5 HAL YANG WAJIB DILAKUKAN SEORANG LEADER

Leader1
Tantangan tiap pemimpin adalah melakukan perubahan, memberi gerakan nyata ketika orang-orang memilih untuk ikut bergerak ke arah dan tujuan yang sama. Suatu organisasi atau perusahaan dituntut untuk memiliki seorang Leader yang berkualitas. Apabila Leader tidak kompeten, maka perusahaan tidak akan memiliki arah dan tujuan yang jelas. Begitulah tabiat seorang pemimpin bahwa tim akan mengikuti jejak atasannya. Jika atasannya tidak sukses, tim tidak sukses. Apabila Leader tidak berani dan mudah goyah, maka tim juga akan bersikap tidak jauh berbeda dengan pimpinannya.
Nah, ada 5 hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi Leader yang berkualitas. Lima hal ini bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Anda tidak perlu menunggu untuk melakukannya bahkan 5 kriteria ini adalah fondasi penting untuk membuat bisnis Anda lebih sehat.
1. Leader yang Bersih
Tipikal pertama adalah untuk menjadi leader yang berkualitas, Anda harus bersih secara jasmani atau pun rohani. Kenapa? Apabila Anda menjalani hidup yang bersih, maka hidup Anda akan tenang. Walaupun hasil yang Anda dapatkan itu kecil tapi hidup Anda bisa tenang, kecil tapi menguntungkan, kecil tapi tidak dikejar-kejar utang.
Seorang Leader juga harus bersih secara fisik. Misal, kantornya harus bersih, ruangannya rapi dan teratur. Ada yang pernah bilang kepada saya seperti ini, “Coach, kantor Top Coach Indonesia di Kelapa Gading sudah berapa lama?”
Saya jawab bahwa kantor saya sudah berdiri sejak tahun 2010 dan dia bilang kalau kantor saya seperti kantor baru. Hal ini karena kantor saya selalu bersih. Kita harus memiliki kebiasaan untuk menjadi orang yang bersih. Karyawan kita akan bersih kalau kita bersih.
Kedua adalah secara mental dan kebiasaan yang bersih. Misal, kalau punya utang Anda komit untuk membayar. Jangan sampai Anda hobi untuk meminjam uang, pinjam sesuatu tetapi tidak punya niatan untuk membayar. Ingat bahwa utang membuat Anda hina di siang hari, dan membuat Anda gelisah di malam hari. Nah, kebiasaan ini akan membuat Leader tidak bersih dan karyawan tidak melihat Anda layak untuk ditiru.
2. Fokus
Coba bayangkan, kalau Anda punya anak panah, ada busur, ada tali, lalu anak panah tersebut Anda lepas. Yang namanya ujung mata panah, sudah pasti akan mengejar target sesuai dengan arah yang ditentukan oleh pemanahnya. Dia tidak mengambil keputusan yang berkelok-kelok.
Leader4
Nah, Anda harus bisa seperti anak panah. Setelah Anda memutuskan, kejar sampai selesai dan sampai dapat. Setelah Anda mengatakan bahwa kita harus mendapatkan big client, maka kemudian pindahkan pikiran Anda, perilaku, komunikasi, dan konsisten untuk membuktikan apa yang Anda inginkan. Kita kejar sampai dapat dan tuntas. Seperti anak panah yang fokus setelah diarahkan.
Saya jawab bahwa kantor saya sudah berdiri sejak tahun 2010 dan dia bilang kalau kantor saya seperti kantor baru. Hal ini karena kantor saya selalu bersih. Kita harus memiliki kebiasaan untuk menjadi orang yang bersih. Karyawan kita akan bersih kalau kita bersih.
Kedua adalah secara mental dan kebiasaan yang bersih. Misal, kalau punya utang Anda komit untuk membayar. Jangan sampai Anda hobi untuk meminjam uang, pinjam sesuatu tetapi tidak punya niatan untuk membayar. Ingat bahwa utang membuat Anda hina di siang hari, dan membuat Anda gelisah di malam hari. Nah, kebiasaan ini akan membuat Leader tidak bersih dan karyawan tidak melihat Anda layak untuk ditiru.
3. Going Extra Mile
Lalu yang menarik adalah seorang Leader yang berkualitas akan melakukan yang namanya going extra mile. Maksudnya adalah setiap pemenang selalu melakukan hal-hal yang sifatnya extra. Coba bedakan antara Extra ordinary people dengan ordinary people, tentu perbedaannya ada di-ekstra-nya atau usahanya. Nah, perbedaan antara orang yang biasa dengan orang yang luar biasa adalah ekstranya.
So, semua orang yang ingin menjadi seorang Leader yang hebat pasti melakukan segala sesuatu dengan extra. Begitu pun seharusnya dengan Anda, karena melakukan hal extra adalah ciri khas seorang pemenang.
4. Kepala Dingin
Jagalah kepala Anda untuk selalu dingin, hati boleh panas tetapi kepala tetap harus dingin. Leader yang berkualitas menjaga kepala terus-menerus untuk selalu dingin seperti salju. Kenapa? Karena begitu kepala panas logika Anda turun. Jika logika turun Anda akan mengambil keputusan yang salah, kemudian saat mengambil keputusan yang salah, tim Anda akan menilai bahwa “atasan saya kurang berkualitas.”
Jadi, tetaplah menjaga kepala untuk selalu dingin seperti es. Setiap tindakan, Anda harus lakukan dengan hati-hati. Sebagai seorang Leader, Anda memang dituntut untuk selalu cepat dan Anda bisa cepat apabila Anda punya alat yang benar, terlatih dan tim yang luar biasa hebat.
5. Menghormati Atribut Sukses
Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut mempunyai aturan di mana karyawan tidak boleh memakai seragam saat naik angkutan kota. Jadi, atribut tersebut menjadi sangat sakral sehingga tidak boleh digunakan di tempat umum apalagi di tempat yang tidak terhormat.
Misal, saya adalah seorang manajer dan menggunakan seragam dengan tidak layak. Baju saya keluarkan, kemudian saya menggunakan sesuatu yang tidak elok, dan saya menyalahgunakan atribut perusahaan. Apa yang terjadi? Ya, nama perusahaan menjadi tercemar. Kalau sudah jelek, perusahaan akan susah mendapat kepercayaan.
Portrait of a multi ethnic business team.
Begitu juga dengan atribut sukses, dia harus dihormati. Leader yang berkualitas menghormati atribut atau simbol-simbol sukses. Jika atribut sukses Anda adalah maju, disiplin dan kesuksesan, apa sebetulnya yang ingin Anda capai? Hal inilah yang bisa Anda kejar.
Simbol sukses berarti harus memahami tanggung jawab dan jabatan yang Anda miliki. Kalau Anda jabatanya adalah seorang manajer, maka hormatilah jabatan Anda. Jangan lakukan hal-hal yang tidak terhormat. Misal, Anda adalah seorang pimpinan negara, daerah, atau masyarakat, pastikan Anda menghormati simbol sukses tersebut. Sangat disayangkan ketika Anda sudah mengejar kesuksesan tetapi Anda tidak mempunyai rasa hormat terhadap simbol sukses. TINDAKAN SATU BISA MERUSAK KARIR ANDA.
Ingat, untuk menjadi Leader yang berkualitas Anda harus bersih, fokus untuk mengejar yang sudah ditargetkan, going extra mile, melakukan aktifitas agar kepala tetap dingin, dan terakhir menghormati simbol sukses. Semoga 5 hal ini bisa membantu Anda, membuat Anda penuh keceriaan, kesuksesan dan lebih sejahtera.
Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *