8 PERNYATAAN INI ADALAH CARA MENEMUKAN KARYAWAN TERBAIK

//8 PERNYATAAN INI ADALAH CARA MENEMUKAN KARYAWAN TERBAIK

8 PERNYATAAN INI ADALAH CARA MENEMUKAN KARYAWAN TERBAIK

Sebagai pemilik perusahaan Anda tentu ingin memberikan pelayanan yang terbaik pada orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan Anda. Karena itulah Anda perlu menemukan karyawan terbaik dan bertanggung jawab penuh terhadap tugas dan kewajiban mereka masing-masing.

Untuk menemukan karyawan terbaik, Anda harus memberikan tes wawancara kerja kepada calon karyawan tersebut. Selain itu, pastinya Anda memiliki beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan. Tujuan diberikannya tes wawancara kerja adalah agar Anda bisa mengetahui kemampuan, kecocokan, dan potensi yang dimiliki calon karyawan dalam waktu yang sebentar.

Terdapat 8 pernyataan yang bisa membantu Anda untuk menemukan karyawan terbaik. Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjelaskan secara lengkap mengenai pengalaman para calon karyawan dan bagaimana cara mereka menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga : 5 Tips EFISIENSI WAKTU ANDA

1. Ceritakan pencapaian tertinggi Anda di perusahaan?

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana peran calon karyawan di perusahaan lama sekaligus menjelaskan apa arti pencapaian menurut calon karyawan tersebut.

2. Gambarkan lingkungan kerja yang Anda suka?

Tujuan: Anda akan mengetahui apakah calon karyawan cocok bekerja di perusahaan Anda atau tidak dan apakah calon karyawan tersebut cocok dengan budaya yang diterapkan di perusahaan Anda. Cari calon pekerja yang siap beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan Anda.

3. Perlakuan dan interaksi seperti apa yang Anda harapkan dari atasan Anda?

Tujuan: Anda akan mengetahui apakah calon karyawan yang Anda wawancarai sangat mandiri atau tidak mandiri sama sekali. Jika Pelamar memiliki mantan bos yang mengerikan. Anda tidak perlu tahu itu. Dan, menjelekkan mantan bos adalah hal yang berbahaya. Anda  akan berpikir bahwa calon pekerja akan melakukan hal yang sama  jika Anda mempekerjakan Mereka.

4. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah dan strategi apa yang Anda gunakan?

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana perfoma calon karyawan di perusahaan lama dan gaya pemecahan masalah yang diterapkan oleh calon karyawan tersebut. Pertanyaan tentang prestasi Anda memungkinkan atasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang etos kerja Anda, dan kesuksesan Anda sebelumnya. Pertanyaan tentang kegagalan Anda menunjukkan kepada atasan bagaimana Anda mengatasi kesulitan di tempat kerja.

Anda juga bisa mendiskusikan apa yang calon pekerja lakukan untuk memastikan kesalahan itu tidak akan terjadi lagi di masa depan. Misalnya, jika Mereka gagal berhasil memimpin proyek tim, mungkin calon pekerja bisa menjelaskan bagaimana calon pekerja kemudian bekerja sama dengan seorang mentor untuk mengembangkan keterampilan manajemen Anda dan memiliki proyek tim yang sukses di lain waktu.

5. Apa yang membuat Anda tertarik melamar bekerja disini? Apa juga yang membuat Anda melamar posisi ini?

Tujuan: Anda akan mengetahui motivasi calon karyawan melamar pekerjaan tersebut dan seberapa penting pekerjaan tersebut bagi dirinya.

Jika calon pekerja menunjukan bahwa posisi tersebut akan memberikan banyak manfaat pada karir calon pekerja. Dan menunjukan bahwa calon pekerja akan totalitas dalam posisi tersebut, bukan digunakan sebagai pekerjaan untuk mengisi waktu luang atau kekesosongan, atau sebagai batu loncatan mendapatkan pekerjaan lain

Dengarkan dan Download : Bagaimana Memilih Orang Yang Tepat Dalam Membangun Bisnis Anda

6. Mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari kantor Anda sekarang? (Jika calon karyawan masih bekerja)

Tujuan: Anda akan mengetahui apa yang sebenarnya calon karyawan butuhkan dari perusahaan Anda dan alasan utama dirinya mencari pekerjaan baru.

Dengan membagikan solusi kepada Anda untuk mencegah kegagalan di kesempatan lain. Hal ini akan menunjukkan bahwa calon pekerja itu bersikap proaktif, fleksibel, dan bersedia untuk maju meskipun hal-hal tidak berjalan seperti yang direncanakan.

Pertanyaan yang memerlukan jawaban luas tapi tetap fokus seperti misalnya kemampuan calon pekerja dalam memecahkan permasalahan, kemampuan memimpin, perilaku positif calon pekerja, kesanggupan bekerja di bawah tekanan atau kemampuan dalam berorganisasi.

Baca Juga : 5 Cara Cerdas Menghadapi Karyawan yang Melawan Atasan

7. Apa tiga kemampuan yang paling menonjol yang bermanfaat bagi perusahaan jika Anda diterima?

Tujuan: Anda akan mengetahui bagaimana calon karyawan mengenali kemampuan dirinya dan bagaimana cara calon karyawan menilai posisi pekerjaan yang dilamar.

Menjadi anggota tim yang baik dan jujur adalah aset penting yang harus dimiliki perusahaan. Ada banyak calon karyawan dengan kemampuan tinggi di luar sana, namun jika tidak dilengkapi dengan tingkah laku yang baik dan jujur, justru akan merugikan perusahaan.

Dedikasi dan Loyalitas adalah aset penting yang harus dimiliki kandidat ketika ingin bergabung di perusahaan. Bila seseorang berdedikasi terhadap pekerjaan, maka karyawan tersebut akan selalu ada untuk perusahaan.

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

Bila calon pekerja dapat memotivasi dirinya sendiri, maka secara otomatis dapat dinilai sebagai type orang yang tidak mudah menyerah. Calon pekerja tidak perlu dukungan ataupun support orang lain untuk bersemangat, justru calon pekerjalah yang dapat membuat orang lain dapat bersemangat dalam bekerja.

Apa saja strategi calon pekerja? Pilih satu dari tiga atribut (kelebihan) yang ingin Anda dengarkan. Calon pekerja harus berpikir strategis mengenai apa yang menjadi kemampuan mereka, sesuai dengan posisi yang Anda butuhkan dan mengapa ini menguntungkan bagi perusahaan. Anda juga harus tahu apakah posisi tersebut membutuhkan interaksi dengan klien?

8. Apa tiga hal yang Anda lakukan jika Anda diterima?

Tujuan: Anda akan mengetahui sejauh mana calon karyawan memahami posisi pekerjaan yang akan dilamarnya.

Itulah 8 pertanyaan yang dapat membantu Anda menemukan karyawan terbaik. Dengan memiliki karyawan terbaik, perusahaan Anda juga akan menjadi sebuah perusahaan yang bisa memberikan pelayanan terbaik bagi orang-orang yang berhubungan dengan perusahaan Anda. Semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan!

By |2019-07-09T14:28:40+00:00July 1st, 2019|Recruitment|0 Comments