5 Hal Untuk Samakan Persepsi Team dan Leader

//5 Hal Untuk Samakan Persepsi Team dan Leader

5 Hal Untuk Samakan Persepsi Team dan Leader

Jika karyawan  merasa tidak bisa berkomunikasi secara efektif dengan manajemen, akan banyak masalah dan isu-isu yang tidak akan terselesaikan. Seorang leader seharusnya terbuka untuk mendengarkan karyawan dan secara aktif mencoba untuk menemukan solusi.

Seorang Leader besar adalah seseorang yang tidak melihat diri mereka sebagai peringkat lebih tinggi dari rekan-rekan mereka, tetapi lebih diartikan sebagai perpanjangan dari mereka.

Masalah-masalah yang sering di hadapi oleh pengusaha yang berhubungan dengan karyawan. Jadi disini ada pengusaha, kita akan mendengarkan dari kacamata (sudut pandang) pengusaha. Lalu apa sebenarnya misspersepsi yang sering terjadi antara pengusaha dengan karyawan? dan apa tantangan-tantangan yang dialami oleh pengusaha yang sebetulnya hal yang orang pikir niatnya itu baik.

Pengusaha  sudah pasti memiliki  niat baik tetapi banyak sekali di salah persepsikan oleh karyawan. Yang paling sering terjadi dalam pengalaman Saya salah satunya persepsi mereka terhadap maksud Kita,  tujuannya mau menyemangati tetapi mereka menilainya kita sombong.

Karyawan adalah bagian kebelangsungan dari organisasi atau bisnis. Dan saya menginginkan semua karyawan saya mencintai pekerjaannya dan mau berkembang lebih hebat dan mau berubah lebih baik.  Kita baiknya memfasilitasi semua kalau anggota teamnya mau maju.

Membangun karyawan tidak semudah yang dikatakan oleh banyak orang. Karyawan itu mempunyai pikiran berbeda-beda, mempunyai believe yang berbeda-beda, mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Maka tugas seorang leader adalah menyatukan kekuatan  bukan hanya mencari-cari kelemahan jadi pada saat kita membangun sebuah team artinya kita harus memiliki kekuatan-kekuatan yang kita miliki. Kekuatan-kekuatan yang karyawan kita miliki lalu kemudian disatukan atau dikolaborasi.

Ada sebuah ilmu yang bisa digunakan untuk membuat karyawan ini lebih menyatu :

1. Aligment

ilmu yang pertama adalah alignment adalah sebuah strategy untuk menyatukan pikiran menyatukan perasaan, menyatukan keyakinan alignment atau kita sebutnya keselarasan menyelaraskan seperti spooring and balancing spooring and balancing kalau di mobil, tujuannya apa? supaya tindakan owner dengan tindakan team niat owner dengan niat team bisa di satukan. persepsi owner dan persepsi team bisa jadi 1 hal itu adalah salah satu strategy yang bisa di gunakan untuk membangun team.

valuealidgment

2. Komunikasi

Yang kedua adalah komunikasi. Ilmu pertama (alignment)akan percuma jika setelah alignment tidak melakukan sesuatu komunikasi yang rutin. Ada beberapa jenis komunikasi komunikasi yang pertama adalah kita mengkomunikasikan nilai-nilai, kita mengkomunikasikan strategi kita, menstrategikan tujuan dari business kita dan mengkomunikasikan standart-standart kita. Komunikasi  yang efektif harus di imbangi dengan feedback lebih menyatu dengan leader.

communication1
Hubungan antara diri sendiri dan orang lain tidak bisa dipisahkan dengan komunikasi. Komunikasi yang buruk masih menjadi penyebab utama terjadinya kesalahpahaman yang berujung pada konflik di tempat kerja. Misalnya saja, pada sebuah kasus, seorang manajer harus menginstruksikan pekerjaan kepada seseorang dalam timnya. Namun, orang tersebut sedang berhalangan hadir dan manager tersebut sangat sibuk sehingga memutuskan untuk memberitahukan detail pekerjaan pada rekan satu tim yang bertugas menangani hal lainnya.

3. Game Vacation

Yang ketiga adalah hal yang bisa dilakukan yaitu melakukan game vacation itu apa? kita membuat suatu suasana kerja seperti bermain Anda kalau kerja bandingkan dengan main bola pasti lebih seru main bola karena kita mengejar karena ada teman karena kita tahu itu adalah satu hal yang seru dan menyenangkan.

game-vacation

4. Reguler Training

Yang keempat adalah reguler training. Team  yang di training secara rutin akan memberikan dampak besar terhadap perusahaan memungkinkan Anda berkomunikasi dengan efektif bersama-sama dengan team. Jadi reguler training penting buat bisnis.

Pengembangan dan pelatihan karyawan akan menyebabkan peningkatan produktivitas. Karyawan Anda tidak hanya akan mampu berbuat lebih banyak dan lebih memahami, tetapi mereka akan memperoleh kepercayaan diri dalam pekerjaan mereka karena kemampuan mereka telah dikembangkan.

Sumber daya manusia atau karyawan yang menduduki suatu jabatan tertentu dalam perusahaan kadang mempunyai level kemampuan yang berbeda dengan karyawan lainnya. Kadang-kadang kemampuan mereka meningkat, namun kadang juga menurun. Ada pula yang kemampuannya kurang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tersebut.

Hal itu bisa terjadi karena seseorang menduduki jabatan tertentu bukan karena kemampuannya. Bisa jadi karyawan tersebut mendapat jabatan itu karena dekat dengan bos atau juga karena pihak HRD terlalu buru-buru merekrut karyawan. Oleh karena itu, karyawan baru ini perlu menambah skill dan kemampuan mereka. Itulah arti pentingnya pelatihan karyawan.

regular-training
Training atau pelatihan pengembangan bagi karyawan perusahaan mempunyai banyak manfaat baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan. Karyawan akan semakin bertambah pengetahuannya, potensinya maupun skillnya, yang akan berimplikasi positif bagi perusahaan. Perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan laju laba perusahaan, sehingga rekruitmen dan pembinaan karyawan yang tepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Training sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan karyawan akan menjadi alat efektif juga untuk meningkatkan laju laba perusahaan.

5. Makan bersama team

Tips terakhir adalah makan-makan dengan team. ya riset menunjukkan bahwa makan-makan dengan team itu akan membuat team lebih kompak karena orang yang satu meja kalau Anda bisa ajak team akan akan merasa Anda adalah keluarga mereka .

maber

Dengan makan bersama maka sebuah kelompok atau sesama karyawan akan dapat bertukar pendapat serta membicarakan berbagai hal baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun tidak.

Semoga bermanfaat.

 

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan

By |2019-04-18T15:46:33+00:00April 18th, 2019|Uncategorized|0 Comments
Translate »