AKIBAT SEDEKAH

//AKIBAT SEDEKAH

AKIBAT SEDEKAH

Saya berada di Bali bersama Mas Kadek dan Ibu Swasti beliau adalah pemilik Pradnya mart di Beberapa cabang di Kota Bali di pulau Bali menurut Saya sangat inspiratif dan Anda musti dengar kisah beliau. Pradnya Mart berdiri pada tahun 2007 itu sekitar bulan agustus dan pertamanya dulu begini, Saya dulu karyawan swasta kemudian di perusahaan kan ada Bom Bali 1, Bom Bali 2 itu berdampak juga pada perusahaan yang dulunya kami karyawan masuk 6 hari kerja mulai jadi 5 hari kerja dan seterusnya tapi Saya yakin bahwa tidak ada yang kebetulan Saya yakin ini mungkin jalan dari beliau sesaat karena Saya tugasnya di accounting coach akhirnya ketemu sama 1 supplier yang Pak, kenapa nggak coba jualan?kan Bapak mulai libur tu hari sabtu bisa di manfaatkan waktunya.

Baca Juga : 10 TIPE LEADER YANG TIDAK LAYAK JADI PEMIMPIN

Jadi awal ada  Bom Bali mulai ada memikirkan bagaimana cara bukan hanya bertahan di pegawai lalu kemudian malah karna tekanan dari ekonomi waktu itu sistuasi gimana, perusahaan itu gimana posisinya gimana, apakah resign atau bagaimana? waktu itu memang berdampak pada perusahaan kebetulan Saya di accounting Saya tau angka-angkanya kemudian Saya berpikir, ini harus coba mencari kegiatan mencari usaha diluar siapa tau kedepannya seperti apa, gitulah dan seperti yang Saya katakan tadi  Apa yang Saya meyakini bahwa 1 pertemuan dengan supplier itu beliau bilangnya kayak gini, “pak kadek pak kadek coba dulu aja jual barang Saya tidak usah bayar Bapak jual aja dulu, kemudian kalau terbayar baru di bayar ke Saya” jadi seolah-olah di kasih modal seperti itu.

Menjalankan usaha ini tanpa modal gitu.  Waktu itu masih bekerja,  jabatannya waktu itu finance accounting manager di perusahaan cargo jadi sebetulnya nggak ada hubungan dengan retail. Istri Saya dulu juga kerja di perusahaan swasta tapi karena perusahaan sudah mulai berkembang waktu itu Saya sudah berhenti itu prosesnya sekitar berapa tahun ya dari usia 4 tahun berdiri akhirnya karena Saya sudah berhenti dari pekerjaan yang  lama sehingga merasa memiliki waktu yang lebih untuk megelola akhirnya udah merasa kewalahan.

Cabangnya sudah berapa sekarang ada 8 cabang cabangnya ini berkembang di seluruh Bali.  Yang  membuat Mas Kadek ini benar-benar lompat dari profesional menjadi pengusaha? Masa kecil Saya penuh perjuangan jadi untuk melakukan aktivitas, Saya sekolah di salah satu sekolah favorit di Denpasar tapi dari SMA tersebut Saya satu diantara teman-teman yang sekolah pake sepeda teman-teman semua kalau nggak pake motor pake mobil itu tantangan juga bagi Saya tapi itu orang tua menyatakan seperti ini “kalau kamu ingin bertahan kamu tetap menuntut ilmu karena ilmu itu yang bisa Kamu pake untuk kedepan untuk kehidupan kamu selanjutnya, jangan lihat keadaan kamu sekarang tapi ingatlah ilmu-ilmu yang akan kamu dapat kedepan” seperti itulah kata-kata orang tua Saya, itu sangat menginspirasi sehingga kedepan dan sekarang.

Dengarkan dan Download : 6 kesalahan fatal Family Bisnis

Visi kami bukan untuk kami tapi bagaimana Anda bisa membantu sebanyak mungkin kecerdasan Anak bangsa coach karena Saya meyakini bahwa ilmu itu sangat penting buktinya contoh misalnya kalau beberapa tahun lalu kami rutin menyumbang ke panti mungkin setahun berapa kali kalau sekarang kita sudah komit sebulan sekali dan Pradnya kita kembangkan juga ke beberapa daerah yang mungkin menurut teman-teman kurang potensial tapi kita masuk kesana dengan harapan kita juga bisa mengajak beberapa saudara untuk jadi karyawan, sehingga mereka juga bisa mendidik anak-anaknya untuk bisa dapat ilmu.

Produk yang kami jual adalah alat tulis coach, jadi alat tulis untuk siswa, siswa SD, SP, SMA begitu Cerita soal berbagi, apa sih manfaatnya manfaatnya bagi Saya perasaan bahwa kita bisa membantu itu bahagiannya luar biasa coach lebih tinggi nilainya dari uang itu sendiri Saya juga ikut beberapa komunitas yang aktif dalam kegiatan sosial coach keunggulan dari Pradnya Mart ini apa perbedaannya dari toko-toko alat tulis lainnya kalau menurut Saya di pelayanan.

Jadi tagline kami adalah melayani  dengan hati melayani  dengan hati.  Kita ada jenjang job desk yang jelas coach, kemudian lebih sering ke arah kekeluargaan jadi pertemuan pun apa-apa kita maju bersama Kami sekarang ada program beasiswa, program beasiswa untuk keluarga karyawan anak-anaknya kan kebetulan sekarang mau tahun ajaran baru mana rapotnya ayo kita kasih beasiswa, gimana bentuk beasiswanya beasiswa tergantung tingkatannya kalau Dia masih SD, SMP kita kasih berupa alat tulis kalau sudah SMA kita kasih berupa dana.

Efeknya buat karyawan rasa kekeluargaannya meningkat jadi seperti bahwa mereka mau disinilah kehidupan saya untuk tempat Saya kedepan, kan di luar sana cari karyawan kan susah, kemudian yang setia juga susah. Jujur saya bilang kalau kalau ada karyawan yang keluar saya mensyukuri bahwa team yang ada sekarang team yang terbaik. Keluar masuk sebenarnya tidak ada masalah itu faktor saringan yang tinggal sebenarnya menjadi team yang terbaik total karyawan sekarang 50 dari awal sendirian sendiri.

Istri Saya di keuangan accountingnya sama mungkin sekarang lebih membantu masalah pembelian pengadaan barang.  Kalau dibisnis retail itu yang paling penting itu disisi keuangan kalau Saya di sisi keuangan gimana bisa membayar supplier tepat waktu karena menurut Saya kepercayaan dari supplier itu adalah nomor 1 sehingga perusahaan kita bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga : LANGKAH CERDAS MEMBANGUN WINNING TEAM

Retail itu banyak banget problemnya, misalnya kehilangan atau salah kasih harga atau mungkin karyawannya mungkin tidak kehilangan bukan karena ngambil tapi karena rusak kesiram apa, itu kan resiko-resiko seperti itu mengakibatkan profit menjadi berkurang langkah-langkah yang dilakukan untuk bisa membuat keuangan lebih terkendali adalah Pertama kita ada yang di namankan HSO Apa itu HSO? Head Operation Store baik operasional maupun auditnya, kita juga siapkan audit setiap minggu kemasing-masing outlet untuk melakukan stoke parsial namanya dan setiap 3 bulan sekali kita lakukn stock global untuk mengurangi slingkit, slingkitnya itu di barang pun kita kan setiap kunjungan baik dari management dan HSO sendiri. Pasti akan melihat barang-barang apa sih ,yang rusak apakah apakah akibatnya dari karyawan yang tidak menjaga, kelalaian apakah akibat barang rusak lama stock lama yang tidak berputar karena disana juga kita berpikir ini stock tidak bisa berputar mau di apain? kita diskon atau mau gimana  cuci gudang lah itu istilahnya, kita itu menjadi beban yang besar dari perusahaan.

Kalau masalah terbesar yang pernag dialami retail ini  kalau menurut Saya tetap di SDM, Sumber Daya bagaimana meyakinkan teman-teman bahwa Kita bisa berjuang bersama dalam usaha ini dan seperti yang Saya bilang tadi dengan adanya seleksi kekeluargaan tadi dan akhirnya teman-teman yang sekarang ini tim terbaik kami yang bisa kita ajak bersama-sama ke depan, kalau boleh sharing untuk teman-teman para pengusaha diluar sana tips  yang khususnya buat yang sedang mengalami problem dengan bisnis sulit cari karyawan atau mungkin sedang bermasalah dengan keuangan yang harus dibuat adalah Do What you Love, Love What  you do jadi cintai pekerjaan mungkin sulit dalam bidang SDM seperti itu yakin lah kalau memang mencintai pekerjaan kita amin tuhan akan menunjukkan jalan, ada nanti team-team SDM yang datang ikut Kita, yang penting apa yang kita sampaikan itu juga apa yang Kita lakukan.

Dengarkan dan Download : 7 Kesalahan Jatuhnya Family Bisnis

Tapi Pada prinsipnya kalau selama Kita sebagai pengusaha tidak pernah berpikir negatif kepada seseorang balikkannya pasti ada, pasti ada orang baru yang mungkin lebih bagus. Saya lihat perhatikan sistemnya sudah lumayan berjalan. Yang penting untuk mensistemasi bisnis Kalau pertama bisnis memang orangnya tetapi kalau tidak di dukung oleh sistem anggaplah tadi orangnya udah bagus tapi kita udah merasa percaya tetapi kalau sistemnya kurang bagus ada celah juga untuk kebocoran itu yang pertama. Terus mempermudah teman-teman staff di toko maupun di pusat sendiri untuk kemana sih Saya, tidak jalan sendiri, itu bilang begini, itu bilang begitu kadang-kadang kan dia bingung, sehingga dengan sistem yang jelas kita bisa lihat ini lo yang harus kita lalui bersama, begitu.

 

Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan.

By |2019-08-16T11:49:34+07:00August 16th, 2019|Team Building|0 Comments