Blog

Home /Blog / 7 Langkah Bagaimana Melakukan Riset yang Murah





7 Langkah Bagaimana Melakukan Riset yang Murah

Pelaku bisnis pasti selalu ingin mengembangkan usahanya, tentunya harus  melakukan langkah-langkah yang tepat untuk dapat mengetahui segmen pasarnya. Terlebih bagi calon pelaku usaha yang baru akan melakukan bisnis, juga memerlukan beberapa langkah untuk menyusun strategi dan pemasaran yang baik dalam rangka menciptakan daya saing dengan para kompetitornya. Langkah-langkah yang harus dilakukan meliputi cara untuk mengetahui dan mendapatkan tujuan baru dari pangsa pasar secara menyeluruh.

Salah satu cara untuk mengetahui berbagai macam seluk beluk dari bisnisnya, dengan melalukan riset. Riset sendiri adalah cara yang dilakukan oleh pelaku usaha atau calon pelaku usaha yang ingin mengetahui dan mengumpulkan data atau informasi tentang keadaan pangsa pasar bisnisnya. Penelitian atau riset sangat bermanfaat untuk melihat prospek bisnis hingga di masa mendatang. Pentingnya riset juga dibenarkan oleh American Marketing Association (AMA). Mereka mengemukakan bahwa riset pemasaran merupakan jembatan terbaik antar produsen, pelanggan, dan public.

Pada dasarnya riset juga mengambil peran yang strategis untuk mempersiapkan segala keperluannya untuk menghadapi pasar dalam persaingan global. Penelitian atau riset juga sangat bermanfaat untuk melihat kesempatan dari kebutuhan pasar yang belum terpuaskan atau belum terpenuhi dengan baik. Hal inilah, yang menjadikan riset menjadi senjata mutakhir yang mampu mengungkap adanya kesenjangan dan celah yang dapat dimasuki untuk keperluan pengembangan bisnis dalam meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.

Sejak tahun 2016 ini hampir semua bisnis mulai beralih dan melakukan inovasi dengan pelebaran sayap melalui pasar di internet. Tahun ini, penjualan e-commerse Indonesia diperkirakan akan meningkat tajam karena pengguna internet dan smartphone meningkat tajam. Tumbuh pesat dari 74.6 juta tahun lalu dan diprediksi akan meningkat dua kali lipat tahun 2017. Survei Google terhadap 1.300 orang Indonesia yang tidak belanja online saat ini menjawab akan berbelanja online tahun depan.

Teknologi internet dan komunikasi tentu sangat memudahkan Anda untuk melakukan riset dan menguasai pasar. Agar bisa melakukan riset dengan harga yagn relatif murah, ikuti berbagai langkah berikut :

1) Merencanakan Riset Pasar

Riset harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan bertujuan untuk membantu pelaku usaha dan bisnisnya agar mampu lebih bersaing dan mendapatkan keuntungan. Jikalau riset yang telah dilakukan dan itu tidak menghasilkan keuntungan, ini menunjukkan risetnya telah membuang tenaga, waktu dan lebih baik pelaku usaha melakukan hal lain. Langkah penting menyusun tujuan riset yang menjadi skala prioritas serta menjadi goal dari risetnya.

2) Mengembangkan Rencana dalam Mengumpulkan Informasi dengan Efisien

Pengembangan rencana sangat mempengaruhi dari langkah selanjutnya dari yang ingin dicapai dan bagaimana cara untuk menggapainya dengan tujuan realistisnya. Menemukan ide dalam pengembangan rencana menjadi hal krusial untuk menentukan langkah selanjutnya, hingga dapat memutuskan tujuan yang menjadi prioritasnya. Sehingga akan mudah menyusun strategi dalam mengatur langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan.

3) Mencari Data yang Berguna

Data yang dipergunakan dalam riset harus akurat dan memperolehnya semakin mudah dengan adanya kemajuan teknologi internet. Data dapat diperoleh dari sumber data perekonomian dan industri dari pemerintah, data dari organisasi perdagangan, data dari publikasi perdagangan, dan menggunakan data dari institusi akademik.

4) Pergunakan Data yang ada dalam memutuskan kondisi permintaan pasar

Pada dasarnya bisnis yang digeluti pelaku usaha akan mempunyai kesempatan yang sangat baik dan tepat untuk menjadi sukses jikalau dapat memenuhi permintaan pasar yang belum terpenuhi. Maka dari itu, pelaku bisnis berfokus pada tujuan untuk menyediakan produk dan pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh pasar. Data-data yang telah terkumpul dari berbagai sumber, dapat dianalisis untuk mengetahui kebutuhan yang belum terpenuhi pada pangsa pasarnya.

5) Lakukan survei

Melakukan survei menjadi hal yang umum dilakukan untuk mengetahui dan menawarkan kepada peneliti pasar dalam mendapatkan sampel besar yang berguna untuk membuat keputusan tentang strategi pasar. Hasil survei juga mempunyai kedudukan yang berposisi relatif impersonal dan sangat penitng dalam meyakinkan bahwa survei pelaku usaha dibuat dengan menggunakan data yang mudah dalam penghitungannya dan pelaku usaha dapat mendapatkan tren yang sangat bermanfaat dari survei.

6) Lakukan Analisis Data

Langkah selanjutnya melakukan analisis data termasuk menganalisis SWOT. Hal ini mempengaruhi akan kejelian dari pelaku usaha dalam menentukan strategi selanjutnya. SWOT sendiri terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats. Penggunanaan SWOT ini, mengambil peran yang sangat berpengaruh pada pengembangan riset dalam hal menentukan unsur-unsur dari bisnis. Jikalau data yang didapatkan dari riset pasar dapat juga dipergunakan untuk melihat kesehatan bisnis secara menyeluruh, baik segi kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman dari para kompetitor.

7) Menemukan Tujuan Pasar yang Baru

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya menemukan pangsa pasar baru yang akan menjadi fokus selanjutnya. Tetapi sebelumnya harus menemukan tujuan pasar yang baru yang terdiri dari kelompokorang yang telah memperoleh promosi, iklan bisnis, dan pada akhirnya menjual produk, jasa, atau layanan kepada kelompok orang tersebut. Data riset pasar yang di dapatkan, juga dapat memperlihatkan bahwa orang-orang tertentu merespon baik atas bisnis yang ditawarkan oleh pelaku usaha dan dapat meningkatkan keuntungan dari proses masuk ke tujuan pangsa pasar baru.

Media online juga menjadi salah satu tujuan pasar baru yang bisa melejitkan keuntungan bisnis Anda. Lakukan penetrasi pasar dengan cara kreatif dan dapatkan pelanggan yang potensial dengan lebih cepat.

Ke-7 cara melakukan riset murah ini, bertujuan untuk membantu pelaku usaha atau calon pelaku usaha untuk melakukan riset dalam rangka mengetahui, mengumpulkan, dan menganalisis tentang pasar bisnisnya. Terlebih riset ini, sangat bermanfaat untuk kesinambungan bisnis, dan mempersiapkan langkah untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle