BELAJAR MEMAHAMI KESUKSESAN DARI ANDRIE WONGSO

Memahami Kesuksesan
Siapa tak mengenal Andrie Wongso, motivator terkenal di Indonesia. Beliau menyebarkan semangat bahwa "Success is My Right". Ya, Kesuksesan adalah hakku. Dengan mengobarkan semangat itu di dalam diri kita, kita akan mampu menjaga niat dan tujuan dalam berbisnis. Kesuksesan itu hak siapapun, mau dia berkulit hitam atau putih, terlahir dari keluarga kaya atau miskin, pria atau wanita, sarjana atau bukan. Semua orang berhak untuk sukses. Namun tentunya, untuk bisa sukses, diperlukan kerja keras dan disiplin.
Andrie Wongso telah membuktikannya. Ia bukanlah lulusan universitas manapun, bahkan karena saat itu sekolah untuk warga Tionghoa ditutup, sekolah dasar pun Ia tidak tamat. Namun dia tidak mau pasrah dengan keadaan, segala hal Ia lakoni untuk bisa bertahan hidup. Dari jualan kue yang dititipkan di toko-toko, menjadi salesman perusahaan sabun, hingga bintang film di Taiwan pernah ia jabani. Usaha yang dilakoni pun tidak terbilang mudah, ia harus mengalami jatuh bangun, bahkan sempat putus asa. Dari lika-liku hidupnya inilah kemudian, Andrie Wongso menemukan banyak kalimat-kalimat mutiara yang berisi nasihat kehidupan. Siapa sangka hal ini yang kemudian akan membawanya menuju Kesuksesan.
Related Artikel : Sukses di Atas Kaki Sendiri
andrie-wongso-detail
Setelah tiga tahun berada di Taiwan dan merasakan menjadi bintang film laga, meskipun bukan aktor utama, Andrie Wongso pulang ke Indonesia sekitar tahun 1985-an. Dari situ Ia mulai mendirikan Harvest, perusahaan kartu ucapan yang kini namanya telah cukup besar di Indonesia. Namun jangan dikira Harvest langsung besar sejak didirikan. Awalnya Andrie harus masuk dari satu rumah ke rumah lainnya untuk menawarkan kartu-kartu tersebut. Tak jarang ia ditolak dan tak dibukakan pintu oleh pemilik rumah. Namun Andrie Wongso tetap semangat menjalani bisnisnya.
Berbeda dengan kartu ucapan yang lain, Harvest didesain dengan menarik dan diselipi dengan kalimat-kalimat yang indah. Ada banyak jenis kartu yang bisa dipilih, dari kartu lebaran, ulang tahun hingga kartu motivasi. Dari sinilah Andrie Wongso mengasah kemampuannya untuk memotivasi orang lain. Hingga kemudian pada tahun 1992, Andrie Wongso mulai merambah dunia Wisdom Training.
Andrie selalu berkelakar, “Kalau yang tidak tamat SD saja bisa sukses, maka kalian yang lulus SMP, SMA, apalagi Sarjana harusnya lebih sukses dari saya.”
Seringkali kata-kata ‘tidak tamat SD saja bisa sukses’ diartikan harafiah oleh masyarakat awam, bahwasanya tidak perlu sekolah tinggi agar bisa jadi orang sukses, yang penting kerja keras. Padahal orang yang tidak sekolah bukan berarti tidak berpendidikan, Andrie contohnya. Andrie Wongso bisa jadi tidak tamat sekolah dasar, namun ia menempa pendidikan tertinggi lewat fase-fase kehidupan yang ia jalani. Sekolah hanyalah salah satu sarana belajar, namun belajar dan berpendidikan tidak harus lewat sekolah. Maka, untuk sukses selain kerja keras, sangat penting bagi diri kita membekali diri dengan wawasan yang luas agar bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang.
Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *