6 Rahasia Membangun Teamwork yang Disegani Kompetitor

//6 Rahasia Membangun Teamwork yang Disegani Kompetitor

6 Rahasia Membangun Teamwork yang Disegani Kompetitor

Ada kunci dalam suatu teamwork yang memegang peranan yang sangat vital supaya menjadi teamwork sukses di dalam proses keterkaitan dan keterikatan setiap anggotanya. Tanpa kerja sama yang benar dari semua anggota, sangat mustahil organisasi akan menjadi langgeng dan mencapai sukses. Berikut beberapa kunci sukses dalam suatu teamwork, antara lain :

 1. Komitmen Penuh

Komitmen merupakan suatu tekad yang kuat untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam organisasi. Komitmen dapat dijadikan sebagai pembuka untuk awal dari kerja sama, sekaligus sebuah penutup untuk mencapai tujuan. Dengan komitmen yang penuh, semua anggota akan berupaya dalam memberikan kontribusi yang terbaik dan sekuat tenaga demi mewujudkan kejayaan bersama.

commitment
Pembentukan sebuah tim yang kompak membutuhkan komitmen yang kuat. Komitmen adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen atau tanggung jawab ini perlu dipegang oleh semua anggota tim dan tidak hanya kepada ketua kelompok saja dan komitmen inilah yang nantinya dapat menyelamatkan kelompok ketika menghadapi masalah. Setiap orang memiliki target sendiri disetiap tahun.

Semua anggota tim harus berpartisipasi dalam membuat keputusan berkualitas tinggi secara bersama-sama. Setelah suatu keputusan telah diambil, semua anggota harus memberikan 100% support dan komitmen dalam menjalaninya.

Dengarkan dan download : 5 Rahasia Kelola Waktu

2. Empati dan Mendengarkan

Kemampuan dalam bersikap empati terhadap anggota yang lain dan mendengarkan semua pendapat merupakan awal dari komunikasi yang benar. Apapun pendapatnya, benar atau salah, dapat disaring dan diolah menjadi kesimpulan bagi semua orang. Seorang pemimpin dapat memberikan pelatihan sebagai bagian dari empati kepada para tim kerjanya supaya terbentuk rasa diberdayakan dan juga dipedulikan sebagai bagian integral dari sebuah kerja sama.

Selain pelatihan terhadap karyawan baru, topik empati juga bisa diangkat pada pelatihan leadership. Hal ini bisa mendorong para leader untuk mempertimbangkan pengalaman dan perspektif karyawan saat menyelesaikan masalah dan mengelola konflik. Dengan begitu, leader bisa memimpin tim menuju produktivitas yang lebih tinggi.

empathy
Dalam dunia kerja, hal yang perlu Anda ingat adalah Anda bekerja dengan orang dimana interaksi akan terus dilakukan dan Anda akan terus bertatap muka, bukan dengan perusahaan. Perusahaan hanya sebuah wadah yang menempatkan Anda dan orang di dalamnya. Oleh sebab itulah, perasaan empati pada tiap karyawan perusahaan harus bisa dilakukan agar bisa mencapai kinerja yang besar dan positif.

3. Mengelola Tantangan

Mengelola kesukaran perlu untuk melibatkan peran aktif dari semua anggota. Tantangan dan kesukaran terbesar yaitu mengelola kerja sama di dalam sebuah organisasi dan secara bersamaan mendorong untuk setiap anggota bersaing secara fair dan terbuka serta memberikan yang terbaik kepada organisasi.

brainstorm
Dengan menggunakan pemecahan masalah secara kelompok, maka Anda dapat menggunakan pengetahuan kolektif dari karyawan untuk menuntaskan masalah.Brainstorming merupakan cara yang paling populer untuk memunculkan beragam gagasan. Semakin banyak kemungkinan dapat Anda munculkan, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan solusi yang bagus.

Terkadang saran yang paling “berani” dapat memicu garis pemikiran yang membawa pada solusi inovatif. Di antara gagasan-gagasan itu, adalah masuk akal kalau kita juga mempertimbangkan solusi yang pernah digunakan oleh orang lain untuk menangani hal yang sama. Memiliki keyakinan dapat berdiri sendiri.

4. Saling Menghormati

Menciptakan sikap saling hormat terhadap sesama anggota dalam sebuah organisasi akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling peduli sehingga akan menciptakan teamwork sukses. Sikap hormat yang dilakukan diluar organisasi akan menciptakan apresiasi dari masyarakat dan akan menumbuhkan penghargaan bahwa organisasi tersebut memiliki anggota yang bernilai untuk orang lain.

Sebagai tim yang berarti terdiri dari beberapa orang yang memiliki pemikiran dan pendapat masing-masing harus bisa tetap saling menghormati satu sama lain. Dengan saling percaya dan saling menghormati yang kuat akan mempermudah bekerja sama.

respect
Sebesar apa pun perbedaan yang terjadi tak akan mampu mengikis kekompakan tim jika rasa saling menghargai dan menghormati sudah tertanam mendalam di dalam diri seluruh anggota.

Kesuksesan Anda dalam membangun team yang solid akan membuat bisnis Anda menjadi bertumbuh atau berkembang delam menghadapi era Dispruptif.

Dengarkan dan download : 7 Kesalahan Jatuhnya Family Bisnis

 5. Berdoa untuk Memberikan Kekuatan

Banyak orang percaya bahwa kesuksesan bukan hanya berasal dari hasil kemampuan dan kerja keras saja. Tetapi juga dengan doa kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kekuatan di dalam perjuangan yang telah dihadapi.

bersama1
Anda dapat membiasakannya dengan berdoa sebelum bekerja, supaya semua anggota berdoa memohon kekuatan Tuhan untuk dapat membantu dalam mengatasi persoalan dan hambatan yang menghadang proses kerja sama.

6. Membuang Rasa Ego

Membuang rasa ego pribadi bukan hal yang mudah. Banyak orang merasa bahwa dirinya yang paling benar, hebat, dibutuhkan, dan paling berperan. Suatu organisasi yang sehat berisikan anggota yang mampu untuk membuang rasa ego demi menjaga kebaikan bersama. Membuang rasa ego dapat dipraktekkan dengan cara membuang gengsi dan sikap yang tidak mau kalah.

teamwork
Biasanya, ego akan muncul ketika seseorang ingin lebih terlihat menonjol ketimbang orang lain. Selain itu, ego muncul ketika salah seorang anggota tim selalu saja melempar kesalahannya pada orang lain. Hal ini akan menimbulkan kericuhan yang membuat kerjasama tim tidak bisa berjalan baik.

Itulah benerapa kunci keberhasilan sebuah teamwork sukses yang lebih ditentukan oleh sinergi dari semua anggota termasuk pimpinan didalam organisasi. Kunci sebuah sukses terletak pada kemampuan dan daya guna setiap orang dalam memberikan nilai tambah dan manfaat untuk kemajuan dan keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan bersama.

 

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan!

By |2019-06-20T10:06:16+00:00May 29th, 2019|Team Building|0 Comments
Translate »