Blog

Home /Blog / 10 Strategi Marketing Murah





10 Strategi Marketing Murah

Untuk meningkatkan penjualan produk diperlukan strategi marketing yang tepat. Tidak sedikit pengusaha yang mengeluarkan budget yang begitu besar untuk memasarkan produknya melalui iklan. Karena itu, biaya perusahaan membengkak hanya karena untuk promosi produk melalui iklan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa strategi marketing yang sangat murah dan sangat jarang digunakan secara maksimal. Strategi ini tidak memerlukan biaya yang besar, sehingga biaya perusahaan dapat diminimalisir.

Berikut 10 strategi marketing murah atau beriklan secara gratis yang jarang digunakan secara maksimal.

1.  Facebook

Saat ini, media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Ada sekitar 500 juta orang yang memiliki akun Facebook. Anda bisa menggunakan peluang ini sebagai strategi pemasaran. Anda bisa mempromosikan produk Anda melalui facebook secara gratis. Anda hanya perlu memiliki akun facebook kemudian membuat ‘page’ pada facebook tentang produk Anda dan bagikan ke orang yang menjadi teman Anda di facebook. Selain itu, Anda juga perlu mengupload produk-produk Anda untuk di promosikan.

2.  Twitter

Selain facebook, twitter juga bisa menjadi media marketing untuk mempromosikan produk Anda. Follow lah beberapa akun twitter, setelah itu buatlah tweet yang menarik tentang produk Anda. Twitter adalah media microblogging. Anda menulis dengan 140 karakter dan bisa dibagikan ke follower Anda.

Bayangkan Addie MS dalam Konser Twilite Orchestra ‘A Tribute to John Williams’. Konser ini akan menyajikan lagu-lagu dari musik film karya musisi dan komponis dunia, John Williams pada 20 Februari 2016 di Aula Simfoni Jakarta. Saya mengutip dari bintang.com,  “Baru hitungan 2-3 hari sudah dapat (sponsor). Baru kita elaborate. Uniknya tiket konser ini sudah sold out dalam 6 hari penjualan. Padahal publikasi konser hanya melalui twitter, instagram, dan facebook,” ujar Addie.

3.  Youtube

Media youtube juga bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah video tentang produk Anda, jangan lupa sertakan keunggulan dan hal yang membuatnya layak untuk dibeli oleh konsumen. Buatlah video semenarik mungkin agar konsumen bisa tertaril. Setelah itu, upload video Anda ke youtube. Bayangkan jika satu video ditonton oleh jutaan viewers, maka investasi Anda jauh lebih murah dari beriklan di media mainstream. Kuncinya, anda harus unik, entertaining, up to date dengan issue terkini.

4. Blog

Raditya Dika adalah nama yang tidak asing lagi didunia blogging. Bukannya tidak mungkin seorang blogger akhirnya bisa tampil di lebar seperti Koala Kumal, Maling Kutang, Single dan seterusnya. Posting artikel tentang produk Anda pada blog atau situs perusahaan, jangan lupa untuk memosting artikel semenarik mungkin. Upload juga foto-foto menarik dan video yang mendukung. Selain itu, desainlah blog Anda semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.

5. Situs jual beli online

Saat ini banyak sekali situs jual beli online yang tersedia seperti bukapalak, tokopedia, zalora, dll. Pilihlah situs yang terpercaya. Salah satu ciri situs jual beli online yang terpercaya adalah untuk menjadi anggota atau untuk beriklan di situs tersebut, registrasinya agak rumit. Itu tidak masalah, yang terpenting Anda tidak tertipu. Promosikanlah produk Anda pada situs tersebut.

6. Sales blitz

Promosikanlah produk Anda ke kantor-kantor atau ke perusahaan-perusahaan besar. Lakukanlah promosi produk pada jam istirahat dan pada tempat tertentu seperti di lobi. Walaupun ini agak sulit dilakukan karena ada beberapa kantor yang membatasi jenis promosi seperti ini, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

7. Car Free Day

Saat Car Free Day berlangsung, Anda bisa memasarkan produk Anda di tempat tersebut. Anda bisa langsung mempromosikan produk Anda sebab saat CFD berlangsung banyak masyarakat yang berkunjungi di tempat tersebut.

8. Tempat atau even tertentu

Tenpat atau even tertentu bisa Anda jadikan sebagai media marketing untuk memasarkan dan mempromosikan produk Anda. Tempat atau even-even tertentu bisa Anda gunakan sebagai ajang pemasaran produk secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, cukup Anda membawa produk Anda lalu promosikanlah. Jangan khawatir, kemungkinan untuk pembelian produk Anda pada ajang seperti ini cukup besar, sebab tentu saja banyak masyarakat yang berkunjung ke tempat tersebut untuk mengikunti even tersebut.

9. Pasar tradisional

Pasar tradisional tentu saja tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan produk yang Anda promosikan sesuai dengan kondisi pasar dan kondisi masyarakat yang datang ke pasar tersebut.

10. Dari mulut ke mulut

Apabila produk Anda berkualitas, dan ketika pelanggan membelinya, mereka merasakan manfaatnya dan pelanggan puas, maka yakinlah secara otomatis pelanggan akan mengatakan tentang kebaikan produk Anda kepada orang lain yang membutuhkannya. Pelanggan tersebut tentu akan mengajak orang lain untuk menggunakan produk Anda. Oleh sebab itu, pelayanan yang bisa memuaskan pelanggan dan kualitas produk yang bagus bisa Anda jadikan sebagai senjata mempromosikan produk Anda. Strategi ini adalah strategi marketing secara alami. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya promosi sepeser pun. Anda hanya perlu memperbaiki pelayanan dan meningkatkan kualitas produk Anda.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle