10 KEYAKINAN YANG BIKIN ANDA MISKIN

//10 KEYAKINAN YANG BIKIN ANDA MISKIN

10 KEYAKINAN YANG BIKIN ANDA MISKIN

Apa sih keyakinan itu ? Keyakinan merupakan sikap yang ditunjukkan manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Sifatnya belum tentu benar atau keyakinan semata bukanlah jaminan suatu kebenaran. Ada keyakinan yang kita pikir itu benar justru membuat kita menjadi salah.

Jika dihubungan antara keyakinan dengan bisnis, ini juga dapat membuat anda miskin. Kenapa? Karena beberapa keyakinan yang ada atau bahkan ungkapan, ternyata dapat menghalangi pemikiran kritis sehingga membuat anda menjadi miskin. Mau tau keyakinan apa saja yang akan membuat anda miskin, berikut 10 keyakinan yang buat anda miskin:

1. Bisa Ngomong = Bisa Jualan

Banyak orang disana masih yakin dan percaya kalau mau jualan harus pinter ngomong. Sementara orang yang pinter ngomong tidak laku, kenapa? Karena customer tidak suka sales yang terlalu banyak ngomong. Customer lebih suka sales yang banyak bertanya, banyak menggali, banyak yang ingin memahami customer.

Seorang sales jika ingin sukses itu harus memahami customernya bukan sebaliknya. Jadi pahamilah customer anda, mulai dari kebutuhan sampai kemauan mereka. Anda harus punya pengetahuan yang luas agar bisa memahami kebutuhannya.

2. Mau Kaya Harus Nabung

Dengan nabung orang menjadi kaya, itu adalah ungkapan yang kurang tepat. Banyak orang yang menabung tapi tidak kaya-kaya, bukan kaya karena menabung tapi kaya karena berbagi. Mau kaya harus sedekah, mau kaya harus berbagi, mau kaya harus sharing. Contohnya pertama kali saat saya tidak punya bisnis, kemudian saya ingin mendapatkan kepercayaan agar orang bisa tahu siapa saya, orang bisa mengerti kemampuan saya maka saya harus berbagi.

saya mengumpulkan teman-teman untuk saya ceritakan tentang bagaimana cara menjadi pribadi yang lebih baik karena punya pengalaman membangun manusia yang tadinya bermasalah menjadi berprestasi. Membangun orang-orang yang tadinya tidak punya kemampuan menjadi luar biasa.

Hampir semua team saya sekarang sudah punya posisi yang tinggi sekali. Nah efek dari saya banyak sekali sharing, banyak sekali berbagi maka banyak sekali orang yang mengenal saya. Lama-lama saya punya banyak bisnis partner dan itu hanya karena sering-sering berbagi.

3. Bersakit Dahulu Bersenang Kemudian

Ada yang pernah mendengar “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”. Pertanyaannya adalah berapa lama anda akan menerima kondisi sakit ditempat anda bekerja? Misalnya punya atasan yang menyakitkan atau anda punya bisnis menyakitkan. Yang benar adalah anda harus bisa bersenang-senang dalam kondisi sesakit apapun, anda harus bisa menikmati kondisi yang tidak anda sukai.

Bukan berarti anda harus merasakan sakit untuk bersenang-senang, karena ada banyak orang diluar sana meskipun sakit dia menikmati. karena menikmati jadi bisa melewati. Arnold Schwarzenegger selalu bilang begini “no pain no gain”, yang artinya tidak ada rasa sakit, tidak ada reward. Tetapi dia mengatakan juga “sakit adalah sebuah tanda bahwa saya sedang bertumbuh”.

Untuk itu dia akan melawan rasa sakit itu dengan cara menikmati rasa sakitnya. Justru semakin dia sakit dia akan semakin meneruskan usahanya sampai akhirnya berkembang.

BACA JUGA :8 MARKETING TOOLS PALING EFEKTIF ! BUAT NAIKIN OMSET MILYARAN

4. Sukses Harus Kerja Keras

Kalau mau sukses kerja keras, kerja keras itu sangat penting tetapi kalau hal itu dipakai sebagai pikiran biasanya menjadi masalah. karena kita hanya mengandalkan fisik, kerja keras mungkin akan memakan waktu kerja yang panjang tapi tidak sukses-sukses. Sukses komponennya tidak hanya kerja keras.

Sukses itu komponennya adalah kegagalan, kecerdasan, belajar, harus humble anda juga harus bisa memberikan yang terbaik bukan hanya sekedar kerja keras. Banyak sekali karyawan yang kerja keras, tapi tidak kemana-mana karena kerja kerasnya itu tidak tepat atau tidak pas. Jadi kerja keras untuk hal-hal yang salah atau kurang tepat akhirnya tidak berhasil.

5. Banyak Belum Tentu Terbaik

Makan yang banyak biar sehat” atau “makan yang banyak biar bertumbuh” ini sebuah contoh ungkapan yang menarik. Tetapi kadang-kadang kita menemukan faktanya “less is more” maksudnya banyak belum tentu yang terbaik, kadang-kadang sedikit itu juga membawa manfaat yang luar biasa.

Contohnya bukan berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk bisnis, tetapi berapa banyak waktu efektif yang anda habiskan untuk bisnis atau bukan berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut anda tapi berapa banyak makanan yang berkualitas masuk ke dalam perut anda. Jadi banyak saja tidak cukup, banyak saja bisa menjebak yang paling penting adalah berkualitas.

6. Jangan Menyerah

Jangan menyerah teman-teman” itu ungkapan yang sangat memotivasi, ada sebuah buku yang ditulis oleh seth godin tentang The DIP. The DIP ini menantang pikiran anda diluar sana yang mengatakan bahwa “winners never quit, quiters never win” jadi kalau anda menyerah berarti anda kalah anda menyerah tidak pernah menang.

Buku ini mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan hebat diluar sana melakukan uji coba atau test. Jika ternyata test itu tidak menghasilkan hasil yang baik, maka anda harus punya batas kapan anda berhenti atau keluar. Anda boleh memutuskan untuk berubah itu lebih penting.

7. Berlatih Bukan Berarti Makin Hebat

Banyak ungkapan orang diluar sana “practice makes perfect”. Mereka beranggapan bahwa dengan banyak berlatih maka hasilnya akan sempurna. Tetapi kenyataannya ungkapan tersebut tidak sepenuhnya benar, practice don’t makes it perfect. Contohnya saya berlatih golf, tidak ada pelatih tidak ada teman yang sudah profesional. Saya hanya menonton videonya lalu latihan.

Saya berlatih cara swing, putting, chip in, driving secara rutin, setelah 3 bulan saya menyerah, karena menurut saya tidak berkembang. Lalu saya datang ke seorang pelatih untuk bisa mengajarkan saya. Pelatih tersebut bertanya “apakah kamu sudah latihan swing?”, “coba tunjukkan kepada saya caranya”. Setelah melihat cara swing yang saya praktekkan, pelatih tersebut mengatakan “dari awal kamu melakukan swing itu sudah salah, jadi kamu menciptakan kebiasaan yang salah”.

Practice do not make it perfect but practice makes it permanent. Itulah ungkapannya, dari awal latihan sudah salah jika dilatih terus maka menjadi permanent salahnya. Perfect practice maksudnya dari awal sudah benar latihannya kedepannya jadi permanent perfect. Jadi tugas anda adalah menciptakan perfect practice.

8. Jangan Latih Karyawan

Jangan training karyawan, kenapa? kalau udah pinter resign. Ini adalah keyakinan yang dipikirkan oleh banyak orang dan pikirannya terlalu sempit. Pertanyaannya adalah mana yang lebih bermanfaat, punya karyawan yang terlatih bekerja 2 tahun dan menghasilkan atau karyawan yang tidak terlatih bekerja seumur hidup dan melakukan kesalahan?

Pastinya anda memilih yang terlatih kan, jadi training karyawan tidak pernah mubazir. Walaupun hanya berkontribusi 5% sampai 10 % saja dalam mensupport bisnis anda. Masih lebih bagus dibandingkan dengan karyawan yang tidak terlatih yang terus menerus melakukan kesalahan. so training karyawan yah, karena kebodohan menghasilkan kesalahan yang lebih mahal dari biaya training.

DENGARKAN AUDIO BOOK INI : 6 Strategi Bisnis

9. Jangan Menunda Hal yang Benar

Keyakinan yang menurut saya tidak benar adalah kalau mau buat sistem nanti kalau sudah besar, nanti kalau karyawannya sudah banyak. Kalau anda sudah punya sistem saat bisnis anda masih baru maka akan menjadikan bisnis anda tambah baik, karena kalau anda punya sistem yang kacau sejak baru maka ketika besar tambah kacau.

Kalau sudah kacau maka tidak bisa membuat karyawannya bertambah, bisnisnya juga tidak akan bertambah, apalagi omsetnya akan semakin menurun. Jangan berpikir bahwa saya punya sesuatu nanti kalau sudah besar, saya mau punya marketing yang efektif nanti kalau sudah besar atau saya mau punya karyawan profesional nanti kalau sudah besar. Kalau anda memang bisa sejak awal kenapa harus menunda.

10. Hemat Pangkal Kaya

Ungkapan ini juga luar biasa, hemat pangkal kaya bukan hal yang sangat favorit buat saya kenapa? karena berhemat hanya awal untuk membuat anda punya pendapatan yang lebih. Painy safe is a painy earn, yang membuat anda kaya bukan berhematnya tetapi investasinya. so yang membuat anda pangkal kaya, yang bisa membuat uang anda berlipat ganda adalah investasinya. Hemat adalah salah satu cara tetapi pangkalnya investasi anda.

so teman-teman mana dari 10 hal ini mana yang paling mengena buat anda? Kalau ada dari salah satu ungkapan atau keyakinan tersebut, maka ubahlah cara fikir anda agar anda bisa tambah sukses dan terhindar dari kemiskinan.

Tom MC Ifle

Salam Pencerahan!!!

By |2019-11-26T13:42:28+07:00November 25th, 2019|Marketing|0 Comments