Bekerja Tuntas, Etos Kerja Hebat

//Bekerja Tuntas, Etos Kerja Hebat

Bekerja Tuntas, Etos Kerja Hebat

Pada artikel ini saya akan membahas tentang, Bagaimana membuat bisnis anda sukses dengan bekerja tuntas? Bisnis Kelas Dunia yang sukses atau orang-orang yang sukses, selalu percaya bahwa segala sesuatu yang dilakukan jika tanpa kesungguhan, tanpa kesungguhan akan susah sekali untuk sukses, kalau tidak ada kesungguhan di hati seseorang.

Orang yang sungguh-sungguh akan melahirkan tugas yang tuntas. Tuntas itu ciri-cirinya orang yang bersungguh-sungguh, hasil kerjanya simpel, ya, mereka bekerja sampai tuntas.

Apa itu Kerja Tuntas? Kerja tuntas adalah bekerja dengan semangat, sampai selesai dan tidak setengah-setengah. Seberapa pun banyaknya pekerjaan kita, harus kita selesaikan sampai akhir (finish), sehingga semua pekerjaan kita memperoleh hasil yang sukses.

Kerja tuntas adalah bahwa di dalam bekerja kita mampu mengorganisasikan bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk dapat menghasilkan usaha sampai selesai dengan maksimal.

Kemampuan bekerja mandiri sampai tuntas merupakan bentuk tanggung jawab. lndikasi hal tersebut adalah mampu menanggung risiko dari tindakan yang telah diperbuat, baik selaku tindakan pribadi atau tindakan yang dilakukan oleh anggota tim yang berada di bawah wewenangnya.

Tanggung jawab ini merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap karyawan, terutama karyawan yang bekerja di lingkungan publik, karena setiap tindakannya memiliki dampak bagi orang banyak, misalnya bagi karyawan lainnya, bagi perusahaan atau instansi tempat bekerja, atau bagi orang yang membutuhkan jasa/pelayanan Anda.

Karena orang yang bertanggung jawab, orang yang bisa dipercaya, kalau dia bisa mengerjakan sesuatu dengan niat yang serius dan menyelesaikan pekerjaan yang tuntas, walaupun susah, walaupun berat, tetapi dijalankan sampai tuntas. Ini beberapa tips dari saya agar bisa bekerja dengan tuntas:

1. Tetapkanlah goal Anda

Goal yang Kecil atau besar, anda harus punya tujuan agar pekerjaan yang anda kerjakan memiliki arti. Biasanya seseorang bisa jadi lebih produktif ketika memiliki tujuan atau goal yang jelas. Misalkan, jika Anda punya janji untuk makan malam bersama kekasih, maka seharusnya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat daripada biasanya.

Kalau Anda seorang pe-bisnis kelas dunia yang ingin memiliki cerita motivasi, cara bekerja dengan cepat, maka tetapkanlah goals yang lebih besar lagi. Seperti untuk membayar hutang dengan cepat atau mencapai target tertentu.

Mimpi

2. Bersyukur bahwa Anda mempunyai pekerjaan

Apa yang Anda kerjakan ketika nanti sudah lulus kuliah? Salah satunya adalah mencari pekerjaan atau ingin membuka usaha sendiri. Nah, karena Anda sekarang sudah menjadi karyawan, maka bersyukurlah Anda mendapatkan pekerjaan ini, karena masih banyak orang yang masih mencari pekerjaan atau mendapat kesempatan berkarya seperti Anda.

Dengan bersyukur (grateful), maka pikiran Anda akan memberikan vibrasi yang positif sehingga Anda, dapat menghadapi dan mengerjakan pekerjaan dengan nyaman bahkan saat melakukan pekerjaan sesulit apapun.

Grateful

3. Berpikir tentang keluarga Anda

Dengan mengingat keluarga Anda, ketika Anda merasa malas menyelesaikan sebuah pekerjaan Anda. Maka segera pikirkan dampak positif atau negatif bila pekerjaan Anda tidak selesai dengan segera. Contoh, kinerja Anda akan dinilai baik di akhir tahun bila Anda mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Kinerja yang baik ini dampak positifnya adalah  meningkatkan penghasilan Anda.

Dengan berpikir apa dampak positifnya, maka rencana-rencana finansial keluarga Anda  akan terwujud. Anda akan sangat termotivasi untuk bekerja dengan tuntas.

Grateful

4. Fokus melakukan pada satu pekerjaan.

Sebaiknya fokuskan diri kepada satu pekerjaan untuk dikerjakan sampai tuntas sebelum mengerjakan tugas lainnya. Beberapa orang mungkin bisa melakukan multi-tasking. Padahal multi-tasking akan membuat fokus kamu berantakan. Sehingga yang tadinya berniat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, tetapi anda malah akan membuat banyak pekerjaan jadi tertunda karena mencoba mengerjakannya bersamaan.

Fokus

Jika anda ingin sukses, Jika anda ingin maju, tidak hanya bisnis owner, tidak hanya tidak hanya seorang leader, tetapi siapa pun yang ingin sukses. Apakah anda seorang ibu rumah tangga? Apakah anda seorang ayah? Apakah anda seorang pimpinan perusahaan? Apakah anda seorang manager? atau jangan-jangan Anda adalah orang-orang yang belum bekerja? Belum mendapatkan kesempatan untuk naik pangkat?

Ada satu cerita yang menarik tentang seorang pelari 400 meter, Yang di pertengahan pertandingan urat kakinya terputus. Ya, uratnya terputus lalu kemudian di pertengahan jalan tersebut tandu berdatangan, orang-orang dan tim paramedis berdatangan, dan kemudian menawarkan untuk berhenti.

Tapi orang ini tidak berhenti, walaupun dengan kaki yang sakit, dengan urat yang terputus, urat yang sobek, otot yang sobek dia dengan tertatih-tatih dia berlari menyelesaikan sisa larinya, sisa dari pertandingannya. Ya.. dengan kesakitan luar biasa, tiba-tiba ada orang yang besar turun, dia mengatakan nak kamu nggak usah lanjutkan pertandingan ini, dan ini adalah ayahnya lalu dia mengatakan, TIDAK, saya harus menyelesaikan pertandingan ini!

tertatih
Dengan kondisi tertatih tatih, akhirnya sampai sebelum garis finish, ayahnya melepaskan dia dan berlari sendirian, lalu dia mencapai di garis finish di iringi tepuk tangan orang yang lari dan muncul di garis finish yang paling akhir, lebih meriah daripada pemenang pertama Why? karena mengerjakan sampai TUNTAS.

Ingat, jika anda ingin menjadi orang yang hebat, orang yang sukses, orang yang luar biasa, putuskan bahwa anda mengerjakan sesuatu sampai TUNTAS, bahkan kalau anda memiliki sebuah bisnis ketika anda memulai sesuatu jangan hanya punya goal: saya ingin punya uang banyak, tapi anda punya goal juga untuk menuntaskan apa yang anda sudah putuskan! Semoga Bermanfaat.

 

Saya Tom MC Ife,

 

Salam pencerahan

By |2019-02-19T13:39:19+00:00February 15th, 2019|demo|0 Comments
Translate »