10 PANTANGAN DALAM BISNIS

//10 PANTANGAN DALAM BISNIS

10 PANTANGAN DALAM BISNIS

Apa alasan seseorang lebih memilih menjadi pengusaha dari pada menjadi pekerja? Tentunya ada beberapa alasannya, namun hanya beberapa saja yang bisa dikategorikan sebagai alasan cerdas yang dapat membuat komitmen dan mental anda lebih kuat untuk berbisnis.

Salah satu alasan berbisnis adalah bisa mengembangkan ide menjadi sumber penghasilan. Apapun alasan bisnis itu harus didasari dengan niat yang tulus dan bertanggung jawab. Memulai bisnis itu sebenarnya tidak sulit, pada dasarnya anda tinggal memulainya dan fokus pada alasan anda tadi. Tetapi yang jadi masalah adalah banyak orang memulai bisnis dengan motivasi yang salah, sehingga bisnisnya tidak sukses.

Selain motivasi yang salah ternyata ada hal-hal yang menjadi pantangan dalam memulai bisnis, pantangan itu adalah:

1. Jangan Memulai Bisnis Kalau Anda Tidak Memiliki Alasan yang Kuat

Memulai sebuah bisnis artinya anda sudah mengikat pada suatu komitmen untuk bisa menjalankan bisnis jangka panjang. Salah satu alasan seorang karyawan yang tiba-tiba menjadi pebisnis biasanya karena jenuh di tempat kerjanya, padahal bosan hal yang lazim dialami siapa saja. Bosan bukan suatu alasan yang tepat dalam memulai bisnis. Banyak juga pebisnis di luar sana yang memulai usahanya, jika tidak sukses ia pindah ke bisnis lainnya. Begitu seterusnya sehingga akhirnya membuat bisnis tidak pernah bisa sukses. Pastikan alasan kuat anda dalam membangun sebuah bisnis.

BACA JUGA :CARA MENGATASI STRESS DALAM BISNIS

2. Jangan Bisnis Kalau Tidak Ada Modal

Seperti kita ketahui bahwa jenis modal itu tidak hanya dari segi financial saja, tapi bisa berupa ide kreatifitas, keahlian dan juga berjiwa leadership. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa modal financiallah yang menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang yang ingin mendirikan usaha.

Apakah bisa bisnis tanpa modal? Mungkin ada beberapa orang berbisnis awalnya memang tidak butuh modal, seperti dropshipper, penyedia jasa backlinks namun untuk mempromosikannya tentu butuh modal juga walaupun tidak terlalu besar. Intinya untuk memulai bisnis itu memang perlu modal walaupun tidak besar. Untuk menjalankan bisnis butuh support dari berbagai fasilitasnya seperti membuat sebuah produk, harus sewa tempat, anda harus rekrut orang, dan anda harus beriklan. Bagaimana prosesnya bisa berjalan kalau tidak ada modal. Jadi disarankan jangan mulai bisnis kalau tidak punya modal.

3. Jangan Memulai Bisnis Kalau Motivasinya Mencari Uang

Sebagai pengusaha yang ingin sukses, anda harus memiliki prinsip dan motivasi bisnis yang dapat membantu anda meraih sukses. Kebanyakan motivasi yang paling dikejar adalah ingin kaya raya, padahal itu salah. 

Karena kalau motivasinya hanya uang dan menjadi kaya raya saja maka dipastikan bisnisnya akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang tersebut. Tetapi jika motivasi anda untuk belajar, pantang menyerah, merekrut orang terbaik maka dipastikan perjalanan bisnis anda akan menemukan kesuksesan. Jadi jangan mulai bisnis kalau motivasinya uang.

4. Jangan Memulai Bisnis Kalau Anda Ingin Punya Kebebasan Waktu

Kalau ada orang yang bilang “saya ingin bisnis karena ingin mendapatkan kebebasan waktu”, sebetulnya itu tidak sepenuhnya bisa terjadi apalagi anda baru memulai sebuah bisnis. Seorang wirausaha itu dituntut memiliki dedikasi waktu, kenapa? Karena untuk menjadikan usahanya sukses hari-harinya disibukkan dengan deadline kerjaan, bertemu klien dan lain-lain.

Contohnya Ketika saya memulai sebuah bisnis, waktu saya bekerja lebih panjang dan sibuk dari pada saat saya jadi karyawan. Kalau karyawan punya waktu dari jam 08.00 sampai jam 17.00 selebihnya bisa pulang dan istirahat, sementara sebagai pebisnis saya harus mempersiapkan rencana untuk dijalankan anak buahnya esok hari.  Waktu tidur dan berkumpul dengan keluarga pun lebih pendek dari pada saat saya jadi karyawan, jadi jangan berharap mendapatkan kebebasan waktu kalau anda baru memulai sebuah bisnis.

TONTON VIDEO INI : TIPS MEMULAI BISNIS UNTUK PEMULA YANG TAKUT RUGI

5. Jangan Mulai Bisnis Karena Trend

Mendengar kata trend sangat tidak asing ditelinga kita, apa sih trend? Trend adalah segala sesuatu yang sedang dibicarakan, disukai atau bahkan digunakan oleh sebagian besar masyarakat pada saat tertentu. Siapa yang tidak mau memiliki bisnis yang tahan lama, yang bisa bertahan sampai tahunan bahkan puluhan tahun. Tapi tahun terus berganti, sudah pasti trend yang ada di masyarakat pun ikut berganti. Kalau cara bisnisnya itu-itu saja pasti tidak akan bertahan lama. 

Contohnya ada orang bisnis batu akik, pada saat lagi trend dia beli batu akik yang banyak karena mendapatkan harapan bisa mendapatkan keuntungan. kalau 1 batu akik bisa dijual 5 juta maka 1.000 batu akik bisa mendapatkan Rp 5.000.000.000. Ternyata yang terjual cuma 200 dari 1.000 batu akik itu, karena trend nya habis. Apakah keuntungan itu masih bisa anda raih? Tentu tidak.

Jadi trend bisnis seperti es kepal milo, batu akik atau seblak semua ada umur dan masanya. Semua trend tidak jangka panjang, kebanyakan trend itu akan naik dan setelah habis masanya akan sepi pembeli. Maka jangan mulai bisnis hanya karena trend.

6. Jangan Mulai Bisnis Hanya Karena Anda Lagi Banyak Duit

Memulai bisnis memang memerlukan modal atau uang, tetapi itu tidak bisa menjadi suatu patokan atau tolak ukur bagi seseorang untuk memulai bisnis. Banyak orang mulai bisnis disaat ada duit, sebenarnya itu salah besar. Kenapa? Karena belum tentu anda punya strategi untuk mempertahankan bisnis tersebut. Anda juga belum tentu bisa menjalankan bisnis secara jangka panjang atau malah bisnis yang anda mulai tidak menguntungkan. Pastikan dulu motif anda berbisnis itu apa? Kalau hanya sekedar keinginan bisa jadi melakukannya sebatas coba-coba. Jadi jangan mulai bisnis hanya karena anda punya uang karena akan menjadi habis sia-sia.

7. Jangan Mulai Bisnis Karena Benci Dengan Atasan atau Kesal Dengan Perusahaan Dimana Anda Bekerja

Membuat keputusan untuk berbisnis tidaklah mudah. Banyak orang memilih resign atau keluar kerja karena kesal dengan atasan ataupun dengan perusahaan lalu memutuskan untuk memulai bisnis. Pastikan alasan anda dalam memulai sebuah bisnis, jangan sampai anda terjebak dan menyesali dikemudian hari.

Ketika anda memutuskan memulai bisnis karena rasa kesal atau kecewa tentu itu bukan alasan yang bisa membuat bisnis anda berjalan lancar. Bisnis itu biasanya didasari oleh keinginan dan peluang, karena membuat anda nyaman dalam menjalankannya. Lebih baik anda bertahan dan belajar lalu kemudian berbisnis pada saat benar-benar siap dan ada peluang yang tepat. Dengan demikian kita bisa sukses menjalankan bisnis tersebut.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : AGAR TAK KEHABISAN IDE

8. Jangan Mulai Bisnis Dengan Ilmu Terbatas

Sering kali orang memulai bisnis sudah bertahun-tahun tapi tidak mengalami kenaikan bahkan ada yang semakin menurun. Apa penyebabnya? Salah satu penyebabnya adalah tidak memiliki pengetahuan yang cukup dibidang usahanya. Misalnya bisnis laundry yang sudah dijalankan selama 5 tahun tapi tidak tahu cara mengembangkan bisnis laundrynya, bisnisnya berjalan begitu saja tanpa mengalami kenaikan. Kalau kondisinya seperti itu berarti anda bukan tidak tahu cara berbisnis tetapi kurang atau terbatas ilmunya. Jangan memulai bisnis di saat masih banyak hal yang belum anda tahu, lebih baik riset dan pahami dahulu lalu anda pelajari setelah itu baru anda mulai sebuah bisnis.

9. Jangan Mulai Bisnis Kalau Tidak Punya Rencana

Seorang pebisnis yang nekat menjalankan usahanya tanpa memiliki rencana bisnis sama seperti orang ke medan perang tanpa senjata. Terlalu berani ambil resiko tanpa mempertimbangkan dengan matang sebelum melangkah. Rencana bisnis adalah langkah awal untuk orang yang akan memulai sebuah usaha. Tapi banyak yang tidak punya rencana secara tertulis ataupun strategi. Tentunya mereka tidak bisa mencapai goal yang dituju. Jadi jangan mulai bisnis saat anda tidak punya rencana.

10. Jangan Mulai Bisnis Kalau Takut Jualan 

Jualan memang bukan hal yang mudah, wajar saja kalau ada yang takut. Karena biasanya takut ditolak, takut malu, bahkan takut gagal. Tapi disaat anda mulai bisnis, anda harus punya keberanian untuk melawan rasa takut itu. Berbagai alasan yang menguatkan rasa takut itu misalnya saya orangnya tidak bisa menawarkan produk atau saya orangnya pemalu. Perlu dipahami bhawa bisnis adalah jual beli, apapun bisnisnya baik itu jasa ataupun bukan jasa. Dasarnya bisnis adalah transaksi jadi kalau anda tidak mau jualan bagaimana mau bisnis?

BACA JUGA :PENTINGNYA MENGENAL TIPS MEMULAI USAHA BARU DARI NOL

Itulah 10 hal penting atau pantangan saat anda memulai sebuah bisnis. Kunci dalam memulai bisnis adalah jika anda memiliki solusi atas masalah masyarakat disekitar maka bisnis anda akan didukung baik dari pemerintah atau lainnya. Contoh ketika ada masalah dengan anak sekolah yang tidak paham pelajaran sekolah tapi tidak ada guru les karena mahal, muncullah ruangguru.com dan tentunya program tersebut didukung oleh begitu banyak orang dan pemerintah karena menyelesaikan problem masyarakat.

Atau misalnya ada orang perlu membeli gadget tapi tidak punya kartu kredit, muncullah akulaku sebagai aplikasi kredit online dengan ijin OJK. Bisa juga ketika anda mau bisnis tapi tidak ada modal muncullah koinworks, pear to pear lending dan seterusnya. Kalau anda tidak punya solusi atas masalah masyarakat lebih baik jangan memulai bisnis, semoga bermanfaat.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2020-01-27T11:50:13+07:00January 27th, 2020|Coaching|0 Comments