4 KEKAYAAN KARUNIA DARI TUHAN

//4 KEKAYAAN KARUNIA DARI TUHAN

4 KEKAYAAN KARUNIA DARI TUHAN

Pemberian Tuhan atau karunia Tuhan tidak bisa dikalkulasikan oleh manusia. Begitu banyak karunia yang Tuhan berikan kepada kita, mulai dari kesehatan, keselamatan dan kemurahan rezeki yang kita peroleh. Untuk bisa mengapresiasikan pemberian Tuhan maka sudah sepantasnya kita selalu bersyukur atas karuniaNYA. Karena dengan bersyukur, Tuhan akan menambahkan nikmat tersebut. Cara bersyukur juga bermacam-macam, salah satunya adalah kita menjaga dan memelihara pemberian tersebut.

Karunia Tuhan atau biasa disebut juga sebagai anugerah bagi makhluk ciptaanNYA. Anugerah itu berupa kekayaan yang luar biasa. Kekayaan itu adalah :

1. Waktu

Waktu atau masa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Kita memiliki waktu 24 jam dalah sehari. Waktu itu merupakan salah satu kekayaan yang Tuhan berikan, kita diberi nafas selama 24 jam. Maka hargailah waktu yang ada karena waktu tidak bisa diulang, saat habis tidak bisa diulang kembali. Kenapa disebut kekayaan? karena dengan waktu kita bisa mendapatkan apapun yang kita mau. Dengan waktu, anda bisa menyembuhkan penyakit hati, dengan waktu skill apapun kita kuasai. Namun waktu tidak bisa dibiarkan, tetapi harus dipergunakan agar berguna untuk melihat hasilnya.

Kalau waktu tidak dimanfaatkan maka tidak ada hasil dan habis begitu saja. Ada filosofi kekayaan yaitu orang bisa menjadi yang kaya karena mampu mengatasi tantangan yang lebih besar dengan tepat waktu tapi orang yang tidak berani tantangan yang besar dan mempermainkan waktu maka ia tidak akan bisa menjadi kaya. Jadi bagaimana sebaiknya kita mengisi waktu? Tentunya kita mengisi waktu dengan penuh tanggung jawab terhadap apa yang dijalankan. Seperti misalnya anda diberi waktu untuk bisa membesarkan bisnis maka manfaatkan waktu tersebut sampai anda sukses.

2. Ide

Gagasan atau ide adalah rancangan yang tersusun didalam pikiran. Ide yang cemerlang selalu dibutuhkan saat kita mencari solusi dalam memecahkan masalah. Kekayaan kedua yang dikaruniakan Tuhan kepada kita adalah ide. Dengan ide-ide baru dan kreatif bisa membuat kinerja seseorang menjadi lebih semangat yang akhirnya bisa meningkatkan kemajuan perusahaan. Namun banyak yang punya ide tapi dihalangi oleh ketakutan hingga kemudian ide itu tidak bisa keluar.

Ide yang sudah dinyatakan menjadi suatu perbuatan adalah karya cipta namun jika idenya banyak tapi nggak diimplementasi maka akhirnya hilang begitu saja. Apapun yang dilakukan baik dari segi bisnis ataupun lainnya kunci utamanya adalah ide kreatifitas dalam menentukan upaya dan langkah tersebut. Contohnya adalah ada 2 orang penulis, penulis yang pertama dia mencoba untuk menciptakan 1 halaman tulisan yang sempurna dia lakukan dalam 1 tahun. Penulis yang kedua dia menulis 1 halaman setiap hari selama 1 tahun.

Pertanyaannya mana kira-kira yang lebih hebat? Tentunya yang kedua. Kenapa? karena ia bisa mengembangkan idenya makin lama makin pintar. Anda mencari ide terbaik itu tidak pernah ada, tapi ide apapun harusnya kita implementasi dan kita catat dalam jurnal lalu direview.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : AGAR TAK KEHABISAN IDE

3. Uang

Kekayaan yang ketiga adalah uang, menurut Rolling G. Thomas dalam bukunya “Our Modern Banking and Monetary System” uang adalah suatu benda yang dengan mudah dan umum diterima oleh masyarakat untuk pembayaran barang, jasa dan barang berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Dari pengertian diatas jelas bahwa uang harus dimanfaatkan dengan baik namun banyak dari orang-orang yang punya banyak uang tapi tidak dimanfaatkan uangnya, artinya uangnya tidak bisa dialirkan atau diputarkan.

Uang merupakan suatu energy yang bisa kita tarik atau lepas, artinya Tuhan memberikan kita pikiran untuk bisa menarik hal-hal baik, salah satunya uang. Banyak yang menutup atau memblok pikiran seseorang untuk bisa menarik uang. Misalnya saja pemikiran tentang saya terlahir menjadi orang miskin maka secara logika bahwa orang itu tidak bisa menarik uang karena terlahir sebagai orang miskin, tapi kalau dia membuka pikirannya dengan bekerja keras maka tidak menutup kemungkinan orang itu bisa menjadi kaya.

Kekayaan yang diberikan Tuhan dalam bentuk uang ini bisa menjadi suatu anugerah kalau dikelola dengan baik. Pastikan anda benar-benar tahu, uang ini akan digunakan dan akan menghasilkan apa. Hargailah uang yang telah anda hasilkan dengan cara hati-hati dalam membelajakan dan jangan lupa untuk menabung.

4. Kebebasan

Kebebasan adalah terjadinya apabila kemungkinan-kemungkinan untuk bertindak tidak dibatasi oleh suatu paksaan dari atau keterikatan kepada orang lain. kebebasan ini adalah hak dari semua orang, ingin bebas menggerakkan tubuh, bebas menghendaki sesuatu atau bebas untuk menghindari ancaman dan tekanan. Kita semua punya keinginan untuk bebas, dalam arti tidak ada orang yang bisa menyakiti kita kecuali kita mengijinkan atau tidak ada orang marah kecuali kita ijinkan. Bahkan tidak ada orang yang bisa membuat kita tersinggung, kesal kecuali kita ijinkan.

Perbuatan manusia itu terjadi sesuai dengan kehendak manusia itu sendiri. Jika seseorang ingin berbuat sesuatu maka perbuatan itu akan terjadi, jadi kebebasan manusia itu mutlak karena manusia mempunyai daya untuk mewujudkan keinginan-keinginannya. Pada bisnis titik kebebasan ini biasa disangkutpautkan dengan hal kebebasan financial sebagai salah satu bagian dari kesuksesan seseorang. Jadi kekayaan dalam bentuk kebebasan ini harus bisa dijaga agar kesuksesan bisnisnya tetap lancar.

BACA JUGA :4 KOTAK SUMBER KEKAYAAN ANDA! APA SAJA?

Dari keempat kekayaan diatas, anda harus bisa mengoptimalkannya dan juga berurutan dari waktu dapat ide kemudian diimplementasikan dengan uang agar bisa menghasilkan sesuatu dan tentunya setelah kita sukses bisa melahirkan kebebasan waktu dan pikiran.  Jadi itulah prinsip dasarnya, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2020-01-14T10:42:04+07:00January 14th, 2020|Coaching|0 Comments