BISNIS ANAK MUDA INI UNIK, JUAL RENDANG KHUSUS ANAK MALAH LAKU KERAS

//BISNIS ANAK MUDA INI UNIK, JUAL RENDANG KHUSUS ANAK MALAH LAKU KERAS

BISNIS ANAK MUDA INI UNIK, JUAL RENDANG KHUSUS ANAK MALAH LAKU KERAS

Zaman Sekarang anak milenial sudah banyak yang sukses dalam hal berbisnis dari yang bawah hingga atas. Kali ini kita akan membahas Bisnis anak muda yang unik yang mungkin belum pernah dijalanin pembisnis kebanyakan.  Beliau adalah salah satu UMKM binaan Top Coach Indonesia yang ada di Sumatera Barat. Jadi sekarang usaha nya sudah berjalan dengan baik,  nama nya Andrean Alberto owner dari rendang for kid Nak Taraso yaitu pelopor rendang pertama  yang dibuat khusus untuk anak-anak.  Andrean  8 Tahun kerja di Ibu Kota  sebagai seorang kantoran kemudian pulang  ke kampung bingung mau kerja atau usaha apa ?  yang ada di kolam hanya ikan lele. Kemudian saya berpikir mau di olah seperti apa ikan lele  ini. Muncul ide ingin mengelola ikan itu jadi rendang.  Karena sudah terlalu sering jika rendang itu olahan daging.

Baca Juga : BISNIS SAYUR ONLINE BISA JADI MILYARDER

Awalnya kita memulai dengan riset ternyata ikan lele bisa di olah jadi rendang dan daya tahannya bagus, tapi bingung mau jualnya gimana  dan nggak tau mau jualnya dimana ? Lalu kita  jual ketempat –tempat coba sekali habis itu tidak ada yang lanjut. Akhirnya Saya ketemu dengan Coach Tom ikut dengan Top Coach Indonesia , setelah saya belajar ada beberapa point yang di bahas dengan coach Tom dan dikasih gambaran kepada Saya bahwasannya perlu ada penyempitan segmentasi pasar.  Sebulan saya merenung barang  saya mau  di jual tetapi saya disuruh sempitkan pasar padahal  saya ingin menjual kepada orang banyak. Jadi nama awal brandnya Nak taraso produknya hanya rendang lele tanpa segmentasi jadi Saya jual buat bisa di makan semua.

Kita melakukan mulai dari bikin laporan keuangan, cara strategy marketing, cuman ada 1 hal yang saya anggap cukup menarik yaitu target marketnya ini siapa? karena kalau makan rendang semua orang juga bisa makan rendang bayangkan kita menjual rendang kepada orang padang apalagi orang padang udah tau mana rendang enak mana rendang nggak enak. Jadi Coach Tom bilang kalau mau bidik, bidiklah pasar yang sempit supaya gampang di ingat waktu me rebrand.  Jadi sekarang re branding dari nak taraso jadi rendang for kids nak taraso perbedaannya jadi  setelah Saya punya pengetahuan bahasannya  harus menyempitkan segmentasi pasar.

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

Selama sebulan saya  merenung  Saya melihat setiap Saya makan rendang itu anak Saya yang umur 3 tahun itu seolah-olah pingin nyicipin tapi setiap Saya tawarkan itu dia enggan karena ngerasa pedas disitu saya berpikir ini yang namanya segmentasi pasar yang disempitkan itu, Saya cobalah mengolah rendang  yang bisa dimakan oleh anak-anak perbedaannya  jelas tidak pedas, yang kedua kita menyesuaikan tekstur biasanya anak-anak.

Kalau menggigit daging itu ada merasa enggan jadi kita bikin yang kayak remah biar lebih nafsu dimakan, terus juga ada dalam pengolahan lain  dalam rendang  menggunakan susu jadi karena tanpa msg kita tambahkan dengan susu jadi rasa gurihnya tetap muncul Selama saya merubah targret marketing saya dan menyempitkan segmentasi pasar  kenaikan persennya menjadi berubah  dari sebelum merubah nama kalau di hitung sampai  saat sekarang 400% kenaikan omsetnya jadi  hanya dengan merubah nama, persempit segmen omsetnya malah tambah gede bukannya memperluas pasar jadi makin gede saat mempersempit pasar.

Saat Saya merebrending jadi rendang for kids itu kita kan juga  terkonsilasi dengan toko oleh-oleh lokal sumatera barat  mereka langsung tertarik yang sebelumnya mereka  selalu terkondsinasi dengan bayar belakang sekarang itu mereka sudah  berani untuk bayar di depan, Di pasar lokal sumatera barat  kita udah continue kuasain jadi sebelumnya naro barang laku baru bayar yang sekarang belum laku dibayar jadi mempengaruhi cashflow, saat ini pengembangan yang dilakukan oleh rendang for kids, kita masih tergolong baru produk Kita juga harus ditingkatkan karena mulai di lirik sama buyer  dan konsumen rata-rata mereka menaikkan standartnya menjadi sertifikat dari badan POM.

Baca Juga :  MEMBUAT KONSEP USAHA YANG UNGGUL

Namanya dulu kita UMKM yang penting jadi  barangnya kalau dulu di produksi di rumah sekarangkan karena sudah tuntutan pasar kita lagi mau membangun rumah produksi kira-kira luasnya sekitar 200 Meter persegi  ,  menurut kita sudah ada peningkatan yang dulunya emperan karena target pasar kita juga udah membangun untuk sertifikat dari badan POM. Setelah Kita mendapatkan sertifikat Badan POM dibadan retail modern, beberapa swalayan ternama menyarankan jika sudah di tetapkan oleh Badan POM boleh masuk, jadi Kita targetkan bisa 5x lipat kira-kira kalau ada pesan untuk teman-teman yang baru mau memulai bisnis.

Pengalaman kesulitan terbesar yang bisa saya sharingkan ke teman-teman dan  kiat-kiatnya yang Saya rasa menciptakan produk gampang tapi untuk marketing effortnya memang lebih besar memang perlu pengetahuan sendiri, kalau yang Saya rasain saat ngejualin barang door to door  kan capek kita mulai dari Kita dulu seperti legalitas produk Kita lengkapin terus secarapackaging juga harus Kita perbaiki yang menarik konsumen terus yang penting segmentasi, segmentasinya lebih jelas.

Dengarkan dan Download : 7 Trik melipat gandakan Profit

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan

By |2019-08-20T10:24:53+07:00August 20th, 2019|Marketing|0 Comments