5 LANGKAH SUKSES BISNIS COFFE SHOP

//5 LANGKAH SUKSES BISNIS COFFE SHOP

5 LANGKAH SUKSES BISNIS COFFE SHOP

Coffee shop adalah business yang berkembang sejak tahun 2016. Bagi kamu yang ingin membuka coffee shop tentu hal ini tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena coffee shop adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan. Jadi kafe yang sukses bukan berdasarkan modal belaka.

Sebelum kamu membuka gerai kopi, ada baiknya menyimak isi artikel ini yang tentunya akan membantu kamu supaya sukses. Coffee shop adalah salah satu bisnis yang menjanjikan bagi anak muda dan paling sering dinikmati masyarakat. Tak mudah memang jika kita mendirikannya sendirian, namun jika berkolaborasi dengan teman atau kerabat, bisa jadi memiliki coffee shop impian bisa segera terwujud.

Sekarang saya akan memberikan 5 point penting kalau Anda ingin membangun coffee shop yang menarik:

BACA JUGA : 7 MENTAL YANG PASTI MEMBUAT ANDA MENDERITA

1. Pelayanan

Yang pertama adalah pelayanan makin banyak orang yang datang biasanya pelayanannya makin agak susah dan lama, nah coffee shop yang baik adalah coffee shop yang bisa maintance atau bisa menjaga pelayanan dengan lebih maksimal.

2. Branding

Yang kedua adalah branding. Apakah coffee shop Anda memiliki brand atau nama yang mudah untuk di ingat? Apalagi yang harus dipikirkan pertama dari kegiatan bisnis anda selain nama. Ya segera pikirkan nama coffee shop yang sesuai dengan anda.

DOWNLOAD DAN DENGARKAN : 6 Kesalahan Fatal Family Bisnis

Kamu bebas berkreasi menentukan mau pakai nama apa, bahasa apa, dengan filosofi apapun. Nama tidak hanya akan dipajang di depan coffee shop anda. Tapi juga akan menjadi magnet yang menarik banyak pengunjung ke coffee shop anda.

Buatlah sosial media untuk mempromosikan coffee shop itu. Dengan nama yang sudah ada, kamu tidak perlu lagi ragu mematenkannya. Jika sudah, kamu bisa tenang dan fokus mengembangkan bisnismu ini.

3. Produk

Yang ketiga tentunya product atau jenis varian/ variasi dari product itu sendiri biasanya kalau Anda jual kopi, kopi apa yang menarik kopi apa yang bisa membuat orang ketagihan atau jangankan ada kopi bisa juga ada makanan minuman lainnya, varian-varian makanan dan minuman atau kombinasi ini juga akan menjadi bagian yang penting untuk coffee shop.

Hampir semua coffee shop memiliki menu yang sama. Sebab bagaimanapun menu utama mereka adalah sajian kopi dan beberapa jenis pastry. Namun bukan tidak mungkin anda memiliki menu andalan yang bisa menjadi pembeda dari yang lainnya.

Uji coba saja setiap ide yang kamu punya. Jika berhasil dan pelanggan menyukainya maka luncurkan saja menu itu. Berikan promo di awal agar banyak yang mencoba dan merekomendasikan kepada teman mereka.

Ada menu andalan tentu ada pula yang membedakan dan menjadi keunikan coffee shop Anda. Salah satunya yaitu packaging untuk makanan ataupun minuman bagi pengunjung yang ingin membawanya pulang.

Sebab, tidak jarang mereka mampir bukan untuk duduk lama, tapi karena suka dengan menumu dan ingin menikmatinya di kantor, perjalanan maupun rumah. Jika kamu memiliki packaging yang unik untuk makanan dan minuman yang kamu tawarkan, mereka pun akan terkesan dan tidak ragu merekomendasikan kepada orang lain.

4. Program Marketing

Yang keempat adalah program marketing, program promosi, program bersama-sama dengan pihak ketiga seperti Gopay, Ovo dan seterusnya yang bisa membuat promosi marketing jadi lebih terkenal.

Dan buatlah sosial media untuk mempromosikan coffee shop Anda. Dengan nama yang sudah ada, Anda tidak perlu lagi ragu mematenkannya. Jika sudah, kamu bisa tenang dan fokus mengembangkan bisnis anda ini.

Nah, bukan anak millenial namanya jika tidak pergi ke cafe untuk berfoto ria. Sosial media seperti Instagram masih menjadi tempat mereka menunjukkan siapa diri mereka dan kemana saja mereka pergi. Termasuk coffee shopmu yang akan muncul di dalam akun mereka.

Ciptakan suasana yang sesuai dengan konsep coffee shopmu. Letakkan barang-barang yang sesuai dan biarkan mereka mengexplore diri untuk berfoto dan mengunggahnya di sosial media. Kamu justru semakin bersyukur, sebab mereka adalah salah satu agen kita untuk mempromosikan coffee shop ini.

DOWNLOAD DAN DENGARKAN : 5 Rahasia Kelola Waktu

5. Komitmen dan Kualitas

Yang terakhir adalah komitmen dan kualitas produk biasanya kalau coffee shop membutuhkan komitmen untuk menjaga kualitas coffeeshop yang baru mungkin enak tapi begitu agak lama sedikit mulai menurun productnya makin turun kualitasnya makin turun, variannya makin kurang menarik ini yang akan membuat coffee shop Anda makin di tinggalkan oleh banyak orang.

Semua hal dipaparkan di atas tidak akan ada gunanya jika  minuman yang dihasilkan kamu jauh dari kualitas yang diharapkan. Jadi pastikan minuman yang ada di coffee shop kamu terjaga kenikmatannya dan membuat pelanggan tak mudah lupa dan tentunya mau jadi pelanggan setia.

BACA JUGA : 5 KONSEP INOVASI PROSES PRODUKSI

5 hal ini akan mengundang komunitas-komunitas. Banyak sekali coffee shop sukses karena bisa mengundang komunitas, mungkin Anda lihat lokasi coffee shop Anda apakah ada mahasiswa? apakah ada universitas? atau ada mungkin jogging trek atau mungkin ada komunitas senam ini akan membuat mereka akan tertarik dengan coffee shop Anda at least kalau mereka datang suka, bisangobrol-ngobrol dan akhirnya membawa teman-teman lainnya. Semoga tips ini bermanfaat buat Anda.

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan

By |2019-09-17T12:05:11+00:00September 17th, 2019|Coaching|0 Comments