7 KESALAHAN BUSINESS PLAN MEMBUAT KEGAGALAN FATAL

//7 KESALAHAN BUSINESS PLAN MEMBUAT KEGAGALAN FATAL

7 KESALAHAN BUSINESS PLAN MEMBUAT KEGAGALAN FATAL

Plan atau rencana di dalam perusahaan itu sangat penting, mengingat tujuan dari sebuah rencana itu adalah untuk memastikan terwujudnya goal-goal yang ditentukan tersebut. Salah seorang penulis asal perancis bernama Antoine de Saint mengatakan “A goal without a plan is just a wish” yang artinya tujuan tanpa rencana hanyalah harapan.

Hanya 63% bisnis mampu mewujudkan rencana menjadi kenyataan, hal itu dikarenakan adanya kesalahan dalam membuat rencana. Ada 7 kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang gagal merencanakan dan akhirnya membuat bisnis tidak berkembang.

7 hal ini harus anda perhatikan agar tidak gagal dalam membuat rencana, yuk kita bahas satu persatu :

BACA JUGA :LAKUKAN INI! DIJAMIN SUKSES AKAN TERCAPAI LEBIH CEPAT

1. Gagal Memahami Situasi

kalau anda perhatikan, di Indonesia sedang mengalami banyak sekali perubahan-perubahan yang menarik. Mulai dari perubahan dalam dunia bisnis online, kuliner, industri manufacture, export import.

Sampai pada akhirnya banyak perusahaan yang hengkang dari Indonesia. Perubahan-perubahan ini menjadi perhatian dan menjadi bagian dalam rencana anda. Jika anda tidak mengikuti rencana yang sudah dibuat saat ini, maka anda akan kehilangan kesempatan untuk meraih kesuksesan di tahun 2020.

2. Meremehkan Kompetitor

Apa sih kompetitor ? kompetitor adalah pesaing, dalam bisnis kompetitor adalah saling berlomba untuk memojokkan perusahaan lawan. Jangan meremehkan kompetitor anda, saat ini kompetitor ada 2 jenis yaitu kompetitor kelihatan dan kompetitor tidak kelihatan.

Kompetitor yang kelihatan adalah yang anda kenal, yang anda tahu, dan yang anda perhatikan ada disekeliling anda. Sementara untuk kompetitor yang tidak kelihatan seperti misalnya travel agent. Tidak semua travel agent memiliki kompetitor travel agent juga, ada banyak online aplikasi. 

Bukan sekedar toko online atau online travel agent, tetapi juga ada individu-individu yang bisa menjadi travel agent dengan memiliki 1 software saja. Jadi jika anda tidak memperhatikan gerak kompetitor maka akan membuat bisnis anda tidak berdaya pada saat semua kompetitor menyerang anda.

3. Masa Bodoh terhadap Ancaman Ekonomi

Salah satu hal yang dihindari dan sangat tidak diinginkan adalah krisis ekonomi. Krisis ekonomi sangat menyeramkan bagi suatu negara. Untuk menghindari krisis tersebut maka anda dituntut agar tidak masa bodoh terhadap ancaman ekonomi tahun 2020.

Ahli ekonomi, Nouriel Roubini telah memprediksi bahwa 2020 akan terjadi krisis ekonomi. Hampir semua media menyatakan hal serupa, bahwa Kita terancam dengan yang namanya bubble. Yang paling banyak diberitakan saat ini adalah bubble properti, bubble properti merupakan kenaikan harga rumah akibat meningkatnya permintaan dan sejumlah spekulasi lainnya. Hal tersebut mengundang banyak perhatian pengamat bisnis termasuk para investor, tak terkecuali Warren Buffett. Publik pasar modal dihebohkan dengan Warren Buffett, beliau menjual portfolio mereka. Tidak hanya itu, Warren Buffett juga menjual saham-sahamnya.

Akibat dari semua itu banyak keluhan dari para investornya karena banyak uang nganggur. Tapi pertanyannya adalah mengapa Wareen Buffett mau menjual sahamnya sekarang? Karena menurut beliau, kita tidak pernah tahu dalam waktu yang sangat-sangat singkat akan terjadi yang namanya krisis. Dan sayangnya banyak sekali orang yang tidak percaya. Mungkin tidak dalam waktu dekat tetapi minimal kita harus persiapan.

4. Tidak punya Data

Tidak punya data laporan keuangan, tidak ada laporan penjualan, tidak ada laporan customer survey, tidak ada laporan kompetisi, kalau anda tidak punya data apa yang mau anda rencanakan.

Kalau anda tidak punya data, artinya anda menciptakan yang namanya proyeksi kegagalan. Nah hal yang berbahaya itu bisa terjadi jika anda tidak punya informasi atau data yang bisa anda gunakan sebagai alat perencanaan.

TONTON VIDEO INI : 3 HAL PENTING DALAM MEMBUAT BUSINESS PLAN

5. Tidak punya Mentor

Ketika anda belajar sepeda biasanya orang tua akan mendampingi, sampai akhirnya anda bisa mengendarai sendiri tanpa didampingi lagi. Begitu juga di bisnis, pendamping atau pembimbing itu disebut mentor. Selain itu mentor juga bisa menjadi motivator dikala bisnis anda mengalami keterpurukan. Perlu diingat juga bahwa bisnis yang tidak selalu mulus jalannya, maka peranan mentor akan sangat membantu dalam menganalisa masalah bisnisnya.

Jadi kalau anda tidak punya mentor itu akan menjadi satu alasan yang berat, kenapa? karena kita sering kali terbatas penglihatannya. Mentor bisa memberikan kita perspektif atau pandangan. Karena mereka sudah melewati  banyak hal asam garam didunia bisnis yang mungkin kita belum pernah alami. Sehingga memiliki  mentor akan sangat-sangat bagus untuk membuat planning anda akurat.

6. Tidak memiliki Rencana Pengembangan SDM

Sumber daya manusia di tahun 2020 akan sangat berbeda dengan 2019 atau bahkan 2018. Karena generasinya sudah berubah, bukan hanya milenial yang anda akan temui tetapi juga Generasi Z. Bukan Gen Y lagi tapi Gen Z, Gen Z memiliki cara berpikir yang sangat unik yang luar biasa berbeda. Dapat dikatakan Gen Z ini lebih agresif didalam dunia kerja melebihi generasi sebelumnya. Anda harus bisa menghadapi gen Z yang menuntut adanya pengembangan sumber daya manusia.

7. Buat Planning Sendirian

Membuat planning atau perencanaan dengan tidak melibatkan karyawan, supplier, consultant, atau bahkan para pakar maka bisa dipastikan anda akan mengalami kegagalan sendirian. Semua karyawan tidak akan merasa bertanggung jawab dengan rencana anda. Maka bisnis anda hanya bergantung pada 1 orang yaitu anda, dan semua karyawan hanya sebagai penumpang. Kalau seperti itu berarti yang bertanggung jawab untuk mewujudkan rencana anda ya hanya anda sendiri, bukan karyawan-karyawan anda.

Tetapi jika anda memiliki planning yang baik, bersama mentor, bersama data, bersama analisa kompetisi planning maka akan sangat-sangat luar biasa. Seperti yang diungkapkan oleh Benjamin Franklin dalam quotes of planning, ia mengatakan ”by failing to prepare, you are preparing to fail” yang artinya jika anda gagal membuat rencana anda sedang merencanakan kegagalan anda.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : BAGAIMANA CARA MEMBUAT PLANNING BISNIS KELAS DUNIA

Itulah 7 kesalahan business plan yang bisa membuat kegagalan yang fatal. Semoga bisa dihindari kesalahan tersebut yah.

Untuk bisa lebih meningkatkan bisnis anda di tahun 2020, ikutilah Full Year Plan Workshop yang diadakan oleh Top Coach Indonesia tanggal 15 januari 2020 dengan topik “How to Scale Up Your Business in Crisis” di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta.

Menghadirkan pengusaha handal “CRAZY RICH SURABAYA” Bapak Hermanto Tanoko founder dan  CEO Tancorp holding Tancorp Abadi Nusantara. Tancorp merupakan perusahaan holding yang sedang berkembang pesat luar biasa dan saat ini tancorp telah bertransformasi menjadi perusahaan holding nasional terbesar di indonesia. Memiliki 8 perusahaan subholding dengan 300 brand lebih di berbagai bidang. Mulai industri distribusi, property, perhotelan makanan, minuman, kesehatan, kecantikan bisnis jaringan serta cafe dan restorant.

Ayo daftar segera ke 021-29078909 / 08111595979.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-12-02T17:44:00+07:00December 2nd, 2019|Coaching|0 Comments