5 Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Terbaik

/, Leadership/5 Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Terbaik

5 Cara Mendapatkan Mentor Bisnis Terbaik

Sebelum mendapatkan seorang mentor bisnis ada beberapa langkah yang hrus anda lakukan unutuk menemukan mentor yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk membuat usaha Anda menjadi sukses dapat dilakukan dengan banyak cara, antara lain menjalankannya dengan baik, berusaha keras dan pantang menyerah serta menggunakan strategi yang tepat. Tetapi, ada satu hal lagi yang mungkin dapat berguna untuk bisnis Anda adalah dengan mendapatkan inspirasi usaha dari seorang mentor bisnis.

Seorang mentor bisnis tidak hanya dapat mengajarkan tentang berbagai hal mengenai bidang usaha yang akan dijalankan. Tetapi juga dapat menjadi inspirasi usaha serta seorang motivator supaya Anda terus bekerja keras dan pantang menyerah untuk mengembangkan usaha. Tetapi, untuk mendapatkan berbagai manfaat maksimal dari mentor usaha, maka Anda harus memilih mentor yang tepat dan teruji dibidangnya.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain :

1. Lingkungan Sekitar

Tidak ada salahnya, apabila Anda melihat di lingkungan sekitar seperti pada keluarga, teman atau bahkan tempat Anda tinggal. Setidaknya, pasti akan ada 1 atau 2 orang yang mempunyai pengalaman yang lebih banyak di dalam bidang usaha. Mereka inilah yang dapat di jadikan mentor usaha dan akan lebih baik, jika mereka juga telah mempunyai pencapaian yang sangat baik dalam usahanya.

Banyak orang tidak menyadari potensi keluarga atau lingkungan pertemanan. Padahal, pada lingkaran hubungan personal tersebut sangat mungkin terdapat banyak mentor berkualitas. Orang tua seperti paman tentu memiliki pengalaman dalam menghadapi tantangan yang bisa bermanfaat dalam perjalanan usaha Anda.

learn-from-the-best

2. Internet

Anda juga dapat mencari mentor bisnis dari internet. Mulai dari situs yang memberikan berbagai hal tentang petunjuk dan informasi usaha sampai pada pelayanan penyedia mentor usaha. Anda juga dapat menggunakan berbagai media sosial khusus pelaku usaha, seperti LinkedIn yang didalamnya telah tergabung banyak pelaku usaha dan dengan banyak pengalaman.

Pilih beberapa orang yang mempunyai 15 – 20 tahun pengalaman di dalam bidang usahanya dan dapatkan cara untuk menghubungi mereka sebagai awal mintakan email personal mereka. Target Anda adalah menjadikan 2 orang dari 20 orang tersebut untuk menjadi mentor usaha Anda.

teknologi
Dengan adanya youtube bisa anda gunakan untuk men-scanning calon mentor yang tepat untuk bisnis Anda. Anda bisa mencari di youtube channel mereka. Bisa anda lihat pencapaian mereka dalam melakukan proses mentoring mereka. Anda juga bisa meliha video-video testimonial meraka. Cari mentor yang sudah melatih berbagai tipe bisnis yang berbeda untuk memperbesar kesuksesan bisnis Anda.

3. Mengikuti Acara dan Seminar Usaha

Manfaatkan acara-acara seminar, workshop, atau talk show kewirausahaan sebagai medium untuk bertemu. Para pengusaha hebat ini biasanya adalah orang-orang yang terus belajar dan mengasah diri, sehingga rajin datang ke acara-acara serupa. Anda bisa menimba ilmu dari para pengusaha lain dengan mengikuti berbagai program pelatihan kewirausahaan atau seminar-seminar.

Sebuah seminar dan berbagai acara di perusahaan juga dapat menjadi tempat terbaik untuk menemukan mentor serta inspirasi usaha yang dibutuhkan. Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan para pelaku usaha yang mempunyai banyak sekali pengalaman. Menghadiri berbagai acara seperti itu juga dapat Anda jadikan untuk membangun jaringan usaha atau bahkan mendapatkan mitra usaha.

Anda sebagai peserta yang mengikuti seminar usaha wajib aktif bertanya tentang apa yang disampaikan. Jangan sampai kesempatan bertemu coach bisnis ini Anda abaikan. Sebab, pertemuan tersebut mungkin tidak akan terulang. Serap materi dengan maksimal dengan cara mendengarkan seksama ketika sedang dijelaskan. Catat bagian yang belum dikuasai dan mintalah penjelasan ulang di saat sesi tanya jawab dibuka.

persentase
Kalau sudah dapat ilmunya, jangan lupa menjaga hubungan baik dengan para mentor. Misalnya dengan memberikan update berupa laporan triwulan kepada mereka, sehingga mereka tahu perkembangan dari hasil mentoring. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana hubungan baik ini juga terjadi di tataran personal, dengan menyapa dan menanyakan kabar

4. Di Universitas atau Suatu Komunitas Bisnis

Universitas, komunitas pelaku usaha dan perusahaan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan di dalam bidang usaha. Pada tempat-tempat sepert itu juga dapat Anda pilih untuk mencari seorang mentor usaha.

business-coachingg
Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi merupakan wadah inkubasi bisnis yang diharapkan mampu menumbuhkembangkan bisnis yang ada di masyarakat dan perguruan tinggi, berupa fasilitas dan penyiapan unit bisnis perguruan tinggi yang mengarah sebagai profit center.

5. Bisnis Coach

Business Coach atau Pelatih Bisnis adalah seseorang yang membantu Pemilik Bisnis untuk mewujudkan apa yang ingin Anda capai dalam Bisnis. Seorang Business Coach akan mengajar, mendorong, dan membimbing Pemilik Bisnis selayaknya seorang ‘Coach’ yang kita kenal sebagai Pelatih dalam dunia olahraga. Ketahui bagaimana cara yang ia lakukan dalam menjalani hidup, prinsip, hingga proses yang dijalani hingga titik sukses yang ia dapatkan saat ini.

business-coachingg
Business Coach akan membantu Anda menyadari potensi dan kemampuan yang tidak Anda sadari. Membantu meningkatkan performance dari Pemilik Bisnis dan Team-nya dengan menciptakan suatu kondisi kerja yang baru. Membuat Pemilik Bisnis dan Team-nya menyadari apa yang menjadi prioritas dalam Bisnis. Membantu menselaraskan Visi, Misi, dan Nilai dalam Perusahaan antara Owner, Leaders, dan Employee untuk mempermudah mencapai tujuan perusahaan

Itulah beberapa cara dalam mendapatkan mentor bisnis yang tepat dan terbaik, dengan mendapatkan mentor maka Anda dapat terbantu pada saat memulai usaha. Sehingga akan lebih mengetahui apa yang Anda perlu untuk dilakukan, serta mendapatkan inspirasi usaha di dalam mengembangkan usaha ke depannya.

 

Saya Tom MC Ifle,

 

Salam Pencerahan!

By |2019-05-23T12:36:01+00:00April 16th, 2019|Coaching, Leadership|0 Comments
Translate »