8 TOXIC PEOPLE YANG HARUS DIHINDARI

//8 TOXIC PEOPLE YANG HARUS DIHINDARI

8 TOXIC PEOPLE YANG HARUS DIHINDARI

Toxic people atau Toxic person sesuai arti katanya yaitu orang-orang yang “Beracun” dan sifatnya membahayakan atau merugikan bagi anda. “Beracun” dalam konteks ini umumnya secara emosional, bisa dalam bentuk kritikan sampai merasa paling benar. Toxic people merupakan karakter atau sifat orang yang tidak baik dan sebaiknya anda hindari. Kenapa? Karena orang ini bisa merusak dan menjatuhkan mental anda terlepas mereka sadar atau tidak ketika melakukannya.

Ada tanda-tanda atau ciri-ciri toxic people ketika berinteraksi dengan anda. Ciri-cirinya adalah:

  1. Ciri yang pertama biasanya orang ini banyak sekali mengeluh dan suka membanding-bandingkan dengan orang lain.
  2. Ciri yang kedua adalah anda merasa harus memperbaiki orang ini ketika orang ini datang dengan begitu banyak masalah. Tapi setiap solusi yang anda sampaikan selalu salah terkesan mau menang sendiri dan anda merasa orang ini tidak pernah berhenti memiliki problem.
  3. Suka menghina, senang melihat orang lain menderita. 
  4. Kurang empati, suka menghakimi dan menyalahkan tanpa tahu latar belakang yang mendasarinya.

BACA JUGA :3 MENTAL MENENTUKAN KEMENANGAN YANG WAJIB ANDA MILIKI

Dari ciri diatas misalnya anda bertemu dengan teman yang mengeluh karena habis dimarahi oleh orang tuanya dan juga ada masalah dikantornya. Sampai-sampai teman anda merasa sangat stress lalu anda seolah-olah harus menyelamatkan teman anda ini.

Dari contoh itu biasanya membuat anda merasa enggan untuk diajak bertemu dengan teman yang seperti ini. Anda merasa takut ada masalah lagi karena tau yang dibawa hanya problem dan juga membuat energi anda terkuras sampai tidak punya tenaga. Perumpamaan ini memang terlalu berlebihan sih tapi sebetulnya anda merasa energi anda terkuras habis-habisan gara-gara teman anda ini. Apabila anda menemui orang atau teman yang memiliki problem seperti ini tinggalkan saja agar mereka merenung dan menyadari bahwa apa yang mereka lakukan tidak benar.

Ada 8 point toxic people yang sebaiknya anda hindari, yaitu:

1. Orang yang Hobinya Menyebarkan Hal-Hal Negatif

Apakah anda memiliki teman yang suka menyebarkan hal-hal negatif seperti gosip atau melihat sisi positif menjadi negatif? Kalau iya maka sebaiknya anda tinggalkan. Karena mereka bisa membuat anda terdoktrin dengan pikiran-pikiran negatifnya. Contohnya ada orang atau teman naik pangkat lalu bukannya ucapan selamat dan ikut senang ketika ada yang sukses tetapi yang disampaikan justru pandangan negatifnya naik pangkatnya gara-gara ini lah, menyuap dan lain-lain. Atau ada contoh lain kalau ada orang menikah sementara dia belum menikah, langsung dibilangnya wah itukan ceweknya mengejar-ngejar, ceweknya itu kan pengen kawin cepet-cepet tuh karena ketakutan kehabisan, ketakutan diambil orang.

Toxic people yang seperti ini selalu menyampaikan hal negatif dari sebuah hal yang positif. Seolah dia menyebar virus negatif kemana-mana dan membuat sekitarnya jadi terkena dampaknya. Nah itu semua adalah tipikal-tipikal toxic people yang pertama, jadi hindari yah.

2. Orang yang suka Mengkritik

Toxic people ini akan selalu punya bahan untuk menghakimi atau mengkritik. Apapun yang anda atau orang lain lakukan dan sampaikan selalu dikritik sehingga dimatanya tidak ada hal baik. Biasanya tujuan orang ini hanya mau merendahkan dan menganggap tidak ada satu pun orang yang bisa memuaskannya. Misalnya pada saat diajak makan, toxic people ini akan menyampaikan bahwa makanannya begini lah, tidak enak, suasananya juga tidak nyaman, tempatnya jauh sampai ke tempat parkirnya juga dikritik. Jadi apapun dikritik dan bisa saja kalimat yang dikeluarkannya tanpa basa-basi membuat orang kesal.

3. Menjadi Pesimis Kronis

Orang dengan karakter yang satu ini selalu percaya bahwa tidak ada cara untuk berhasil, maka dari itu kita sebutnya pesimis kronis. Toxic people ini selalu menutupi cara dari masalahnya padahal ia sendiri juga tidak punya solusi untuk masalahnya tersebut. Misalnya ada orang yang pengen bisnis tapi sebelum memulai ia sudah berkata bahwa bisnis itu susah sehingga diputuskan tidak jadi bisnis. Atau berpikir ingin menabung tapi dengan bunga yang kecil akhirnya tidak jadi.  

Lalu disarankan untuk nabung emas tapi dia berpikir kalau emas itu tidak bikin kaya, disarankan investasi reksadana juga tidak mau alasannya banyak penipuan lah dan seterusnya. Jadi tidak ada satu pun yang benar dan orang yang disebutnya pesimis kronis. Kalau anda punya teman seperti ini parti membuat rasa tidak nyaman dengan komentar atau alasannya. Dan karakter pesimis kronis ini sangat banyak dijumpai misalnya orang yang komentar di facebook atau youtube.

TONTON VIDEO INI : 5 SABOTASE YANG MEMBUAT SMART PEOPLE GAGAL!!

4. Orang yang suka Iri Hati

Ini nih penyakit hati yang menjadi senjata bagi toxic people yaitu iri hati. Kenapa? Karena pada dasarnya iri hati itu tidak suka melihat orang lain senang atau berhasil, rasanya berat sekali untuk menerima kesuksesan orang lain.

Umumnya kita akan senang melihat orang lain senang, karena dengan melihat orang senang maka akan tertular ke kita atau nasib baik mereka bisa ditularkan ke kita. Tapi untuk orang yang satu ini malah sebaliknya mereka akan memakai segala cara supaya orang lain tidak senang. Ada saja sisi buruk orang lain yang dia utarakan demi menjatuhkan dan membuat orang tidak bisa maju. So hati-hati yah dengan orang yang seperti ini, mending tinggalin aja.

5. Bermain Victim

Toxic people ini selalu bermain victim, apa maksudnya? Maksudnya dia selalu menceritakan bahwa dia adalah korban. Orang ini seolah menjadi korban dan memberi kesan bahwa semua kesalahan dan kegagalan itu dikarenakan anda. Orang ini tidak punya tanggung jawab dan akan selalu menekan anda untuk mengakui bahwa ia sebagai korban dari tindakan anda. Toxic people yang bermain victim ini biasanya terjadi di politik, contohnya pencekalan, penghinaan dan ketidak sesuaian apa yang disampaikan. 

Contohnya pada saat terjadi banjir di Jakarta, lalu ada yang menuliskan atau menyebutkan bahwa Jakarta merupakan kota banjir hal itu dianggap menghina orang Indonesia. Seluruh masyarakat Indonesia sakit hari karena Jakarta di bilang kota banjir, jadi playing victimnya Jakarta banjir. Apakah karena disebut Jakarta kota banjir lalu anda dianggap menghina seluruh orang Indonesia? Kan tidak, jadi playing victim itu membesar-besarkan sebuah masalah dan seolah-olah anda adalah korban.

6. Orang yang suka Berlebih-Lebihan

Pada saat anda bertemu dengan orang yang suka cerita atau menyampaikan sesuatu itu berlebih-lebihan memang menarik dan membuat percakapan tambah seru. Tapi jangan salah yah, untuk yang suka melebih-lebihkan pada saat cerita lucu sih oke saja, namun kalau dipakai pada segala kondisi anda harus hati-hati karena bisa dianggap menjadi pembual. Misalnya anda melihat orang mengalami keserempet lalu anda bilang ke orang lain bahwa ada orang keserempet dan orangnya sampai mental sampai 50 meter. Awalnya orang akan mendengarkan secara serius tapi lama-kelamaan orang akan berpikir apakah benar hanya keserempet saja sampai mental sejauh itu?

Ini namanya orang yang berlebih-lebihan, anda ingin memberikan sebuah cerita yang menarik dan membuat mereka terkesan, tapi justru anda menceritakan suatu hal yang arahnya kebohongan. Atau misalnya anda mengatakan apa lalu disampaikannya lagi berbeda, nah sifatnya sudah fitnah dan orang seperti ini yang sangat berbahaya sekali, jangan didekati yah.

7. Orang yang suka Narsis

Orang-orang narsis itu merasa dirinya sangatlah penting dan kadang membuat kesal karena tidak tau malu. Sebuah study yang digelar para psikolog dari Queen’s University Belfast, Inggris menunjukkan bahwa orang-orang narsis cenderung tidak mudah stress atau depresi. Dalam penelitian tersebut narsis memiliki sifat positif khususnya untuk kesehatan mental seseorang. 

Namun selain sifat positif, narsis juga memiliki sisi negatifnya yaitu menjadi orang yang tidak pernah merasa salah, tidak mau dikritik, dan egocentric. Biasanya orang yang memiliki sifat narsis selalu melihat bahwa dia lebih baik dan lebih hebat dari pada orang lain. Toxic people yang berjiwa narsis itu bisa menjadi stress kalau ada orang yang lebih baik dari dia, apalagi orang itu posisinya bawahannya. Orang ini akan merasa sangat disaingi jadi semua kata-kata baik dan bijak harus keluar dari dia bukan dari orang lain.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : MENTALITAS SEORANG LEADER

8. Menjadi Drama Queen

Drama queen adalah seseorang yang pada penampilannya atau reaksi emosionalnya secara berlebihan. Memang terkadang kita mendapatkan hari-hari yang buruk, tapi bagi toxic people yang mempunyai sifat drama queen ini menganggap hari buruk merupakan suatu kebiasaan untuk mengeluh secara berlebihan. Dia mencari cara untuk menciptakan drama baik dalam kehidupannya ataupun kehidupan orang lain, ini namanya drama queen. Semua hal kecil bisa menjadi besar, yang sederhana jadi serius. Orang semacam ini akan dengan senang hati mengambil kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup anda.

so dari tipe toxic people itu mana yang anda ketahui atau anda temui selama ini? Kalau ada teman yang seperti ini lebih baik tidak usah bergaul lagi yah sama orang ini atau cari teman baru saja.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2020-01-08T13:52:38+07:00January 8th, 2020|Team Building|0 Comments