Blog

Home /Blog / 10 Kata yang Memotivasi Karyawan





10 Kata yang Memotivasi Karyawan

Karyawan merupakan aset dari perusahaan yang harus mendapatkan motivasi agar kinerja dan etos kerja meningkat. Salah satu cara untuk memotivasi karyawan dengan menghindari hal-hal yang bisa membuat motivasi karyawan turun atau hilang. Sebab sebelumnya telah dikemukakan oleh Kamery (2004) bahwa motivasi merupakan aktualisasi dari seorang karyawan untuk meningkatkan kinerja

Banyak cara dalam membangkitkan semangat atau motivasi pada karyawan, hal terpenting bagi pemimpin harus mampu memompa motivasi dan menjaga perilaku positif agar selaras dan menjadi teladan bagi karyawan lainnya. Memotivasi karyawan menjadi hal krusial ketika beban kerja meningkat, tekanan kerja juga mengalami hal serupa. Kedudukan motivasi menjadi paling terdepan untuk mengantarkan karyawan untuk selalu bersemangat dalam bekerja.

Jika tidak disuntik motivasi setiap hari, tentu karyawan sangat mudah berpindah kerja. Di Indonesia, banyak karyawan yang menjadi “kutu loncat” karena merasa tidak puas dengan satu pekerjaan dan selalu mencoba pekerjaan baru yang lain. Riset dari Towers Watson, perusahaan SDM Global menyatakan 66% karyawan Indonesia ingin pindah dalam 2 tahun mendatang. Survey yang melibatkan 3.200 karyawan termasuk di dalamnya karyawan Indonesia, membuktikan bahwa peran Anda sebagai pimpinan sangat penting untuk memotivsi dan menjaga kesetiaan karyawan.

Setidaknya terdapat 10 kata yang mampu membuat karyawan termotivasi, antara lain :

1) Good job!

Kerja keras mengambil peran terdepan dari berbagai hal yang bernilai terutama yang bernilai sangat tinggi. Kesuksesan mungkin identik dengan sesuatu hal bernilai tinggi yang ingin dicapai tiap individu. Manajer dapat menggunakan kata ini untuk membangkitkan dan meningkatkan semangat dan motivasi bagi karyawannya agar mampu bekerja dengan beban kerja yang diberikan oleh perusahaannya. Kata ini dapat menggugah motivasi karyawan untuk mencapai hal-hal yang bernilai, seperti sukses dan mampu memberikan kontribusi maksimalnya untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan dan mampu bersaing dengan para kompetitor.

2) Kamu pasti bisa

Pada dasarnya tiap individu yang menginginkan kesuksesan dalam kehidupannya harus menjadikan kerja keras senjata utama dan selalu mengedepankan doa sebagai landasan utama kepada Tuhan. Kombinasi kerja keras dan doa akan lebih memudahkan seseorang untuk menggapai kesuksesan di masa depan

3) Apa impianmu?

Ketekunan merupakan kunci dasar dari kerja keras yang terus menerus pantang menyerah untuk memperjuangkan impiannya agar tercapai. Dunia kerja terutama manajer dapat mempergunakan kata motivasi ini dalam menstimulasi motivasi kepada karyawannya untuk selalu tekun dan pantang menyerah serta berbahagia.

4) Saya bersyukur kamu adalah bagian dari team saya

Sukses akan menghampiri orang yang selalu memanjatkan doa, dengan disertai kerja keras dan pengorbanan di dalam pekerjaannya. Seorang manajer dapat menyebarluaskan kata motivasi ini, kepada seluruh karyawannya untuk mendahulukan mencintai pekerjaannya, dengan begitu karyawan akan termotivasi dan bersemangat untuk memberikan yang terbaik kepada perusahaannya.

5) Saya bangga punya tim seperti kamu

Percaya pada kemampuan diri sendiri menjadi garda terdepan dalam bekerja keras, karena dengan kekuatan kepercayaan diri pada kemampuan yang dimiliki akan meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan kontribusi yang maksimal dalam rangka mengembangkan dan memajukan perusahaan. Manajer dapat menstimulus motivasi dengan menyampaikan kata ini, pada bawahannya untuk mengingatkan akan percaya pada diri sendiri.

6) Saya yakin kamu melakukan yang terbaik

Bekerja dengan hati yang senang akan berdampak pada etos kerja dan semangat untuk bekerja. Hasil kerja akan sangat memuaskan pada setiap karyawan yang bekerja keras dengan disertai harti yang bahagia. Energi positif akan selalu mengalir kepada seluruh tubuh dan menghasilkan berbagai inovasi yang dapat menjadikan perusahaannya berkembang dan berdaya saing dengan kompetitor.

7) Saya dukung keputusanmu

Segala hal yang dilakukan akan berdampak pada kehidupan, sehingga dengan memulai yang baik akan menghasilkan hasil karya baik pula. Letak kekuatan dari kata ini, menekankan pada perilaku yang baik dan akan berdampak baik, maka manajer atau top leader harus melakukan yang baik terlebih dahulu atau memotivasi diri sendiri sebelum menularkannya kepada bawahannya.

8) Masalah kamu adalah masalah saya, kita akan atasi bersama

Permulaan merupakan hal terberat dari sebuah pekerjaan, akan tetapi akan terasa ringan dan mudah jika sudah terjun dan sudi belajar untuk berjuang membeirkan yang terbaik. Para manajer di perusahaan dapat memberikan kata-kata motivasi ini untuk memberikan motivasi karyawannya, terutama karyawan yang sedang menduduki jabatan baru, atau karyawan yang baru direkrut.

9) Mari kita ambil pelajarannya, agar tidak terulang kembali

Jalan menuju kesuksesan selalu dinamis, maka diperlukan persiapan yang matang dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Ketika menghadapi kegagalan, harus senantiasa pantang menyerah dan selalu belajar dari kegagalan tersebut, agar tidak terjerumus kepada kesalahan yang sama. Selain itu, ketekunan juga diperlukan guna mendukung dari segi persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.

10) Terima kasih

Manajemen yang baik, mampu memberikan peran dan fungsi yang maksimal dalam berkontribusi bagi perkembangan dan kemajuan. Manajemen diri sendiri mengambil peran penting dalam mencapai kesuksesan, karena dibutuhkan ketekunan yang konsisten untuk terus berjuang meraih kesuksesan yang diimpikan. Kata-kata motivasi ini, tepat harus disampaikan kepada karyawan dari manajernya, untuk membakar semangat dan mendongkrak motivasi dalam bekerja.

Kalimat motivasi di atas tentu diberikan melalui cara yang elegan. Bisa dengan tersirat atau langsung menggunakan teknik persuasif. Seperti penggunaan rumus ADIDAS berikut :

*A ttention : perhatian yang penuh

*D esire : hasrat dan keinginan yang membara

* I interest: minat dan kepentingan

*D esicion: keputusan yang tepat

*A ction: tindakan nyata

*S atisfaction: kepuasan atas hasil yang dicapai

Rumus di atas hanya untuk mempermudah Anda mengingat bagian-bagian menjaga dan meningkatkan motivasi karyawan atau bawahan Anda.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle