BISNIS SAYUR ONLINE BISA JADI MILYARDER

//BISNIS SAYUR ONLINE BISA JADI MILYARDER

BISNIS SAYUR ONLINE BISA JADI MILYARDER

Hari ini Saya kedatangan  seseorang yang luar biasa di Strategic Marketing workshop dan disini ada sebuah bisnis unik, bisnis  anak muda yang menurut Saya sangat unik dan kreatif meskipun pun bisnis ini masih baru menurut  Saya bisnis ini kedepannya sangat-sangat berpotensi, beliau adalah Rian dari Segarmart.com, apa bisnis ini? ini adalah jualan sayur online, jadi kalau Anda punya  bisnis dan persepsinya belanja harus di pasar dan harus di pasar becek atau supermarket kok ini bisa jual sayur online, yuk kita kenalan, hai mas Rian, apa kabar? baik, luar biasa boleh dong cerita tentang siapa rian siapa itusegarmart.com?  pertama-tama Saya perkenalkan diri Saya dulu,  Saya Rian Saya ini punya background lulusan Teknik pertanian dan kenapa ada segarmart karena disini masih berkesinambungan juga dengan major Saya teknik marketing disini Saya ingin memajukan petani makanya membuat sebuah aplikasi untuk jualan sayur online. Jadi ini aplikasi untuk jual sayur online,” boleh cerita nggak tantangannya dan dapat idenya itu darimana? “

Baca Juga : MEMBUAT KONSEP USAHA YANG UNGGUL

Tantangannya paling sulit itu mengubah habbit masyarakat biasa belanja kepasar untuk beralih ke arah aplikasi, pemesanannya lewat aplikasi walaupun itu diantar.  Untuk pertama kali muncul idenya itu karena sekarang muncul industri revolusi industri 4.0 juga makanya disini saya buat ide untuk pembuatan aplikasi jual beli sayur online. Karena sebelumnya saya pernah bekerja untuk supplier sayur juga ke restoran saya masih magang dan disitu saya tau perbedaan harganya terlalu jauh dari petani ke konsumen.

Akhirnya disini Saya membuat segarmart itu untuk memangkas harga dari petani kepada konsumen. Kapan berdirinya ni? kalau segarmart itu sendiri idenya tercetus bulan februari 2018 masih baru banget. launcing pertama kapan? launcing aplikasi itu bulan juli kita mulai launcing di playstore jadi sekitar 5 bulan itu kita reset untuk pembuatan aplikasinya.  Lalu setelah aplikasi dibuat, kapan launcingnya ? setelah aplikasi dibuat itu juli awal juli awal kita sudah mulai beroperasi berkembang hingga bulan januari sudah ada 1000 yang terdaftar untuk wilayah operasional kita itu hanya dibandung, cimahi dan beberapa bagian bandung barat.

Ada keterbatasan-keterbatasan dengan pengiriman gimana cara mengelolanya gimana prosesnya? untuk prosesnya untuk pengiriman kita masih membatasi wilayah operasional karena kita tidak ingin ketika permintaan itu tinggi dari wilayah luar, tetapikita tidak memadai yang kita tuju itu,  si konsumennya itu terlayani dengan baik jadi ada sistem radius gitu ya .jadi kalau ada pemesanan diluar kita ada sistem mitra sebenarnya si konsumen berada dimana dia tinggal pilih kotanya dimana, misal cimahi keluarlah produk-produk yang dijual dikota cimahi, gitu. apabila di kota bandung di kota bandung juga gitu. udah ada berapa banyak mitra yang bekerja sama hari ini? untuk hari ini kita masih di angka 2 mitra Cimahi dan bandung sebenarnya baru mulai dan melayani lebih dari 1000 customer  untuk perharinya mungkin  perbulannya mencapai angka 200an awal-awal ini dari 1000 customer itu tiap hari bergantian.

Visi kedepannya untuk segarmart itu menjadikan para konsumen itu memiliki waktu untuk keluarga karena saya lihat dari hasil analisinya banyak sekali keluarga tu ibu-ibu rumah tangga terutama tidak punya waktu untuk keluarganya sendiri karena beraktifitas dan tidak sempat belanja dan berapa banyak selisih harganya antara penjualan dipasar dan penjualan di segarmart selisih harganya mungkin harganya di kita agak mahal tapi disini kita ada mengratiskan ongkir sebenarnya coach jadi ada keuntungan disana.

Potensi dari pasarnya bagaimana membuat segarmart ini bisa di scaling up ke seluruh Indonesia?  bila melihat dari potensi pasarnya itu tadi kita menyediakan yang namanya mitra jadi kita bekerjasama seperti franchise kedepannya, dimana disetiap kecamatan sebenarnya apabila kecamatan itu luas bakal radius juga pertimbangan lainnya bakal ada 1 mitra juga yang melayani untuk memperluas area operasional kita hampir keseluruh Indonesia.

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

Kita mengandeng mitra-mitra yang bekerjasama dengan kita apa keuntungan segarmart hari ini dengan konsep dan business model seperti ini misalnya kalau Saya mau buka toko sayur jualan sayur bukan online dibandingkan dengan online lebih untung mana? lebih untung online, kenapa? karena disatu sisi kita membebaskan mitra apakah dia ingin berjualan online atau offline itu kita membebaskan apabila kita hanya menyediakan kalau dia bergabung dengan Kita akan bantu pemasaran dia walaupun dia tetap berjualan offline kita bantu juga jualan onlinenya keuntungannya untuk mitra ini double sebenarnya berapa karyawan segarmart saat ini, untuk segarmart saat ini untuk office sekitar 5 orang, jadi efisien banget cuman 5 orang sudah bisa melayani customer perhari yang bisa mungkin perhari dan perbulan bergantian kelihatannya cukup berpotensi kedepannya Saya ingin mendengarkan pendapat teman-teman tentang bisnis model ini.

Apakah bisnis model ini bisa bertahan lama? apakah bisnis model ini pioneer atau mungkin business model ini adalah yang akan dibutuhkan oleh masyarakat kedepannya untuk membuat orang tidak perlu pergi kepasar untuk klik online pake apps lalu sayur mereka datang dengan segar.

segarmart hadir  untuk memberikan waktu luang lebih kepada Anda segarmart menghilangkan waktu belanja Anda ke pasar supaya Anda lebih banyak untuk memiliki waktu keluarga-keluarga Anda karena anak-anak Anda, orang-orang tercinta Anda membutuhkan Anda.

Tom MC Ifle,

Salam pencerahan.

By |2019-08-13T10:19:12+07:00August 13th, 2019|Marketing|0 Comments