7 TIPS MEMBUAT AREA KERJA NYAMAN

/, Productivity/7 TIPS MEMBUAT AREA KERJA NYAMAN

7 TIPS MEMBUAT AREA KERJA NYAMAN

Para karyawan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bekerja, sudah sepantasnya sebuah kantor berfungsi layaknya rumah kedua bagi mereka. Tetapi sebuah pertanyaan sering kali muncul di kalangan perusahaan, baik perusahaan besar maupun startup, “Bagaimana cara membuat ruangan kantor yang nyaman dan produktif?”

cute
Bagi seorang karyawan, kenyamanan kerja sangatlah penting untuk mengurangi tingkat tekanan (stress) dalam bekerja, seperti revisi yang menumpuk, deadline yang tiada habisnya dan kunjungan atasan ke meja kerja.

Jika Anda memiliki suasana yang nyaman, Anda akan lebih produktif lagi dalam bekerja atau menjalankan bisnis. Berikut ini 7 tips membuat suasana kerja Anda lebih nyaman.

1. Lakukan sosialisasi

Jika Anda bekerja, Anda perlu menyadari bahwa lingkungan kerja Anda tidak hanya terbatas pada ruangan atau meja kerja milik Anda. Oleh sebab itu, lakukanlah sosialisasi dengan karyawan yang berasal dari divisi lain. Jangan membatasi diri Anda hanya dalam meja kerja Anda sendiri.

bersama
Jika perlu, saat istirahat berkunjunglah ke divisi lain untuk sekedar ngobrol santai. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman dengan siapapun.

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

2. Lelucon ringan

Untuk meredakan tekanan dan tegangan saat bekerja, cobalah untuk menceritakan lelucon ringan kepada orang lain yang Anda temui. Namun, Anda jangan takut untuk ditertawakan, sebab memang itulah tujuan dari lelucon Anda yaitu untuk mencairkan suasana. Dengan demikian, Anda dan orang-orang yang bekerja di sekitar Anda bisa merasa nyaman dalam bekerja.

laugh

3. Bantulah jangan menunggu untuk dibantu

Jika salah seorang rekan kerja Anda mengalami kesulitan saat mengerjakan pekerjaannya, berusahalah untuk memberikan bantuan padanya. Walaupun bantuan Anda tidaklah seberapa, setidaknya Anda bisa meringankan bebannya. Jika suatu saat Anda mengalami kesulitan yang sama, maka percayalah, orang tersebut juga akan meringankan beban pekerjaan Anda. Cobalah untuk saling bekerja sama dan saling membantu dengan rekan kerja lain.

teliti

4. Ucapkan Terimakasih

Setiap orang suka untuk dihargai dan diapresiasi untuk apa yang sudah mereka lakukan setiap harinya. Sebuah attitude yang positif akan muncul dengan sendirinya apabila Anda dapat menciptakan lingkungan kerja yang bersahabat. Berikan mereka rasa hormat, kebaikan, keterbukaan, kepedulian, dan kepercayaan dan Anda akan mendapatkan imbalannya berkali – kali lipat.

Jika ada rekan kerja Anda yang memberikan bantuannya kepada Anda, berterima kasihlah pada mereka. Jika atasan Anda memberikan tugas dan tanggung jawab, maka berterima kasihlah.

Baca Juga : 5 Konsep Inovasi Proses Produksi

fun
Dengan demikian, Anda akan membangun rasa simpati antara Anda dan atasan Anda dan dengan rekan kerja Anda. Tersenyumlah dan berterima kasihlah kepada mereka yang membantu Anda dan kepada atasan yang memberikan Anda pekerjaan.

5. Mendengarkan dan Berbagi Musik

Manfaat positif mendengarkan lagu saat bekerja adalah menurunkan stress. Dengan mendengarkan lagu favorit, kamu bisa lebih rileks dan tidak stress. Ketika pikiran stabil dan bebas dari stress, sistem tubuh kamu juga akan stabil. Sehingga kamu akan lebih produktif dalam bekerja.

music
Ketika waktu istirahat tiba, dengarkanlah lagu-lagu kesukaan Anda dan perdengarkan juga rekan kerja Anda. Dengan demikian, Anda dan rekan kerja Anda akan menjadi lebih rileks dan tidak tertekan dalam bekerja.

6. Rencanakan Waktu Kumpul Bersama

Rencanakan waktu kumpul bersama dengan rekan kerja atau dengan atasan. Dengan demikian, Anda bisa menjalin keakraban dengan mereka dan bisa juga untuk melepas rasa jenuh dalam bekerja. Pergilah makan siang bersama rekan kerja Anda atau rencanakan sebuah acara bersama seperti karaoke atau pergi ke taman hiburan.

jalan-jalan
Kenali karakter satu sama lain di luar dari pekerjaan. Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa mungkin mereka memiliki kesamaan ketertarikan dengan Anda sehingga Anda dapat mengembangkan hubungan Anda menjadi lebih kuat.

Dengarkan dan Download : Cara Branding dengan Murah

7. Atur meja kerja Anda dengan cara yang menarik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengatur meja kerja agar tampak lebih nyaman adalah dengan mengatur tumpukan berkas-berkas yang ada di meja Anda dengan cara yang stylish. Setelah itu bersihkan meja Anda dan singkirkan kertas-kertas yang sudah tidak digunakan.

Cara kedua agar meja kerja Anda menjadi tempat yang nyaman adalah pasanglah foto orang yang penting dalam hidup Anda, misalnya foto orang tua, foto istri atau suami, foto anak, atau foto keluarga besar Anda. Dengan demikian, Anda akan merasa sangat termotivasi untuk bekerja setiap kali Anda memandang foto tersebut.

Ketiga, tempellah beberapa kutipan motivasi dengan menggunakan sticky notes pada salah satu sudut dinding meja kerja Anda. Dengan demikian, Anda akan selalu merasa termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi dan juga Anda akan menghargai apa yang telah Anda lakukan.

computer

Selanjutnya, tulislah sebuat achievement yang ingin Anda capai kemudian tempellah pada dinding meja kerja Anda. Setiap Anda melihat tulisan itu, maka semangat Anda akan bangkit untuk meraih prestasi tersebut. Anda akan merasa sangat nyaman dalam bekerja dan terhindar dari patah semangat.

Baca Juga : Coaching Membuat Sukses dan Kaya

Sekuat apapun ingatan Anda, terkadang ada hal-hal kecil tapi penting yang Anda lupakan. Oleh sebab itu, membuat memo dan menempelkannya pada dinding meja kerja merupakan pilihan yang tepat. Memo yang Anda buat dengan menggunakan kertas putih saja akan membuat Anda tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda bisa membuat memo dengan menggunakan kertas warna-warni, dan tambahan gambar lucu. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman berada dan bekerja di dalam meja kerja Anda.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan!

By |2019-07-04T15:48:52+00:00May 23rd, 2019|Operation, Productivity|0 Comments