Blog

Home /Blog / 3 Hambatan Mental Pengusaha Yang Dimanfaatkan Kompetitor





3 Hambatan Mental Pengusaha Yang Dimanfaatkan Kompetitor

Banyak faktor yang dapat mejadi penyebab untuk menentukan kesuksesan seseorang dan banyak juga faktor yang dapat menghalangi dari kesuksesan tersebut. Sukses merupakan sebuah pilihan dimana anda harus mau dengan senang hati untuk bisa menghadapi dan memecahkan segala macam persoalan yang menghalangi ketika mencapai tujuan.

Tanpa adanya kemauan yang kuat pada diri sendiri, maka tidak mungkin dapat mengatasi berbagai hambatan untuk dapat memulai usaha tersebut. Walaupun mungkin anda mengetahui hal apa saja yang akan dihadapi dan bagaimana cara untuk mengatasinya, tetapi tanpa mempunyai tekad yang bulat untuk sukses maka semua hal itu tidak akan mudah di lalui.

Untuk bisa mencapai sukses dalam sebuah bisnis atau usaha, maka anda harus mampu menangani berbagai halangan dan juga rintangan. Dalam memulai bisnis atau usaha akan terdapat banyak hal yang mungkin dapat memberatkan atau bahkan menghancurkan kesempatan untuk lebih maju. Hambatan yang sering menghalangi dalam memulai sebuah usaha biasanya datang dari diri sendiri.

Hati-hati, ada beberapa faktor dari mental pengusaha yang dapat menjadi penghalang. Antara lain sebagai berikut :

Takut Memulai

Bisnis dan entrepreneurship merupakan bagian yang penting dalam pembangunan sebuah bangsa. Dr. Paul D. Reynolds, Director, Research Institute, Global Entrepreneurship Center mengatakan,  setiap tahun ada 300 juta orang mencoba untuk memulai sebuah bisnis, dari 300 juta muncul 150 ide bisnis yang solid. Sayangnya hanya sepertiga dari 150 yang terealisasi.

Perasaan atau biasa disebut dengan emosi merupakan hal paling mendasar yang harus bisa ditaklukkan terlebih dahulu, apabila ingin memulai sebuah bisnis. Anda harus dapat menghilangkan berbagai perasaan bersifat negatif yang bisa mempengaruhi dan menghalangi dalam membangun sebuah bisnis yang diinginkan.

Beberapa perasaan yang dapat mengganggu bahkan merusak yaitu sebuah perasaan takut akan gagal ketika ingin memulai sebuah usaha, rasa takut untuk mengambil sebuah resiko dan hanya ingin berada pada posisi yang sudah aman, rasa malas dan yang lain sebagainya.

Untuk dapat mencapai sukses dalam membuka suatu usaha, maka anda harus menjadi pribadi yang tangguh dan harus bisa menghilangkan berbagai perasaan bersifat negatif yang akan dapat menghalangi di dalam melakukan sebuah usaha. Anda dapat berlatih dan belajar tentang manajemen diri atau bagaimana cara dalam mengelola emosi yang negatif.

Kurang Pengalaman

Dalam 2 tahun 50% pengusaha yang memulai bisnis hari ini akan tutup. Skill atau biasa dikenal dengan kemampuan juga merupakan salah satu hal yang bisa menjadi hambatan dalam memulai sebuah usaha. Sering kali anda harus bisa menerima suatu kegagalan hanya karena memiliki kemampuan yang terbatas, karena letak kesuksesan seseorang banyak dipengaruhi oleh kemampuan. Apabila tidak mampu maka anda akan lebih rentan mengalami yang namanya kegagalan.

Sebelum memulai suatu bisnis lebih dianjurkan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan yang dimiliki dalam menjalankan usaha yang di pilih. Anda harus mengetahui keterampilan yang dibutuhkan, kemampuan untuk melakukan atau tidak melakukannya. Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak ahli menyarankan untuk memulai sebuah bisnis yang telah dikuasai, membangun bisnis berdasarkan minat dan juga bakat yang sudah dimiliki.

Kehabisan Modal

UKM selalu menghubungkan bisnis dengan kurangnya modal. Padahal, berapa banyak UKM yang mendapat modal besar dan habis sampai menyisakan hutang? Kekurangan modal adalah kendala yang terjadi akibat kurangnya financial mastery.

Hambatan yang paling banyak dialami oleh para pelaku usaha yaitu modal atau uang. Kekurangan modal merupakan hal yang paling sering dialami oleh orang yang baru ingin memulai sebuah bisnis.

Meski demikian, modal harusnya jangan dijadikan alasan karena anda tetap bisa memulai sebuah usaha tanpa memiliki uang, misalnya menjadi reseller,blogger aktif, membuat website dan lain sebagainya. Masih banyak usaha yang bisa dijalankan tanpa anda memiliki modal atau uang.

Itulah beberapa hambatan mental yang sering dialami oleh para pengusaha. Kesempatan yang cukup bagus, peluang yang sangat menjanjikan dan kemampuan yang memadai dapat dijadikan senjata untuk mengatasi hambatan tersebut.

Walaupun memulai usaha itu tidak mudah, tetapi banyak orang yang ingin membuka usaha untuk meningkatkan kesejahteraannya. Karena kesuksesan dalam berbisnis memang tidak semudah anda membalikkan telapak tangan.

Apabila seseorang sudah memutuskan untuk menjalankan suatu wirausaha, maka mereka juga harus siap dalam menghadapi segala macam kendala yang akan menyertai perjalanan usahanya.

Kehebatan entrepreneur sukses adalah kemampuan mereka memiliki karakter berani mengambil resiko, berpikiran terbuka dengan ide baru, terus belajar dari mentor hebat dan dari kesalahan, serta menjaga cash flow agar tetap bertumbuh.

Jelas, segala jenis usaha tidak akan lepas dari hambatan, baik itu usaha dalam skala kecil, menengah sampai usaha berskala besar pasti akan dihadapkan oleh berbagai macam permasalahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin membangun sebuah bisnis yang sukses, karena kesuksesan dapat tercapai dengan memiliki mental yang kuat.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle