5 TIPS EFISIENSI WAKTU ANDA

//5 TIPS EFISIENSI WAKTU ANDA

5 TIPS EFISIENSI WAKTU ANDA

Siapa yang mampu membeli waktu? Waktu yang sudah terlewat tidak bisa Anda kembalikan. Anda tidak bisa berbuat apa – apa termasuk membeli waktu Anda yang telah hilang.

Kadang Anda atau pun saya tidak sadar kalau waktu yang dimiliki itu sesuatu yang tidak bisa digantikan oleh apapun. Saya rasa kadang kita melupakannya atau menyepelekan waktu yang diberikan kepada kita.

Alhasil tinggal penyesalan yang akan mengikuti di samping Anda. Anda mau bagaimana lagi? Sudah lewat ya tinggal lewat saja.

Dalam artikel ini saya akan share soal cara untuk bisa menghemat waktu setiap hari. Tentunya juga untuk memaksimalkan waktu Anda:

Baca Juga : 6 Alasan Anda Harus Memiliki Team yang Hebat

1. Bangun Pagi Tepat Waktu

Bangun pagi untuk sebagian orang memang susah. Apakah Anda ada diantaranya? Namun, bagi seorang muslim bangun pagi bukan hal yang sulit bukan? Tentu Anda perlu menunaikan kewajiban sebelum matahari terbit. Tetapi untuk Anda yang masih sulit bangun coba pasang alarm.

Berusaha untuk bangun pagi dan memulai aktivitas sebelum matahari terbit adalah keinginan banyak orang, tetapi sangat sedikit orang yang benar-benar bisa mengubahnya menjadi suatu kebiasaan. Bahkan, sejumlah filsuf mengatakan, dengan bangun lebih awal, seseorang akan menjadi lebih produktif.

Saat alarm berbunyi tentunya Anda harus biasakan langsung segera bangun. Kalau ingin bangun pagi tetapi kualitas tidur tidak berkurang, berarti Anda tidak boleh tidur larut malam. Bukan berarti tidak boleh begadang. Begadang boleh saja kalau ada perlunya. Kelebihannya Anda bangun tepat waktu ini membuat Anda tidak terburu – buru dalam aktivitas.

Para peneliti di Universitas Roehampton Inggris menyimpulkan, bangun pagi juga memberikan manfaat lain seperti misalnya tiba di tempat kerja tepat waktu, menyiapkan segala keperluan sekolah anak lebih awal, dan menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat.

Peneliti menambahkan, pada orang yang mempunyai kebiasaan begadang hingga larut malam, biasanya akan cenderung memiliki perasaan tertekan atau stress lebih tinggi dan berpotensi mengalami kelebihan berat badan.

Dengarkan dan Download : Profit atau Rugi

Dalam pengamatannya, peneliti telah mewawancarai 1.068 orang dewasa terkait kesehatan dan kebiasaan tidur mereka. Hasilnya diketahui bahwa mereka yang terbiasa bangun pagi umumnya rata-rata mengawali aktivitas lebih awal, lebih bahagia.

2. Selesaikan Satu Pekerjaan, Baru Kemudian Kerjakan yang Lain

Kebiasan orang itu pasti nanti deh, nanti dulu sama yang ini aja. Kalau Anda terus – terusan menunda seperti itu mana bisa kelar kerjaan Anda? Hasilnya pekerjaan Anda akan menumpuk setinggi gunung Himalaya. Akhirnya bingung mau kerjakan yang mana dulu karena semuanya harus selesai bersamaan.

Kadang seseorang menunda-nunda pekerjaan dan akhirnya menerima tumpukan tugas karena mereka merasa mampu menyelesaikan sekalipun deadline di depan mata. Sesekali mungkin masih sah-sah aja dilakukan, tapi kalau terus begini kamu bisa capek hingga jenuh bekerja. Ini akan berpengaruh pada semangat kerja.

Dengan memiliki jadwal pekerjaan, Anda akan menjadi lebih terorganisir dalam melakukan sesuatu. Ini akan sulit pada awalnya tapi Anda akan terbiasa pada akhirnya. Anda tidak akan lagi merasa memiliki pekerjaan yang menumpuk karena Anda sudah mengatur hal-hal yang harus Anda lakukan berdasarkan jadwal.

Saya yakin Anda tidak ingin kehilangan waktu pastinya. Supaya tidak membuang – buang waktu sebaiknya Anda melakukan satu hal saja dalam satu waktu. Kalau kerjaan itu sudah selesai baru Anda bisa mengerjakan yang lainnya.

3. Hindari Membuang Banyak Waktu untuk Browsing Hal tidak Jelas di Internet

Internet memang sudah seperti jadi candu untuk masyarakat. Kalau Anda sudah bersinggungan dengan internet pasti ada saja yang di browsing. Bahkan kadang sampai lupa waktu. Saran saya coba lakukan yang lebih bermanfaat ketimbang browsing yang tidak jelas di internet.

Tidak banyak orang memahami bahwa waktu tidak bisa dibeli. Anda bisa membeli apa saja yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak dapat mengembalikan waktu Anda yang telah hilang. Waktu adalah salah satu hal yang tak tergantikan di dunia ini, dan terkadang banyak yang melupakannya.

Dengarkan dan Download : Rahasia meningkatkan kepuasan Pelanggan

Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita. Entah itu terlalu banyak membuka media sosial, bermain game online, online chatting, atau hal-hal lainnya tanpa disadari telah menghabiskan waktu berharga yang Anda miliki.

Gunakan waktu Anda dengan bijak dengan menghilangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda ingin secara serius mencapai tujuan besar dalam hidup.

4. Selesaikan Pekerjaan Rumah Sebelum Melakukan Kegiatan Lain

Maunya sih bisa menyelesaikan pekerjaan baru tapi apa daya tangan tak sampai. Anda malah jadi sadar kalau tidak siap. Maka itu baiknya Anda kerjakan saja dulu pekerjaan rumah Anda sebelum mencoba kerjaan baru.

Jangan membiarkan rumah dan juga pekerjaan Anda menjadi berantakan dan tidak teratur sama sekali. Hal ini akan membuang banyak waktu dan juga tenaga Anda untuk membereskannya, terutama jika ternyata Anda membiarkan hal serupa terjadi pada berbagai hal di dalam kehidupan Anda. Mulailah untuk merapikan berbagai hal tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan Anda.

Baca Juga : 5 BAKAT Orang Sukses

5. Menaruh Segala Sesuatu pada Tempatnya

Perhatikan lokasi penyimpanan barang-barang Anda. Bagi barang-barang yang sering Anda gunakan, sebaiknya disimpan pada lokasi mudah diraih dan mudah terlihat. Sebaliknya, bagi barang-barang “musiman”, sebaiknya simpan pada lokasi-lokasi aman yang lebih sulit dijangkau. Dengan cara ini membuat Anda beraktivitas di dalam rumah dengan lebih efisien, tanpa perlu membongkar tempat penyimpanan karena terhalang “barang-barang musiman”.

Sifat lupa memang lumrah bagi manusia. Biasanya lupa menaruh kunci atau barang yang lain. Apakah itu Anda alami? Jika iya, sebaiknya mulailah menaruh sesuatu sesuai tempatnya. Itu akan membuat Anda menghemat waktu kalau tiba – tiba perlu untuk mencari kembali.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan!

By |2019-07-04T15:48:52+07:00June 27th, 2019|Productivity|0 Comments