7 Langkah Membuat Karyawan Setia Pada Perusahaan

/, Team Building/7 Langkah Membuat Karyawan Setia Pada Perusahaan

7 Langkah Membuat Karyawan Setia Pada Perusahaan

Kesuksesan satu perusahaan tak hanya karena kelihaian  business owner. Bagaimana ia mengelola hubungan dengan para pekerja ikut menentukan usaha yang digelutinya maju atau tidak. Itu karena karyawan yang sehari-hari membantu business owner menjalankan bisnis.

Memilih tempat kerja bukanlah pilihan yang mudah. Beberapa orang memiliki pemikiran untuk berpindah-pindah tempat kerja agar pengalaman yang didapat cukup dan mengetahui sistem kerja banyak perusahaan. Selebihnya ingin memiliki pekerjaan tetap yang bisa dibawa hingga pensiun. Masing-masing orang memiliki tujuan sendiri dalam menentukan perusahaan mana yang cocok sebagai tempat pengembangan diri tersebut.

purpose
Seperti telah disebutkan, bahwa beberapa orang memiliki tujuan untuk bekerja di perusahaan yang sama dalam waktu lama. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor. Pilihan tersebut pada dasarnya merupakan pilihan yang cukup baik jika Anda sudah memiliki arah dan tujuan yang jelas. Supaya  tidak penasaran, berikut akan ditampilkan alasan berkarir yang membuat orang bertahan untuk berada di perusahaan yang sama.

Baca juga : 10 Rahasia Membuat Pelanggan Fanatik

1. Gaji yang mencukupi

Tidak dipungkiri bahwa gaji adalah faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap lama atau tidaknya seseorang bertahan terhadap sebuah pekerjaan. Sebab kehidupan seseorang berasal dari gaji dan melalui gaji inilah mereka dapat menentukan besarnya pengeluaran tiap bulan.

payroll
Hanya saja, tidak boleh menganggap gaji adalah segala-galanya. Jika demikian, maka ada potensi untuk melakukan penyelewengan uang dari perusahaan untuk keuntungan pribadi. Sesungguhnya, ketika perusahaan sadar dan mau memberikan kompensasi yang sepadan bagi karyawan, ini adalah wujud kepedulian. Banyak kasus terjadi tentang ketidakadilan di lingkungan kerja, yaitu ketika para karyawan digaji lebih rendah daripada yang seharusnya.

2. Senioritas

Loyal terhadap perusahaan membuat seseorang memiliki derajat yang lebih tinggi. Mereka merasa bahwa kontribusi yang telah diberikan untuk perusahaan cukup banyak. Akibatnya, banyak orang yang akan menganggap dia senior. Selebihnya dia akan cukup disegani, lain hal nya jika Anda pindah. Anda harus menemukan lingkungan yang cocok lagi dan sebagainya.

talk

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

3. Pengalaman

Beberapa orang juga enggan pindah dari perusahaan lamanya karena telah memiliki pengalaman. mereka berpikir bahwa pengalaman yang telah diperoleh akan sia-sia bila dia memutuskan untuk pindah, meskipun pada pekerjaan dan jabatan yang sama. Mereka yang memiliki pemikiran seperti di atas adalah orang yang lebih berpikir ke arah passion daripada lainnya.

experience

4. Lingkungan kerja yang mendukung

Lingkungan kerja juga bisa menjadi faktor pendukung bagi Anda menjalankan pekerjaan. Beberapa perusahaan memberikan lingkungan kerja yang sangat loyal, baik dari atasan ke bawahan atau sebaliknya. Namun ada beberapa perusahaan yang menciptakan sistem target dan berpacu dengan waktu. Sehingga tidak ada rasa kekeluargaan dibanding dengan lainnya.

Bagi mereka yang masih bertahan terhadap pekerjaan biasanya dia masih nyaman dengan sistem lingkungan kerja yang ada. Selain itu, tempat kerja juga merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui oleh banyak orang. Bisa saja tempat kerja di kantor merupakan cara yang disukai oleh mereka.

lingkungan-kerja
Carilah lingkungan kerja yang menyenangkan apapun bentuk pilihan karyawan yang Anda inginkan. Dengan lingkungan kerja yang menyenangkan, maka Anda dapat mempelajari banyak hal dan bersemangat dalam bekerja

Survei  menemukan bahwa di antara karyawan yang telah bekerja lima tahun atau lebih, lebih dari seperempat mengaku merasa dihargai dan mempertimbangkan hal itu sebagai alasan utama untuk tetap bertahan di perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca Juga : 7 Jurus Menjadi Kaya

5. Ada jenjang karir

Jenjang karir merupakan kesempatan yang dinantikan oleh setiap karyawan. Adanya jenjang karir memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan kenaikan gaji, jabatan yang lebih tinggi, dan lebih terlihat terhormat dibandingkan dengan jabatan sebelumnya. Semakin cepat jenjang karir yang ditawarkan, maka semakin lama orang akan mencoba bertahan di sebuah pekerjaan.

Berikan kesempatan untuk melakukan pekerjaan besar bagi setiap karyawan secara merata. Setidaknya, ke depan Anda akan memiliki gambaran karyawan mana yang memanfaatkan setiap peluang dengan baik.

career
Perusahaan perlu memastikan bahwa karyawan diberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan diri dan karier mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan mereka pelatihan, menawarkan bantuan untuk mengembangkan diri dan promosi jabatan.

Pemberian  kesempatan ke jenjang karir yang lebih tinggi atau pengembangan diri dengan diberikannya pelatihan-pelatihan yang dapat memberikan nilai lebih bagi kemampuan berpikir dan bekerja Karyawan.

6. Memiliki tempat tinggal yang tetap

Hal ini biasanya dimiliki oleh orang yang telah berkeluarga. Pasalnya pada bagian ini, keluarga bagi mereka tetap nomor satu. Mereka lebih khawatir jika jauh dari keluarga daripada jauh dari sebuah pekerjaan. Meskipun gaji yang dimiliki belum cukup besar, misalnya, tetapi adanya rumah milik sendiri dapat memberikan kenyamanan yang berbeda.

key

Dengarkan dan Download : 7 Kiat Cold Cailing

7. Dapat dibawa hingga pensiun

Contohnya adalah pegawai negeri sipil dan juga perusahaan BUMN. Banyak orang sedang mencari tempat di salah satu dari keduanya karena waktu yang dimiliki oleh para cukup lama. Tidak seperti perusahaan lain, di mana mereka lebih memikirkan tentang jumlah umur, biasanya ada kemungkinan untuk PHK dini. Hal tersebut akan menjadi sebuah kesulitan bila belum memiliki pekerjaan lainnya yang bisa menyokong kehidupan rumah tangga.

menabung
Ketujuh alasan tersebut merupakan cara umum yang biasa disampaikan oleh para karyawan yang tetap bertahan dalam menghadapi pekerjaan. Setiap orang memiliki motif yang berbeda untuk tetap tinggal di dalam perusahaan yang lama. Pada dasarnya semua pilihan tersebut baik, hanya tergantung respon yang muncul dalam diri Anda. Semoga artikel ini juga berguna bagi kehidupan Anda dalam pekerjaan.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan!

By |2019-06-20T13:49:50+00:00May 24th, 2019|Leadership, Team Building|0 Comments
Translate »