BISNIS SUKSES PAKAI PESUGIHAN

//BISNIS SUKSES PAKAI PESUGIHAN

BISNIS SUKSES PAKAI PESUGIHAN

Bisnis kuliner yang hits semakin marak, hal tersebut dibuktikan dengan adanya komunitas pecinta kuliner, video youtube traveling kuliner dan banyak lagi yang lain. Sekarang kita bisa menemukan berbagai bisnis kuliner yang hits dan unik, baik dari penyajian atau bahan dasar sampai ke cara makannya. Banyak kalangan artis yang menggeluti bisnis kuliner ini, mereka memanfaatkan nama kepopulerannya untuk bisa sukses. Namun menjalankan bisnis kuliner ini bukan hal yang mudah karena pasti ada saja kendalanya.

Kendala utama biasanya persaingan bisnis kuliner akan ketat, tapi bukan hanya itu ada juga kendala yang sangat hebat yaitu issue tentang pesugihan. Tentunya pesugihan ini sering dikaitkan dengan bisnis kuliner. Kata pesugihan tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia, kata pesugihan itu sendiri mempunyai arti yaitu suatu cara untuk memperoleh kekayaan secara instan tanpa harus bekerja keras layaknya orang bekerja pada umumnya. Baru-baru ini dunia infotainment Indonesia diramaikan tentang issue pesugihan, muncul trending video tentang Ruben Onsu yang di katakan bahwa bisnis kulinernya yang hits dan sukses itu menggunakan pesugihan.

Dalam video itu terlihat Ruben Onsu sangat marah karena ada satu akun yang mengintepretasikan pembahasan Roy Kyosi dan Robby Purba tentang restoran-restoran yang menggunakan pesugihan dan berinisial “R”. Inisial “R” ini di interpretasikan sebagai nama artis Ruben Onsu. Terang saja Ruben tidak terima dengan unggahan akun orang tersebut. Yang akhirnya berakhir pada pelaporan Ruben ke kepolisian. Pertanyaannya apakah bisa dibuktikan tuduhan pesugihan itu dibisnis kulinernya Ruben Onsu? Kembali ke masalah pesugihan yah, seperti diketahui bahwa pesugihan itu adalah hal yang mistis dan merupakan perbuatan yang menyimpang dari ajaran agama. Jadi tidak boleh di pelajari apalagi menjalani pesugihan itu.

BACA JUGA :5 LANGKAH PENTING AGAR BISNIS ANDA SUKSES

Apakah six sense dan fengshui termasuk dalam kategori pesugihan???

Apakah anda pernah mendengar istilah six sense atau indera ke 6? Biasanya orang-orang yang memiliki six sence ini seolah bisa merasakan atau melihat kejadian yang belum terjadi. Saya memiliki teman yang memiliki indera ke 6 ini lalu dia sering kali mengingatkan saya, atau orang-orang terdekatnya ketika akan terjadi sesuatu. Suatu hari dia mengatakan ke saya untuk jangan naik motor dalam minggu-minggu ini, lalu saya bertanya kenapa? Karena saya kemana-mana naik motor, dia tidak mengatakan alasannya. Benar saja pada hari kamis diminggu itu saya tabrakan kaki saya patah.

Tidak hanya itu pernah ada seorang tukang bakso yang tadinya jualannya biasa saja malah cenderung sepi, lalu minta bantuan dengan teman saya untuk membuat ramai usahanya. Kemudian teman saya bilang untuk masukkan saja celana dalam ke kuah baksonya. Saya pikir itu tidak serius atau bercanda, dalam beberapa hari hal itu benar-benar terjadi, jualannya jadi ramai. Sampai saya menegaskan ke teman saya itu apakah itu serius atau bercanda? Dari cerita saya itu apakah termasuk dalam kategori sebuah pesugihan ?

Kalau menurut saya bukan, karena sebetulnya keyakinan pengusaha itu sendiri yang membuat jualannya jadi ramai, jadi keyakinan itu yang menjadi faktor kesuksesannya. Sama seperti halnya tentang fengshui, ada sebuah kantor yang meminta ahli fengshui untuk melihat peruntungannya baik dari tata letak atau yang lain. Apakah fengshui juga disebut pesugihan? Jadi pesugihan ini sangat-sangat AMBIGU sekali, artinya tidak ada pakem atau bukti kongkrit bahwa orang menggunakan pesugihan atau tidak. Seperti yang disebut diatas tadi bahwa hal itu merupakan hal yang gaib jadi tidak bisa untuk dibuktikan kebenarannya.

Karena macam-macam pesugihan itu juga bisa beragam, mulai dari perubahan menjadi binatang sampai makhluk gaib seperti hantu, dedemit, gendoruwo atau jin. Ada yang bilang kalau mau lihat bisnis itu ada pakai pesugihan atau nggak, lihat saja ciri-cirinya. Ini yang membuat kita bertambah bingung karena belum tentu benar atau issue. bahkan ciri-cirinya itu ada kamar khusus yang tidak ada yang boleh masuk kecuali yang punya.

TONTON VIDEO INI : PAKAI PESUGIHAN? ADA BUKTI? APA PANDANGAN PRAKTISI BISNIS?

Lalu ada lagi cirinya yaitu kolam isinya buaya. Ini menjadi tidak masuk akal, atau selalu ada tumbal setiap berapa lama pasti ada yang meninggal keluarga, teman dekat atau orang yang disayang. Kita kembali ke logic business bisnis, bisnis itu bergantung dari ownernya. Pada saat orang diinstruksikan untuk memasang sebuah benda agar usahanya tambah ramai, yang jadi pertanyaannya apakah patung itu yang membuat ramai atau kepercayaan diri anda yang membuat ramai? 

Ada 7 hal yang bisa dilakukan orang agar usahanya sukses tanpa ada unsur mistis, hal tersebut adalah:

1. Self Confident (Kepercayaan Diri)

Ada satu pepatah yang mengatakan success birth success (sukses melahirkan kesuksesan), kalau saya menghargai atau mensyukuri 1 customer datang ke toko saya . Contohnya anda diinstruksikan anda untuk meletakkan gelas di depan meja. Kalau nanti setelah diletakkan gelas itu didepan meja kalau ada customer baru berarti ini adalah jimat hebat. Anda akan bersyukur sekali karena ada jimat ini, setelah anda bersyukur mengeluarkan energi positif.

Karena anda mengeluarkan energi positif maka anda mengundang orang-orang baru datang. Karena anda bahagia dan ekspresi wajah yang positif, anda mengundang orang-orang yang positif lain datang ke tempat anda. Makin hari makin banyak, tapi apakah itu karena gelas ini? atau karena self confident anda yang berubah? Menurut saya karena self confident anda yang berubah karena mengeluarkan energi positif sehingga bisa mengundang orang-orang baru datang. 

Kalau ada seorang artis dan anda bukan artis, mana confidentnya yang lebih tinggi? Tentunya artis. Banyak artis buka bisnis sukses karena mereka sudah memiliki self confident untuk sukses. Tetapi ada orang buka bisnis lalu gagal bahkan dengan modal berapa pun tetap gagal, kenapa? karena keyakinannya sudah mendukung untuk gagal.

BACA JUGA :CARA BERPIKIR SEHAT DALAM BISNIS

2. Menarik Hal Positif

Pengusaha yang menjalankan bisnis dengan cara yang halal akan lebih menarik hal positif untuk datang kebisnis anda. Untuk mendapatkan hal yang positif dari customer anda maka berikan hal positif terlebih dahulu dari diri anda. Tetapi kalau anda menjalankan bisnis dengan cara yang tidak halal, anda harus menambahkan hal-hal yang tidak halal dalam bisnis anda. Artinya anda harus berusaha lebih keras lagi untuk menjalankan bisnisnya. Misalnya anda memulai bisnis dengan cara menipu, untuk bisa melindungi dari penipuan anda harus menipu dengan cara yang baru terus menerus. Kalau anda bisnisnya ilegal, anda harus menutupi diri untuk bisa tidak ketahuan. Itu semua adalah hukum alam di bisnis.

3. Dekat dengan Tuhan (Rajin Ibadah)

Pengusaha-pengusaha yang dekat dengan Tuhan dan yang ibadahnya rajin pasti akan dimudahkan segala hal dalam bisnis. Yang memiliki hati untuk berbisnis karena hatinya baik, atau ingin membantu orang maka bisnisnya selalu diberkati dan menghasilkan kesuksesan yang luar biasa. Tidak melihat besar atau kecil bisnis yang anda jalani, dengan rajin beribadah maka Tuhan selalu melindungi usahanya sehingga mencapai kesuksesan. Jadi jangan malas yah dan rajin ibadah.

4. Gemar Sedekah dan Berbagi

Pengusaha-pengusaha yang berbagi dan bersedekah pasti bisnisnya akan ramai. Ada pengalaman salah satu seorang peserta workshop yang nonton video youtube saya tentang bisnis dan sedekah. Beliau mengatakan bahwa mengalami mati-matian tentang sedekah. Kala itu ia menunda sedekah sehingga bisnisnya hancur, kemudian saya ingat untuk bersedekah dihari itu juga ia langsung bersedekah.

Keajaiban itu langsung saya rasakan, Tokopedia yang tadinya dicekal atau dilarang, seketika bisa dibuka kembali. Dari cerita tersebut saya berpikir bahwa tidak selamanya bisnis yang sukses melalui pesugihan. Itu adalah hukum alam, disana anda berbagi maka disana pula anda akan mendapat. Dimana anda memberi maka disitu anda akan menerima.

5. Jangan Malas

Hal yang penting untuk pengusaha agar bisnisnya sukses itu adalah rajin. Coba anda perhatikan bisnis-bisnis seperti tukang sate, tukang bakso yang tadi dikatakan orang pakai pesugihan bahkan sampai Ruben Onsu. Mereka sangat rajin, andai mereka pakai pesugihan tetapi malas maka tetap saja tidak laku tidak ramai. Beda halnya kalau anda rajin, tidak perlu pakai pesugihan ataupun tidak pakai yang aneh-aneh pasti sukses dan laku. Dalam bisnis, jika anda malas maka akan mempermudah pesaing anda untuk menjatuhkan usaha anda. sebagai pebisnis yang baik dan menginginkan bisnisnya berjalan lancar sebaiknya anda mengupayakan yang maksimal dalam mengembangkan bisnis.

6. Berani Ambil Resiko

Orang-orang yang berani ambil resiko artinya orang yang ingin menemukan hal baru yang bisa membuat bisnisnya tambah sukses dan maju. Berani ambil resiko untuk memberikan pelayanan ekstra. Seseorang atau pebisnis berani mengambil resiko didasari keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan apa yang dikeluarkan. Biasanya pengusaha yang mengambil resiko itu sudah mengkalkulasikan besarnya resiko dengan keuntungan. Contohnya dalam ambil resiko yaitu saat ada customer berkeluh kesah tentang pelayanan team anda, lalu anda mengatakan “saya akan memberikan layanan gratis untuk bapak, karena sudah menginformasikan keluhan bapak”.

7. Memberi Pelayanan yang dibutuhkan oleh Customer

Semua bisnis yang sukses dan maju rata-rata mereka memiliki pelayanan yang dibutuhkan oleh customer. Contohnya ada tukang bubur di daerah angke yang sudah terkenal namanya, bubur disana enak sekali, banyak yang ditambahkan didalam bubur itu. Bubur nya diberi ayam rebus kemudian ada usus dan seterusnya, ramai pembelinya luar biasa. Jika anda datang kesana harus antri, kalau anda perhatikan pelayan atau customer servicenya secara penampilan mungkin tidak menyenangkan atau biasa saja. Tetapi karena buburnya ini sangat enak maka ini yang membuat tokonya ramai, jadi mereka memberikan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh customer.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : CARA AGAR TAK KEHABISAN IDE BISNIS

Itulah 7 hal yang mungkin bisa memberikan anda idea tentang bisnis yang regular, dan dari 7 hal ini maka orang-orang tidak akan mengatakan bahwa bisnis yang anda lakukan akan ini menggunakan pesugihan lagi. Jadi bisa dipastikan yah bahwa bisnis itu tidak perlu pakai pesugihan, yang paling penting adalah tergantung ownernya. Anda confident, semangat, bersyukur, rajin ibadah, dan anda berbagi itu merupakan hal-hal yang positif yang bisa anda lakukan dalam berbisnis. 

Dengan cara yang halal maka bisnis anda akan semakin sukses karena selalu diberkati dan bisa menciptakan kebaikan pula di sekeliling anda.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-12-19T12:06:30+07:00December 19th, 2019|Marketing|0 Comments