitcoin sangat-sangat sangat powerful, Tetapi kedepannya seperti apa jika terjadi crush, hilang kepercayaan dan stabilitasnya sangat-sangat rendah, maka orang khawatir akan penjualan besar-besaran bitcoin.

Semoga bermanfaat saya percaya anda bisa mengambil keputusan sendiri untuk investasi anda.

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan

By |2019-02-08T15:36:57+00:00February 8th, 2019|Finance|0 Comments
Translate »