10 HUMAN RESOURCE MANAGER JOB DESCRIPTION

//10 HUMAN RESOURCE MANAGER JOB DESCRIPTION

10 HUMAN RESOURCE MANAGER JOB DESCRIPTION

Didalam sebuah perusahaan pasti akan ada yang namanya HRD , kenapa sih diperusahaan itu harus ada seorang HRD? Dalam Artikel kali ini Saya ingin sharing satu Job Description tentang HRD agar setiap perusahaan tidak salah untuk memilih seorang HRD .

Karena ada beberapa perusahaan pengen punya HRD tapi tidak tau tugas HRD itu apa sih sebenarnya? Buat teman-teman  yang belum tau  tugas HRD. Saya akan share tugas HRD didalam artikel ini :

Baca Juga : 10 TIPE KARYAWAN YANG SUSAH KAYA

1. Recruitment, Training, dan Staff Development

Pertama adalah melakukan  Recruitment, Training, dan staff development. Jadi peranan HRD ini selalu berkutat kepada manusia dan administratif yang mengelola pengembangan orang . Karena tugas HRD ada recruiting, training dan developing  berarti HRD selalu punya schedule recruitment  kedua karena dia juga melatih orang-orang belum tentu harus HRDyang melakukan tetapi tugas HRD bisa menciptakan jadwal training Jadi dalam 1 bulan sudah jelas jadwal-jadwal training yang berkaitan dengan pengembangan manusia dan developing  berarti tujuan recruitment  training yaitu mengembangkan potensi dalam diri manusia.

 

2. Melihat Kesejahteraan Karyawan

Kedua salah satu tugas HRD adalah melihat kesejahteraan karyawan, memastikan karyawan di bayar dengan tepat dan ontime, jangan hanya sekedar tepat tetapi harus tepat waktu. Pada saat Kita memastikan karyawan tepat dan tepat waktu dalam bekerja berarti HRD harus menghitung mundur. Misalnya contoh karyawan lembur maka Anda harus memberikan laporan tepat waktu  kepada orang keuangan agar orang keuangan tidak terlambat memberikan gaji, uang makan, uang transport , uang lembur dan seterusnya . Banyak diluar sana karena HRD nya tidak tepat waktu dalam membuat laporan , memberikan informasi yang terlambat kepada finance, finance tidak bisa membayar tepat waktu, yang disalahkan orang financenya dan orang keuangan perusahaannya, padahal HRD nya yang lelet.

3. Pensiun dan Benefit

Ketiga tugas HRD adalah memikirkan pensiun dan benefit. Pensiun artinya bagaimana caranya agar bisa menciptakan sebuah strategi agar karyawan bisa punya dana pensiun tapi selain pensiun HRD harus bisa memikirkan bagaimana caranya agar karyawan bisa mendapatkan manfaat-manfaat lain selain keuangan . HRD melakukan efisiensi agar menciptakan program bersama-sama dengan karyawan  untuk bisa melakukan penghematan proses. Supaya duit lebihnya bisa  bagikan ke  karyawan untuk dijadikan dana pensiun itu HRD yang kreatif itu HRD yang paling keren, tetapi kalau tinggal minta nggak usah  HRD siapapun bisa hanya dengan minta ke perusahaan.

Dengarkan dan Download : 5 Rahasia Kelola Waktu

4. Approve Job Description

Keempat tugas HRD adalah melakukan approve job description dan memastikan description itu sesuai dengan tugas dan tanggung jawab karyawannya contohnya begini Anda punya 10 orang karyawan marketing.  Kita harus tau kerjaan marketing apa lalu membuat job description nya tugas HRD adalah memverifikasi apakah job tersebut benar dilakukan atau ngarang-ngarang sehingga bisa di setejui bahwa job description nya seperti  : kerjaanya telpon customer, kunjungan customer,  melakukan negosiasi , memastikan pekerjaan dilakukan tepat waktu bikin laporan, ngirim brosur dan seterusnya apa yang yang dilakukan di Job description tersebut di verifikasi oleh HR lalu bisa di approve.

5. Menjaga Kesehatan Safety dan  Kesehatan Karyawan

Kelima menjaga kesehatan safety dan  kesehatan karyawan ada sebuah perusahaan yang selalu memikirkan ketika karyawan nya lembur . HRD mulai mikir ini karyawan kalau mulai lembur terus kesehatannya akan terganggu  nggak? pulangnya kira-kira bermasalah nggak? Saya pernah bekerja di biro perjalanan  mengerti banget bahwa pekerjaan kita itu 24 jam tidak bisa milih-milih pas lagi liburan lebaran Kita  harus masuk saat orang lain libur sekolah Kita harus masuk menjaga dan memastikan bahwa  pekerjaan Kita melayani customer dengan fulltime, pertanyaanya adalah kalau Kita kekurangan orang berarti Kita harus lembur.  Saya pernah bekerja sampai malam saya pernah bekerja hampir 24 jam pertanyaannya HRD ngapain? bahkan setiap hari dulu HRD Kita tu baik banget keren banget menyiapkan vitaminlah menyiapkan redoxon lah menyiapkan susu kadang-kadang untuk supir-supir itu semua disediakan itu semua dipikirkan dan salah satu tugas HRD adaalah memastikan well fear dan kesejahteraan karyawan, kesehatan dan keamanan karyawan, terjamin.

6. Mengendalikan Proses Training

Yang keenam adalah mengendalikan proses training jadi kalau tadi memang yang pertama disebutkan tugasnya adalah training tetapi bisa mengorganisir proses training,  tugas HRD juga mengorganisisr staff training siapa yang menjadi pembicara siapa  yang menjadi anggota dan siapa yang menilai staff dan trainer itu harus di organisir oleh HRD termasuk apa? coffee breaknya, makannya venuenya, alat tulisnya, perlengkapannya itu harus di organisir oleh HRD.

7. Mengumpulkan Staff Performance

Yang ketujuh  adalah mengumpulkan staff performance atau memonitor performance karyawan gimana caranya? caranya adalah harus mengumpulkan key  performance indikator dari setiap divisi, jadi tugas HRD adalah mengcollect KPI .Setelah dikumpulkan dilaporkan ke atasan,  banyak orang yang nggak suka sama HRD karena HRD kerjanya ingin tahu  tetapi harus di support kalau nggak begitu mereka nggak bisa nilai kamu kerja bagus.

8. Memberikan Masukkan Kepada Manager

Kedelapan memberikan masukkan kepada manager bagaimana hukum-hukum dalam kepegawaian itu harus dikuasai oleh manager hukum-hukum SOP kualisi prosedur, ini semua harus dikuasai oleh HRD dan tugas HRD mengedukasi para manager.

9. Memastikan HRD Menempatkan Orang Di Tempat Yang Tepat

Kesembilan adalah memastikan HRD menempatkan orang di tempat yang tepat, memastikan  orang yang tepat berada pada tempat yang tepat sehingga karyawan bisa bertahan  lama ketika mereka menjadi seorang pegawai  . Tugas HRD adalah berkordinasi dengan manager untuk memastikan merekrut orang ini tepat tidak atau cocok tidak?  Karna apa? biaya untuk rekrut karyawan baru jauh lebih mahal daripada mempertahankan karyawan  yang sudah ada.

Baca Juga : 10 TIPE LEADER YANG TIDAK LAYAK JADI PEMIMPIN

10. Negosiasi Gaji Kontrak Fasilitas Dan Benefit Redundancy Package

Yang kesepuluh adaalah negosiasi gaji kontrak fasilitas dan benefit redundancy package atau kalau sampai terjadi dikeluarkan atau sampai terjadi PHK tentunya harus ada paket-paket untuk uang pisah.

Teman-teman 10 point ini penting banget untuk Anda ketahui sebagai Business Owner karena sebagai Business Owner kita bisa merekrut HRD dan bisa menciptakan tugas yang jelas kalau tidak ada HRD 10 point ini menjadi tugas Business Owner . Terimakasih semoga artikel kali ini bermanfaat.

Dengarkan dan Download : Bagaimana Memilih Orang Yang Tepat Dalam Membangun Bisnis Anda

Tom MC Ifle,

Salam Pencerahan.

 

By |2019-08-26T14:28:51+07:00August 26th, 2019|Team Building|0 Comments