3 SISTEMASI BISNIS YANG PALING PENTING UNTUK MENDATANGKAN PROFIT

//3 SISTEMASI BISNIS YANG PALING PENTING UNTUK MENDATANGKAN PROFIT

3 SISTEMASI BISNIS YANG PALING PENTING UNTUK MENDATANGKAN PROFIT

Anda mungkin pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki produk yang bagus dan sangat dibutuhkan segmen pasarnya. Dan Anda yakin bahwa dia akan berhasil. Namun ironisnya saat melihat lebih dalam, usahanya malah merugi terus karena manajemen keuangannya tidak terkontrol. Jika ingin manajemen keuangan semakin baik di barengi juga dengan Strategi Marketing yang baik.

Nah, Teman-teman maukah Anda jika Saya mau sharing sedikit tentang ada 3 point? Kalau Anda lakukan 3 poin tersebut maka profit Anda bisa naik 2X lipat.

Yang  pertama Anda harus memahami sebuah rumus untuk membuat bisnis Anda sukses, rumus yang pertama adalah profit datang dari beberapa sumber. sumber yang pertama adalah jumlah pelanggan yang banyak sumber. Yang kedua adalah biaya yang efisien karena biaya yang efisien mempengaruhi harga jual Anda. Efek harga jual akan mempengaruhi total penjualan Anda, dan yang ketiga adalah omset penjualan.

3 point ini adalah 3 point penting yang bisa kita rumuskan untuk mendatangkan customer Anda.

1. Multiple Marketing Strategy

Faktor yang pertama harus punya yang disebut multiple marketing strategy artinya kalau Anda memasarkan 1 barang ada banyak sumber yang bisa di tonton di lihat oleh customer atau prospek Anda mungkin ada di sosial media, Anda mungkin ada di youtube, mungkin ada di twitter, mungkin ada di website mungkin ada brosur, mungkin ada baliho, mungkin bisa jadi ada iklan-iklan di search engine marketing kalau Anda punya begitu banyak jalur masuk untuk memperkenalkan produk Anda punya banyak kesempatan untuk menambah jumlah customer. Dalam hal ini marketing mencakup kegiatan pendistribusian barang, kegiatan penetapan harga jual, kegiatan penjualan, kegiatan pelayanan pasca pembelian, hingga ke kegiatan pengenalan dan juga pengiklanan dari suatu produk ke konsumen.

Baca Juga :  Cara membuat customer Anda fanatik

influencer-marketing
Jangan anggap remeh kemampuan influencer sekelas selebgram. Mereka justru banyak memberikan pengaruh pada penjualan Anda, dengan jumlah follower yang besar, ketika Anda bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk Anda, tentu bukan hal tidak mungkin mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Influencer tidak melulu dari selebgram, tergantung produk Anda juga, dan juga konsep inovasi produk Anda. Vlogger dan blogger juga bisa berpengaruh besar tergantung dengan jenis bisnis Anda.

Tidak ada yang salah dengan melibatkan karyawan Anda dalam beberapa projek pemasaran. Coba sesekali membuat advertisement yang melibatkan karyawan. Tentu ini memiliki efek ganda. Mereka akan dengan senang hati menshare video advertise perusahaan disamping juga meningkatkan moral kerja mereka. Rata-rata karyawan merasa bangga saat dilibatkan dalam projek pemasaran seperti ini.

2. Membuat bisnis Anda lebih efisien

Yang kedua adalah membuat bisnis Anda lebih efisien. Efisien itu artinya Anda punya kemampuan membuat bisnis menjadi lebih murah mengoperasikan tanpa mengurangi kualitas. Di  dalam ilmu bisnis ini disebut total quality jadi kalau Anda punya kualitas, bukan hanya produk berkualitas tetapi orangnya pun berkualitas, caranya berkualitas, prosesnya berkualitas, pengirimannya lebih berkualitas karena ternyata semakin berkualitas semakin rendah kemungkinan kerugiannya. Semakin rendah kualitasnya semakin tinggi kemungkinan Anda mengalami kerugian.

Baca Juga : Membuat bisnis laris manis walaupun di tengah pesaing.

efficiency
Kita tidak bisa melakukan pekerjaan dengan cara yang sama setiap hari, perlu adanya peningkatan proses untuk menghilangkan pemborosan yang ada dalam pekerjaan. Prinsipnya, jika kita bisa menemukan suatu masalah dan kemudian mampu menyelesaikannya, artinya kita telah mengembangkan sebuah standar yang lebih baik dan berhasil membawa orang-orang di perusahaan untuk membuat proses berjalan lebih baik.

Selama ada pekerjaan yang bisa Anda buat secara otomatis, maka lakukanlah. Misalnya seperti membuat sistem payroll untuk membayar gaji tiap karyawan Anda atau sekadar mengirimkan struk kepada vendor. Gunanya  adalah untuk menghemat waktu agar Anda dan karyawan lainnya dapat mengerjakan pekerjaan lain yang lebih produktif.

Setiap teknologi akan mencapai titik dimana mereka akan tertinggal, dengan perencanaan yang matang Anda dapat meminimalkan hilangnya produktivitas yang diakibatkannya. Rencanakan masa pakai teknologi dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat mengetahui kapan waktu untuk meng-upgrade dan melakukan perubahan tanpa menghambat kinerja bisnis Anda.

Dengarkan Audio ini : 6 kesalahan fatal Family Bisnis

Waktu yang hilang karena perjalanan menjadi perhatian banyak bisnis. Namun, memanfaatkan sebagian besar teknologi, menggunakan software di komputer sehingga bisa bekerja secara remote misalnya, atau sistem telepon bisnis tingkat lanjut dapat memastikan bahwa karyawan Anda tetap produktif, dimanapun mereka berada.

Panggilan dapat dengan mudah dialihkan secara otomatis ke perangkat mobile karyawan yang bersangkutan, yang berarti bahwa operasi bisnis dapat berlanjut seperti biasa, bahkan saat mereka berada di luar kantor. Sistem canggih seperti ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi jarak jauh melalui panggilan video dan konferensi web.

Namun, hingga sekarang masih banyak pemilik perusahaan yang masih memiliki paradigma lama bahwa: Kalau kualitas mau dinaikkan, maka akan berimbas ke biaya yang naik, kalau kecepatan produk atau layanan ditingkatkan maka akan berimbas ke kualitas yang menurun, dan kalau kecepatan produk atau layanan ditingkatkan, bisa berimbas juga terhadap biaya yang naik.

Intinya adalah selalu ada pertentangan atau lingkaran setan yang membingungkan yang selama ini selalu bertentangan satu sama lain antara kualitas, kecepatan, dan biaya. Gawatnya, customer semakin ke sini semakin menuntut harga yang murah, maunya cepat, tapi juga kualitas bagus

Coba lihat gudang Anda, berapa banyak material yang numpuk banyak yang slow moving, bahkan deadstock. Itu mematikan cashflow kita. Dalam prinsip efisiensi, stok harus pas, tidak boleh kurang juga tidak boleh lebih. Lebih mengganggu cashflow, kurang mengganggu operasional.

3. Meningkatkan Omset

Yang ketiga adalah revenue atau omset atau sales jumlah customer yang banyak dikalikan harga menjadi revenue, bayangkan kalau hari ini Anda punya 100 customer jualan 100 rupiah, 100 customer dengan harga 100 rupiah Anda akan mendapatkan omset 10 ribu, apa yang terjadi jika jumlah customernya bertambah walaupun harga berkurang, omset Anda akan tetap naik.

Dengarkan : 7 Trik melipat gandakan Profit

omset

Itu adalah 3 hal yang kalau Anda lakukan bisnis Anda akan membuat bisnis Anda jauh lebih profitable, menjadi lebih tersistem adalah target dari Anda sebagai pengusaha kelas dunia. Semoga bermanfaat.

 

Tom MC Ifle
Salam pencerahan

By |2019-07-04T15:52:35+00:00June 18th, 2019|Marketing|0 Comments